Info Menarik TipsTrick

15 Tips Lulus Seleksi CPNS Tahun 2019, 2020, 2021

Hai sobat jagoankode, siapa nih disini yang kepengen jadi ASN ?. Menjelang beberapa hari ini, lowongan cpns akan dibuka. Bagi siapapun dapat mendaftar sesuai dengan bidang dan pendidikannya masing masing. Seleksi CPNS ini akan diadakan setiap tahun, dan akan di ranking berdasarkan nilai tertinggi. Mulai dari TKD (Tes Kompetensi Dasar) yang meliputi pelajaran yang pernah kita belajar dahulu, akan di tes pengetahuannya disini. Banyak sekali yang bingung, bagaimana sih strategi khusus untuk mengalahkan banyaknya pelamar cpns yang ikut. Ini yang akan saya bahas di hari ini, semoga bisa bermanfaat untuk kamu. Silahkan di baca baca dulu untuk 15 tips lulus seleksi cpns tahun ini, maupun di tahun tahun depan berikutnya.

Untuk sistem ujian sekarang sudah canggih, yaitu menggunakan CAT (Computer Assisted Test). Yang akan mempermudah sobat untuk mengisi jawaban dengan langsung login saja. Pengalaman saya sendiri, pernah mengikuti test ini tahun lalu. Dan rencananya saya ingin berbagi kepada teman teman semuanya yang ingin lolos ujian seleksi SKD (TKD), lalu lanjut ke TKB (Tes Kompetensi Bidang). Dan beberapa tes fisik, logika, penalaran sekaligus menyatu didalam sini.

Dengan saingan ratusan atau bahkan ribuan orang, bisa gak sih kita bersaing. Tentu, ini yang harus kita tanamkan beberapa prinsip serta penguasaan materi anda, agar bisa mendapatkan nilai tertinggi didalam tes tes yang dilakukan setiap tahunnya. Biasanya, tes seleksi cpns ini akan di ranking sekitar 20% dari 80% orang yang melamar, kemudian masih disaring lagi ke tes berikutnya sampai benar benar mendapatkan orang yang tepat dan pas untuk di loloskan pada tes cpns murni ini.

Tanpa berlama lama lagi, ayo kita bahas mengenai bagaimana cara mudah memantapkan penguasaan materi kita dengan belajar tertarget. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, berikut inilah beberap hal yang wajib kamu persiapkan sebelum menjalani tes seleksi cpns tahun ini.

Tips Agar Kamu Lolos Seleksi CPNS Dengan Nilai Tertinggi

PNS (Pegawai Negeri Sipil) kini menjadi incaran orang, karena selain pekerjaannya yang tidak panas panasan seperti kerja lain. Semua orangpun jadi berebut untuk masuk kesini. Namun untuk dapat masuk dan diterima, tidaklah semudah yang kita kira. Kamu wajib memahami semua materi yang di uji. Serta pandai menjawab soal yang diberikan pada saat ujian. Tentu untuk menjadi pintar tidaklah satu hari langsung pintar. Kamu butuh belajar dalam jangka waktu yang lama, serta panduan yang membimbing kamu agar bisa paham dan siap untuk seleksi cpns tahun ini.

Tips Lulus Seleksi CPNS
Tips Lulus Seleksi CPNS

Bagi kamu yang ingin menjadi terbaik diantara yang lain. Tentu cara kamu juga harus berbeda dari orang lain. Bukan hanya ikut sekedar ikut ikutan. Namun punya ambisi besar disini untuk dapat lulus pns serta membangkan kedua orang tua kamu. Walaupun tes ini hanya mengandalkan keberuntungan, tetapi ini juga berlandaskan dari segi pengetahuan serta pemahaman kamu mengenai tes yang di uji.

1. Berdoa, Kerja Keras Dan Berusaha

Utama dan yang paling utama dilakukan adalah di poin pertama ini. Berdoa tanpa berusaha nol, dan usaha tanpa berdoa juga nol. Semuanya wajib seimbang agar anda bisa mencapai apa yang sobat inginkan. Mintalah kepada tuhan apa yang terbaik untuk anda sendiri. Minta restu dari orang tua, kerabat terdekat, kawan dan orang di sekitar kamu. Kita bukan apa apa tanpa Allah swt. Jadi, perbanyak doa kamu dan juga tingkatkan kinerja kerja keras untuk memahami semua materi yang di uji.

2. Pahami Semua Materi Yang di Uji

Memahami semua materi yang di uji. Nanti akan saya bahas di bagian paling bawah, dan coba saja kamu cari sehabis tips ini. Menurut saya, persentase kamu lulus, berdasarkan pengetahuan yang kamu miliki. Seperti tkd, tkb dan tes tes berikutnya harus kamu kuasai dengan baik. Memang seleksi cpns ini murni diambil berdasarkan skor penilaian murni. Inti utama dari tes ini adalah dengan melihat seberapa jauh anda mempunyai pengetahuan dasar pada pelajaran dulu.

Apalagi sekarang sudah mudah, sudah ada google, dan sudah ada youtube. Dan media belajar online yang akan memudahkan kita untuk mencari referensi kemudian mempelajarinya dengan baik. Jadi, tidak ada alasan lain kamu tidak paham dengan materi yang di uji. Tinggal niat dan usaha kamu saja mencari dan mengumpulkan semua materi menjadi satu dan belajar habis habisan agar dapat lulus seleksi cpns tahun ini.

3. Jangan Ikut Sekedar Mengadu Nasib!

Ini adalah yang sering ada di pikiran orang saat mengikuti seleksi cpns. Mengadu nasib tidak akan mengubah anda. Menunggu semua dengan instant jatuh dari awan dan ikut alur hidup anda sendiri. Keluarlah dari zona nyaman ketika ada sesuatu yang ingin kamu kejar. Menurut saya pribadi, kalau hanya sekedar mengadu nasib, itu akan melelahkan diri anda sendiri untuk melengkapi persyaratan saat melamar dan ujung ujung nya hasilnya nol juga.

Persiapkan segala strategi yang kamu miliki untuk menghadapi ini. Jangan dibuat main main dan harus serius. Kalau memang tidak ingin jadi pns, ya boleh saja. Masih banyak pekerjaan lain di luar sana yang layak juga. Tapi buat kamu yang sudah bercita cita atau berambisi besar disini, ikut bukan sekedar mengadu nasib, tapi mempersiapkan semuanya dan menunjukkan potensi yang kamu punya, Sisakan hasilnya kepada Allah yang akan menentukan jalan hidupmu.

4. Sering Mengikuti Simulasi CAT & Try Out Online

Di jaman sekarang yang canggih ini, sudah banyak yang menyediakan simulasi CAT dan Try Out Online. Coba ikuti beberapa website yang menyediakan try out online, dan kurang lebih soal yang diambil berdasarkan tahun tahun dahulu. Jadi, persentase jenis soal pasti akan sama. Di media sosial seperti instagram pun sekarang sudah ada juga akun akun besar untuk persiapan seleksi cpns. Jadi, jangan sampai ketinggalan info info baru try out yang diadakan bersama.

Kalau dulu sebagai contoh kamu pernah mengikuti Ujian Nasional, nah kan sebelum masuk ke tahap tersebut, kamu diarahkan untuk mengikuti uji coba try out terlebih dahulu. Fungsinya agar kamu terbiasa untuk menjawab soal, dan melihat beberapa jenis soal, agar tidak kaget sewaktu ujian asli dilaksanakan. Silahkan di ingat baik baik bentuk soal yang keluar, karena jenis soal pasti sama.

Yang dibedakan hanya di pelintir sedikit menjadi beda, padahal jenis soalnya sama. Jadi menurut saya, try out ini penting di adakan untuk kamu yang memang serius untuk melihat sejauh mana sih kemampuan di diri kita. Dan meningkatkan kelemahan di pelajaran apa, dan terus di sempurnakan.

