TipsTrick Tutorial Blog

2 Cara Ampuh Menulis Kalimat Pembuka Paragraf Awal Artikel Blog

Cara mudah dan cepat menulis kata kalimat pembuka di awal paragraf artikel postingan blog. Halo sobat blogger kali ini seperti biasanya admin jagoan kode akan memberikan sedikit tips dan trik mengenai cara menulis kalimat paragraf yang tepat dan cepat di blog. Sebenarnya judul artikel ini lebih tepat menjelaskan mengenai mengisi kata pengantar atau kata pengisi sebelum masuk kepada isi judul pada sebuah artikel blog.

Didalam menulis artikel sebenarnya tidak ada aturan khusus  semacam kita menulis dibuku .Kata pengantar atau kalimat pembuka artikel sebenarnya lebih menggambarkan atau memaparkan apa yang ingin dibahas. Bisa berbentuk latar belakang masalah, dampak atau akibat yang ditimbulkan sebelum masuk kedalam inti dari isi blog. Banyak dari kita yang mungkin terhambat oleh pikiran negatif mengenai sulitnya merangkai kata satu persatu hingga menjadi satu kesatuan yang menarik untuk dibaca.

Sebenarnya menulis bukanlah perkara sulit. Yang membuatnya tampak sulit ialah ketika mereka dipaksa untuk menulis . Inilah yang terjadi pada kebanyakan pemilik blog. Mereka terpaku untuk mengikuti gaya bahasa milik orang lain .pemikirannya Dipaksa untuk dipuji oleh para pembaca atau pengunjung . Jika terfokus pada hal ini maka selamanya tidak akan dapat menulis. Niat dan mood merupakan efek penting untuk setiap tulisan yang diterbitkan nantinya mengalami Perubahan yang semakin hari akan semakin baik.

Menulis Kalimat Pembuka Paragraf Awal Artikel Blog

Semua yang kita lakukan di dunia ini untuk bisa adalah dengan latihan sebanyak banyaknya. Kita tidak dapat melakukannya hanya 1 kali saja. Karena ada pepatah Korea yang mengatakan ” melihat 100 kali tidak sama halnya dengan memegangnya 1 kali” Semakin sering kita lakukan maka akan semakin baik pula. Prinsip ini juga berlaku pada hal menulis. Jadi buat temen temen yang gemar menulis ada beberapa poin penting yang perlu diperbaiki agar bisa cepat dalam mengarang kalimat kalimat pembuka artikel. Apa sajakah poin tersebut mari simak ulasannya berikut ini.

Cara cepat mengarang kata/kalimat pembuka artikel.

1. Kuasai materi.

Hal yang pertama dan paling utama sebelum kalian menentukan judul terlebih dahulu kuasai materi sebelum nantinya dituangkan dalam bentuk tulisan.banyak dari mereka yang tidak lancar menulis paragraf awal artikel karena tidak mengerti sama sekali materi yang disampaikan. Dengan kata lain hanya ikut ikutan .melihat banyaknya feedback baik dari artikel yang dipublish oleh blog lain.kemudian hati tergerak untuk menirunya. Dengan harapan kita juga bisa sepertinya.

Berhentilah jika kalian punya pemikiran seperti ini. Mungkin pemikiran tentang menirunya boleh boleh saja, dan saya katakan sebenarnya sah, lebih baik yang ditiru bukanlah bentuk tulisan ataupun gaya bahasanya, apalagi tema yang diangkat sama. yang harus kalian tiru adalah rajinnya, ilmunya, wawasannya, positif thinking nya, sifat ingin berbagi ilmunya. Ini yang harus kalian tiru. Mengenai tema, judul dan isi yang sama sebaiknya jangan ditiru jika kalian tidak menguasainya.

User experience dan pengalaman hidup yang didapat setiap orang tidaklah sama. Inilah faktor setiap tulisan blog yang disampaikan akan terlihat 100%berbeda. Jika sama berarti nyontek. Pengalaman hidup A tidak sama dengan pengalaman hidup B , jika diadakan kompetisi menulis, kalian pasti akan melihat perbedaan . Hal ini bisa kalian lihat pada setiap sanggahan debat, haters maupun fans, kalian akan bingung saat ditanya kenapa si A fans nya banyak, kenapa si B ada haters, kenapa saat si A ngomong si B selalu tidak membenarkan. Inilah yang kita sebut perbedaan sudut pandang.

2. Gunakan prinsip 5W 1H jika pikiran sedang buntu.

Konsep mengarang yang sudah diajarkan disekolah adalah dengan. Menggunakan 5w+1h. Bukan tanpa alasan dibuat seperti itu. Supaya mengarang bisa lebih terarah kalian bisa menggunakan prinsip diatas jika pikiran sedang dilanda krisis ide. 5w =what,who,when,where,why dan how. Apa,siapa,kapan,dimana,mengapa, dan bagaimana. Saya akan menjabarkan sedikit contoh, jadi jika ide masih sangat minim bisa menggunakan konsep sederhana diatas .

Contoh :

Misalnya saya menulis tentang “cara Menulis Kalimat Pembuka Paragraf Awal Artikel Blog” kalau kita bagi kerangka karangan menjadi 5w+1h maka akan seperti ini :

  • What = Apa yang membuat orang orang susah menulis .
  • Who =siapa saja pemain blog yang lancar menulis.
  • When =kapan kita bisa membuat tulisan yang bagus.
  • Where=dimana tempat terbaik saat melakukan kegiatan menulis.
  • Why=mengapa manusia harus menulis.
  • How=bagaimana tatacara menulis yang baik.

Nah jika sudah dapat kerangka karangan diatas. Rangkaian satu persatu kata kembangkan lah konsep sederhana yang telah kita buat diatas. Gunakanlah imajinasi kalian sebisa mungkin untuk menjiwai setiap kalimat yang sudah perlahan lahan dibuat.jika kalian bertanya apakah admin sendiri menggunakan teknik ini ? Ya hanya jika pikiran sedang buntu saja, namun jika sedang banyak inspirasi maka admin menggunakan prinsip “hajar saja” yang penting menulis hahhahaha

Penutup

Oke sobat demikianlah yang dapat admin sampaikan .informasi ini mungkin sangat jauh dari kata manfaat, semua yang admin tulis ini bukanlah demi kata “hebat” melainkan membagikan sesuatu yang bermanfaat, karena ilmu yang bermanfaat akan dibawa sampai ke akhirat.

Terlebih terkurang admin mohon maaf saya akhiri dengan sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment