TipsTrick

2 Cara Mudah Mengganti Nama Akun Playstation Network (PSN)

Di tahun 2006 lalu, Sony meluncurkan layanan Playstation Network (PSN). Waktu itu, ada banyak pemiliki konsol Playstation yang mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan tersebut. Saat mendaftar, kebanyakan dari mereka membuat nama akun Playstation Network (PSN) secara asal-asalan. Mereka tidak menyadari bahwa nama akun tersebut bersifat permanen. Dengan kata lain, kamu tidak bisa mengubah nama akun yang telah didaftarkan.

Tetapi di tahun 2018, Sony mengganti kebijakan mereka. Pihak Sony memberikan kebijakan baru dimana para pemain dapat mengubah nama akun PSN mereka. Awalnya, pilihan ini diluncurkan dalam versi beta sebagai bagian dari Playstation Preview Program. Namun sejak tahun lalu, pilihan ini sudah tersedia untuk semua orang. Jadi kamu yang tidak suka atau bosan dengan nama akun lamamu bisa mengubahnya dengan 2 cara mudah mengganti nama akun Playstation Network (PSN) yang akan kami bahas melalui artikel ini.

Namun sebelum itu, penting untuk diketahui bahwa dengan mengganti nama akunmu, maka kamu bisa menghadapi resiko yang tidak diinginkan. Jika kamu memiliki game-game lama, kemungkinan besar game-game tersebut akan mengalami sejumlah masalah yang cukup mengganggu. Ini karena hanya game yang dirilis dari 1 April 2018 yang mendukung fitur ini.

Untuk mengetahui game apa saja yang mendukung fitur tersebut, kamu bisa mengeceknya di playstation.comĀ 

Selain itu, sebagai tambahan informasi mengenai perubahan nama akun Playstation Network (PSN) mu, maka kamu bisa membaca Q&A seputar hal tersebut di PlayStation.Blog

Cara Mengganti Nama Akun PlayStation Network

Lalu bagaimana caranya mengganti nama akun Playstation Network mu?

Ada dua cara yang bisa kamu lakukan, yaitu melalui konsol Playstation 4 yang kamu miliki atau melalui Website.

Mengganti Nama Akun Di Playstation 4

Untuk melakukan hal ini, kamu bisa masuk ke menu Setting. Setelah itu pilih Account Management. Langkah selanjutnya adalah memilih Account Information, lalu lanjut ke Profile dan masuk ke Online ID.

Masukan nama akun PSN yang baru. Kamu bisa memasukan nama yang kamu pilih sendiri atau nama-nama yang disarankan. Setelah selesai, kamu bisa mengikuti semua petunjuk yang terdapat di layar.

Mengganti Nama Akun Melalui Web Browser

Mengganti nama akun melalui web browser juga terbilang sangat mudah. Kamu hanya perlu masuk ke id.sonyentertainmentnetwork.com. Masukan ID lamamu atau email yang kamu gunakan untuk mendaftar dan password lamamu.

Setelah itu pilih PSN Profile.

Kilk tombol edit yang berada di sebelah kanan nama akunmu. Masukan nama akun PSN yang baru. Setelah itu, ikuti petunjuk yang terdapat di layar.

Itulah dua cara mudah untuk merrubah nama akun PSN mu. Dengan mengganti nama akun PSN, bukan berarti kamu kehilangan nama akun lamamu. Kamu bisa mengembalikan nama akun lamamu dengan menghubungi Playstation Support.

Selain itu, setelah mengganti nama akunmu, kamu juga bisa menampilkan nama akun lamamu di sebelah nama akun baru. Hal ini bisa dilakukan selama 30 hari. Dengan begitu, teman-teman lamamu akan mengetahui bahwa kamu telah mengganti nama akunmu.

Penting untuk diketahui bahwa kamu hanya bisa mengganti nama akun PSN mu satu kali saja. Setelah itu, perubahan nama berikutnya akan dikenakan biaya. Pengguna PS4 yang berlangganan Playstation Plus akan dikenakan biaya sebesar $4.99. Sementara yang tidak berlangganan akan dikenakan biaya $9.99. Jadi pikirkan baik-baik sebelum mengganti nama akunmu.

About the author

Alvin

Leave a Comment