5. Konsisten

Kelima adalah harus konsisten. Konsisten artinya setiap hari dilakukan, jangan sehari tidak, besok iya, besok lagi tidak. Kamu harus konsisten untuk mendapatkan sesuatu. Jika tidak konsisten, kamu akan kehilangan dan lupa beberapa materi dan tujuan kamu. Percaya atau tidak, mengulang itu penting dan harus dilakukan hampir setiap hari. Buatlah jadwal yang cukup untuk membuat diri anda lebih teratur lagi.

Menurut saya, ini adalah hal yang paling sulit untuk dilakukan. Caranya adalah dilatih hampir setiap hari, paksa diri anda untuk mengikuti apa yang seharusnya anda lakukan. Jika kamu tidak bisa menerapkan konsisten di hidup kamu, percaya atau tidak pasti kamu akan sulit untuk mendapatkan apa yang kamu dapatkan. Lawanlah diri kamu sendiri, tes cpns ini bukan hal melawan orang lain, tetapi bagaimana kamu bisa melawan diri kamu sendiri untuk meningkatkan kualitas di diri kamu.

6. Persiapkan Semuanya Jauh Sebelum Tes Di Mulai

Saya dulu sangat suka sekali untuk mempersiapkan segala sesuatu jauh sebelum hari yang saya perkirakan. Mungkin ada beberapa tipe orang seperti ini, dan ada juga yang suka menunda nunda. Semakin kita menunda nunda pekerjaan, maka akan ada begitu banyak pekerjaan yang menumpuk. Al hasil semuanya dilakukan bersamaan dan tidak ada hasil yang maksimal. Ada yang mempersiapkan tes cpns ini satu tahun sebelum tes diadakan, dan ada juga yang mempersiapkan beberapa bulan menjelang tes.

Yang lebih efektif menurut saya adalah mempersiapkan selama satu tahun sebelum ujian untuk mempelajari materi yang di ujiankan. Tapi banyak sekali orang yang menolak dan memilih pekerjaan lain. Fungsinya sebenarnya supaya tidak buyar dan santai dalam belajar. Pada dasarnya, manusia belajar yang masuk di otak dan fokus hanya 15 menit dalam sehari. Apa gak bisa lebih mas ?, bisa dong, tetapi kamu akan cepat jenuh dan itulah mungkin yang kamu alami sekarang bukan. Sekali jenuh, biasanya kita akan langsung malas untuk belajar lagi dan itulah sebenarnya yang saya hindari hehe.

7. Habiskan Waktu Anda Untuk Belajar

Jadi ini hampir sama seperti poin ke 6. Yang namanya belajar itu tidak ada habisnya. Dari kita hidup di dunia ini, kita tetap harus belajar sampai mati nanti. Apalagi yang ingin menghadapi tes cpns seperti ini, butuh kerja keras untuk belajar. Biasakan misalnya didalam satu hari anda menyisakan beberapa menit untuk membaca, dan saya rasa itu cukup kalau dilakukan setiap hari. Jadi sewaktu tes, kamu gak perlu lagi deh tuh untuk belajar mati matian.

Usahakan belajar itu sesuai dengan passion kamu, karena belajar dengan terpaksa itu sangat beda sekali rasanya. Kalau kamu ingin berkecimpung ke dunia ini, maka kamu wajib memahami beberapa hal yang di uji. Latihlah diri anda untuk belajar setiap hari karena itu sangat penting.

8. Lakukan Riset Cara Tercepat & Tepat Untuk Menjawab Soal

Ada beberapa orang yang pintar menggunakan teknik cepat untuk menjawab soal. Kurang lebih waktu ujian itu singkat, berkisar sekitar 90 – 120 menit. Kalau saya pribadi..

Cara menjawab soal tercepat adalah dengan membaca pertanyaan dahulu baru dibaca pernyataan lalu dilanjutkan dengan opsi jawaban.

Meski beberapa orang ada yang berbeda dari saya, tetap temukan bagaimana kamu menjawab soal dengan cepat. Ini akan membantu menghemat kamu untuk fokus ke mata pelajaran yang lain. Disana waktu akan tetap terus berjalan, jadi hematlah waktu anda sebaik baiknya untuk menjawab soal dengan cepat sekaligus bisa mengkoreksi 2x untuk konfirmasi.

Dan teknik seperti ini yang saya lakukan saat saya mengikuti ajang cpns ini : Jawab TKP dulu agar tidak kehilangan fokus, Kemudian TIU untuk pembukaan nalar, Lalu dilanjutkan dengan TWK.

9. Percaya Pada Kualitas di Diri Anda

Selanjutnya kamu harus percaya pada diri sendiri. Kalau kamu saja sudah tidak percaya dengan diri kamu, bagaimana kamu bisa untuk melewati hal ini. Tingkatkan kualitas serta pengetahuan anda mengenai materi, lalu tetap percaya bahwa diri anda bisa untuk melakukan hal ini.

Percaya Diri
Percaya Diri

Kepercayaan diri akan membantu anda menarik sugesti positif dan akan dipermudah untuk segala urusan yang akan anda hadapi saat ujian cpns. Percaya diri bukan berarti sombong atau takabur, melainkan mengukur diri bahwa kita mampu untuk mejalani tes.

10. Kurangi Waktu Bermain

Seperti waktu bermain juga harus kita tinggalkan untuk meningkatkan fokus kita. Kalau ingin mengejar sesuatu, kamu harus mulai meninggalkan kebiasaan kebiasaan bermain seperti setiap hari. Ingat bahwa umur kita sudah terlalu tua, dan bukan sudah waktunya lagi untuk bermain. Masih banyak hal hal yang seharusnya kamu kerjakan dan diselesaikan.

Bukan berarti bermain itu gak boleh, ya boleh saja sebagai hiburan. Tetapi jangan terlalu berlebihan karena gak baik. Maka dari itu, buatlah jadwal untuk kamu yang ingin mengatur kegiatan yang akan dilakukan.

11. Fokus

Sebagaimana kita akan menghadapi tes. Latihlah fokus anda untuk satu, yaitu lolos cpns tahun ini. Bukan hanya sekedar omongan, tetapi bukti bahwa kamu sudah menguasai materi yang selama ini kamu pelajari selama ini. Dan anggaplah diri kamu pantas untuk mendapatkan nilai yang tinggi.

Fokus dengan apa yang ada di depan kamu, dan selesaikan apa yang selama ini belum kamu selesaikan. Banyak sekali orang yang plin plan dalam tujuan mereka.

12. Tinggalkan Hal – Hal Yang Tidak Penting

Mulai sekarang, hal hal yang tidak penting itu semua di tinggalkan. Jangan sampai kamu menginggalkan hal penting demi hal yang tidak penting. Apa aja sih contohnya ?, yaps gak perlu saya jawab mah kamu sudah tahu sendiri. Sialahkan analisa sendiri hal apa yang menurut kamu gak penting, mulai kurangi dan pilah pilah apa yang harus dilakuin.

13. Kurangi Penggunaan Sosial Media

Penggunaan sosial media yang berlebihan juga tidak baik bagi kita. Saat ini, sosial media bagaikan kebutuhan. Persepsi inilah yang menurut saya seperti kesalahan, kamu boleh anggap sosmed itu kebutuhan apabila pekerjaan kamu sudah selesai. Jangan gabungkan waktu kerja atau belajar dengan bermain sosial media. Itu akan mengganggu fokus kamu dan akhirnya hasilnya akan buruk.

Gunakan smartphone secukupnya saja, dan hanya sebagai media untuk belajar. Apabila sudah waktunya kamu selesai, silahkan gunakan sosial media sesuka kamu. Bukan saya memaksa kamu, tetapi ubahlah mindset yang selama ini mengganggu kamu untuk sukses.

14. Jangan Hanya Sekedar Baca Motivasi

Suka baca motivasi bukan ?, motivasi menurut saya adalah omongan belaka jika tanpa dilakukan. Hanya berandai andai hanya akan membuat anda hancur sendiri tenggelam dengan rasa. Motivasi itu penting, tapi penting juga dilakukan. Ada banyak pepatah yang mengatakan apa dan bagaimana keadaan kamu sekarang ini tergantung dari apa yang kamu buat setelah melepaskan audio motivasi tersebut.

Jadi, gunakan motivasi dan tetap gunakan dirimu sendiri untuk melakukan sesuatu. Seperti halnya untuk mengikuti tes cpns seperti ini, tidak membutuhkan banyak motivasi, melainkan banyak geraknya kamu dalam mempelajari sesuatu yang di uji.

15. Mulai Sekarang!

Tanpa berlama lama lagi, mulailah sekarang juga. Jangan hanya membaca artikel ini kemudian kamu lepas fokus lagi. Mulai sekarang bentuk diri anda untuk menjadi pribadi yang konsisten. Karena konsisten merupakan salah satu kunci kesuksesan. Untuk dapat sukses dan lulus dari cpns ini sangat mudah. Tidak perlu mengalahkan orang lain, tetapi bagaimana kamu melawan diri kamu sendiri untuk mencapai tujuan kamu.

Ada begitu banyak profesi di dunia ini. Jika kamu memang berminat ingin jadi calon pns. Silahkan ikuti dengan serius. Berikut sesuai dengan janji saya diatas tadi, berikut pemahaman singkat mengenai pengujian di tes cpns.

Tes Apa Sajakah Yang di Uji Untuk Seleksi CPNS ?

Baiklah, adapun beberapa trik yang harus kamu ketahui ketika kamu ingin mendapatkan nilai yang tinggi pada tes cpns, kita wajib tahu dulu. Apa apa saja sih sebenarnya yang di uji pada tes cpns ini ?.

1. Tes Kompetensi Dasar

Biasanya yang akan diuji pertama kali adalah tes kompetensi dasar. Yaitu meliputi semua mata pelajaran yang pernah kita pelajari sewaktu sekolah dulu. Terbagi menjadi 3 jenis materi, yaitu twk, tiu dan tkp. Ketiga ini adalah pokok dan wajib kamu kuasai sebelum melakukan ujian cpns. Apa saja bahan yang harus kamu persiapkan, silahkan dibaca kelengkapannya dibawah ini.

1.1 TWK (Tes Wawasan Kebangsaan)

Yang pertama adalah meliputi dari tes wawasan kita sebagai warga negara indonesia. Lebih menuju ke pelajaran Sejarah, PKN, dan juga beberapa materi tentang hukum. Contoh contoh soal seperti undang undang juga termasuk ke bagian ini. Walaupun ini hanya dasar, setidaknya kita juga wajib paham mengenai aturan hukum, sejarah, serta tes kepribadian kita sebagai warga negara. Termasuk tes yang paling sulit dan susah ditebak, kemungkinan jawabannya hampir mirip mirip semua, karena saya sendiri sudah pernah yang namanya mengalami tes seperti ini.

Kebetulan saya ada di bidang teknik informatika, Terlebih lagi, bagi kita yang buta terhadap ilmu kewarganegaraan, bagaimana sih cara kita menjawabnya ?, yaitu dengan memperbanyak pengetahuan mengenai pelajaran ppkn yang biasa kita pelajari disekolah. Nanti akan saya bahas menjadi satu dibawah untuk tips lolos tkd meliputi ketiga bagian ini.

1.2 TIU (Tes Intelegensi Umum)

Yang kedua, termasuk bagian tes kompetensi dasar. Yaitu Tes Inelegensi Umum, biasanya mencakup pelajaran tes numerikal. Seperti contoh, lebih condong ke arah mata pelajaran Matematika, Tes Logika, Tes Tes Dasar Hitung Hitungan Seperti Deret Aritmatika, Geometri, Garis Singgung Lingkaran, Aljabar Dan Lain Lain. Tes ini akan menguji seberapa besar pengetahuan anda mengenai hitung hitungan dan logika penalaran.

Tes Psikotes pun terkadang masuk, mulai dari logika gambar yang relevan. Tes ini lebih mengandalkan logika untuk memecahkan jalan keluar. Kamu bisa melatih diri dengan membeli buku di toko buku untuk membantu pengetahuan kamu didalam bidang ini. Karena ini ilmu pasti dan tidak bisa di bayang bayangkan. Kamu harus banyak menghapal rumus rumus penting di pelajaran matematika.

Yang pastinya tes ini harus teliti serta jeli dalam melihat dan memahami soal yang ditanyakan. Akan ada banyak soal yang membuat anda keliru serta menipu, maka hati hatilah dan jeli terhadap mengerjakan soal.

1.3. TKP (Tes Karakteristik Pribadi)

Kemudian yang terakhir adalah tes karakteristik pribadi. Ini adalah salah satu bentuk soal favorit saya, karena pertanyaannya menguji kepribadian. Jangan anggap remeh mengenai soal ini. Karena inilah yang akan menyelamatkan poin kita untuk lolos passing grade di cpns. Setiap soal memiliki poin, berbeda dengan yang kedua tadi. Jawaban dan poin tergantung seberapa besar kepribadian anda menanggapi suatu masalah.

Biasanya contoh soal yang keluar seperti anggapan kita, bagaimana jika hal atau masalah yang kita hadapi. Dan bagaimana sudut pandang anda terhadap sesuatu. Setiap jawaban semuanya benar, namun ini berbentuk pendapat. Jadi, pilihlah jawaban dengan tingkat analisa yang tinggi. Karena banyak pertanyaan yang akan mengecoh kamu untuk menjawab soal dengan cepat.

Bacalah dengan cermat karena waktu juga berjalan sangat cepat. Yang terpenting tingkatkan analisa kamu terhadap membaca soal, ini akan membantu kamu menghemat waktu yang tersisa untuk mengerjakan soal soal yang belum dikerjakan.

2. Tes Kompetensi Bidang

Tes ini adalah yang kedua setelah tes kompetensi dasar apabila kamu lolos atau mencapai passing grade yang telah ditetapkan. Setelah lulus di tes pertama, kamu aka menghadapi tes kompetensi bidang. Yaitu sesuai dengan jalur bagian yang kamu ambil. Misalkan kamu mengambil di bagian teknik informatika. Maka kamu akan di tes mengenai pemahaman kemu mengenai bidang tersebut.

Usahakan pilihlah bidang yang kamu hobi. Agar tidak ada beban untuk belajar serta untuk memahami hal hal baru tanpa terpaksa. Peluang masuk di kompetensi bidang ini sangat besar. Akan disaring lagi dari beberapa orang untuk dilakukan tes wawancara.

3. Tes Fisik (Kesamaptaan)

Ada beberapa yang menggunakan tes fisik. Dan ada juga yang tidak menggunakan tes ini. Seperti push up, pull up, lari sprint dan menguji kebugaran anda. Setahun yang lalu, tes ini masih ada dan masih diuji juga. Ada penilaian khusus mengenai tes ini. Jadi pastikan selain otak kita pintar, kita juga dapat mengimbanginya dengan sering berolahraga agar tidak terkejut lagi ketika ketemu tes ini.

4. Tes Wawancara

Biasanya yang terakhir adalah tes wawancara. Kamu bisa searching di google bagaimana tips mudah untuk lolos tes wawancara ini. Di google juga sudah banyak yang menerangkan mengenai bentuk tes ini. Setau saya tes ini adalah final, jadi pastikan anda mengetahui poin poin yang harus dikuasi termasuk gaya bicara serta kelakuan anda kepada penguji.

Yang di uji adalah gaya bahasa tubuh, cara berbicara, jawaban serta pandangan anda dengan apa yang ditanyakan oleh si penguji. Jangan sampai grogi apalagi malu malu, karena ini adalah tes trakhir sebelum pengunguman pelamar yang benar benar lolos di semua tes yang diberikan.

Kesimpulan

Jadi itulah beberapa rangkuman lengkap untuk kamu yang ingin lolos menajadi ASN alias pegawai pemerintahan. Dengan berusaha, kerja keras serta penguasaan materi yang mantap. Akan membuat kamu menjadi pribadi yang kuat. Mungkin sampai disini dulu untuk pembahasan mengenai tips tips bagi kamu yang ingin ikut dan ingin lolos di seleksi cpns tahun ini. Semoga bisa membantu dan Semoga sukses Menjalani Tesnya!.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment