TipsTrick

20 Cara Cepat Membangun Channel YouTube Yang Sukses

Tips Dan Trik Cara Cepat Membangun Channel YouTube yang Sukses Berkembang dan cepat terkenal, tentunya banyak viewers pengunjung dan subscribers. MEnjadi seorang youtubers merupakan pilihan yang tepat bagi kalian yang ingin sekali terkenal atau mencari uang di internet salah satunya lewat media seperti youtube. Ketenaran youtube semakin lama semakin tidak terelakan, Banyak yang berkata sekarang Youtube merupakan pengganti media televisi. kelihatannya seperti itu namun semua penilaian terpulang kepada masing masing orang. dijaman yang serba canggih ini banyak sekali bermunculan ide ide kreatif yang menunjukan betapa banyak sekali hal hal baru yang muncul secara bergantian, hal ini menunjukan bahwa dengan adanya media youtube merupakan sarana sebagai pengexplore ketrampilan diri. youtube membantu kita untuk melakukan banyak hal selain hiburan banyak juga tutorial atau ilmu yang bisa kita ambil dari sana.

Bagi sebagian orang yang baru akan terjun atau baru saja ingin menekuni dunia youtube ini dibingungkan oleh banyak hal. salah satunya adalah permasalahan tentang apakah channel youtube yang nantinya akan kita buat bisa sukses atau berkembang tidak ya ?? nah bentuk pertanyaan ini kerap kali dilontarkan oleh para youtuber baru.

Kali ini admin akan membagikan seputar tips dan trick bagaimana cara cepat membangun channel youtube yang sukses berkembang serta cepat terkenal, nah tentunya cara ini sangat cocok sekali bagi para youtuber baru atau pemula yang mungkin juga punya niat untuk segera bergabung ke youtube.

Seperti yang kita bersama ketahui semua impian para youtuber didunia adalah banyaknya viewers dan subscriber dari youtube channel yang mereka buat, karna disanalah nilai yang menentukan untuk channel video youtube anda dapat terbilang sukses atau tidak, nah untuk tips kali ini juga akan membantu anda untuk cepat dapat viewers dan 1000 subscriber pertama jika kalian tidak melewatkan bacaan pada artikel saya kali ini.

Cara Cepat Membangun Channel YouTube Yang Sukses
Cara Cepat Membangun Channel YouTube Yang Sukses 

oke tanpa berbasa basi silahkan simak

Tips Cara CEPAT Membangun Channel YouTube yang Sukses Dan Berkembang

1. NAMA CHANNEL

Kita akan mulai membahas dari nama channel, kenapa harus nama channel ?? nama channel lah yang nantinya para pengunjung atau viewers akan mudah menemukan dan mengingat channel youtube yang anda punya sepanjang anda menjalankan youtube.Untuk itu nama channel ini merupakan salah satu faktor vital untuk anda membangun sebuah popularitas, karna sepanjang popularitas atau karir anda di youtube nama channel inilah yang akan diingat bahkan nama channel lah yang akan berdampingan dengan anda saat anda terkenal nanti.

Berbicara tentang nama channel admin punya beberapa tips untuk memilih nama channel

  • pilihlah nama channel sesuai dengan isi konten anda 
  • pilih nama channel yang sama sekali tidak sama dengan nama channel orang lain 
  • pilih nama channel yang mudah diingat 
  • jika bingung dengan nama channel anda boleh menggunakan nama asli 

Keempat point diatas perlu anda perhatikan agar nantinya tidak salah dalam mengambil langkah, karna pada saat nama channel youtube anda berganti seiring channel anda sedang naik daun maka otomatis viewers berkurang disebabkan pergantian nama channel yang akhirnya membuat bingung viewers

2. KONTEN

Buatlah isi konten youtube anda dengan konten yang semenarik mungkin, sebisa mungkin untuk membuat konten yang original, buatlah video sesuai style dan gaya anda, jangan pernah sekali kali membuat video hanya karna mencontek video orang lainhanya demi viewers video tersebut banyak. buatlah fashion anda sendiri, soal viewers seiring waktu dapat dibangun.

Jika kalian membuat video dengan hal hal yang benar benar kalian sukai maka kalian akan enjoy dalam membuatnya, untuk mengupdate konten rutin tidak berat kalian lakukan karna konten tersebut memang pas dengan hobi maupun keahlian anda dengan begitu konten akan cepat tercipta serta ide ide bulus akan muncul sangat cepat bahkan dalam hitungan detik.

3. Jadilah Youtuber yang UNIK dan BERBEDA

Oke untuk point yang satu ini mari disimak, banyak sekali dari mereka yang mungkin akan berkomentar jadilah satu satunya dan jadilah seoriginal mungkin. karna konteks “original” ini pada tahun yang baru ini sudah tidak berlaku lagi karna sampai detik ini anda juga tahu bahwa tidak ada bentuk atau jenis video yang sampai saat ini tidak anda temukan di youtube, bahkan hal yang tidak penting sekalipun sudah ada di youtube, konteks original berlaku jika nda merupakan youtuber lama atau senior.

So buat anda yang sekali lagi bilang jadilah seoriginal mungkin itu adalah hal yang paling mustahil, namun jangan berkecil hati yang perlu anda lakukan saat ini adalah tetap upload video anda, itu yang saya katakan diatas tadi upload video sesuai fashion style anda, jika konten yang anda buat hampir mirip dengan tema yang orang lain buat maka hal itu biarkan saja, jika anda membuatnya dengan style sendiri meski temanya sama, gaya khas yang ada didalam video pasti berbeda.

4. Nilai Pada Sebuah Video

Tentu jika kalian membuat sebuah video anda juga mempertimbangkan sebuah persepsi ini :

“untuk apa sebenarnya video yang anda buat”

Ini merupakan salah satu wadah penilaian viewers terhadap video yang anda sajikan, buatlah sebuah video dengan mempertimbangkan beberapa unsur yang ada didalamnya, seperti rekomendasi, informatif maupun kategori lucu untuk menghibur banyak orang.selain itu buat juga konten konten positif agar konten yang kita buat memiliki nilai yang lebih dimata viewers

Dengan begitu para viewers pun tidak segan segan untuk membagikan atau share video yang anda punya ke teman teman mereka

5. Tampilan Channel

MEski anda terlihat amatir atau baru wakakaka sebisa mungkin buatlah video seprofesional mungkin , buatlah profile picture(Foto Channel) Banner (Header) Dan Home Layout nya semenarik mungkin agar orang percaya dengan channel yang kalian buat dibangun dengan sungguh sungguh dan dengan keseriusan yang tinggi.

6. Kualitas Dan Kuantitas Video

MEnurut kalian manakah yang paling penting dari 2 point diatas?? dua dudanya sangat penting sekali. Dalam Dunia Youtube sangat dipentingkan yang namanya WATCH TIME Apa itu WATCH tIME ?? buat kalian yang belum tau ini artinya :

Watch Time Youtube : Panjang Durasi (Menit/Detik/Jam) yang dihabiskan pengunjung saat memutar video

Jadi semakin panjang durasi watch time video yang ditonton oleh pengunjung maka channel kalian akan semakin bagus dimata youtube.

Ada Beberapa TOP VLOGGER Dunia yang mengatakan :

Ini adalah youtube dan ini bukan hollywood

JAdi kalian tidak perlu repot repot membuat video yang super hebat dan dengan editing lighting ataupun yang lainnya dalam membuat video youtube.yang perlu kalian lakukan hanyalah membuat video sebanyak mungkin dan sesering mungkin.tentu saja itu semua harus dibarengi dengan kualitas dan kuantitas.

7. Upload Video Sesering Mungkin

Untuk yang satu ini kalian bisa cek video video dari top top video youtube sampai detik ini mereka sebisa mungkin terus sibuk menghasilkan video terbaru mereka, jika upload video kalian masih sangat sedikit sekali maka viewers yang menonton atau mengenal video kalian pun pasti akan sedikit juga.

8. Peralatan

Mulai lah memikirkan peralatan yang dibutuhkan untuk membuat konten anda di youtube. jika kalian tidak punya kamera silahkan pinjam keteman anda yang punya kamera, jika tidak bisa dengan cara itu sewalah camera atau pinjamlah ke saudara atau teman terdekat anda, jika hal itu juga mustahil anda lakukan gunakanlah ponsel yang anda punya. semua ada jalan jika anda memiliki niat yang cukup.

9. Jalin silatirahmi dengan youtuber lainnya

point ini sangat menentukan sekali untuk anda bisa sukses didunia youtube, peran teman disini sangatlah membantu anda dalam sarana promosi channel anda, membantu memperkenalkan konten yang anda punya ke publik , dan berbagi ilmu , seringlah join komunitas kontent kreator dan seringlah datang ke even even yang diadakan oleh komunitas youtuber indonesia maupun dikota anda masing masing,

10. Interaksi

Berilah sentuhan kepada komunitas anda jangan malu untuk bertanya kepada mereka, dan jangan lupa jika saat silaturahmi jangan sungkan utuk memberikan masukan maupun komentar, karna semua aktifitas ini dapat melambangkan profesionalitas meski anda terhitung baru pemula.kalian bisa membantu berkontribusi dengan membalas komentar komentar video teman teman kalian.

11.DUET / Kolaborasi

JAngan pernah ragu untuk bekerja sama dengan youtuber lainnya yang berada satu kota dengan anda, kalian bisa join denga youtuber lain untuk memproduksi video bersama, kalian coba masuk didalam video mereka dan mereka youtuber lain masukan didalam video anda.hal ini tentu akan mempercepat pertumbuhan viewers di channel kalian.

12. Promosikan Video

Jangan lupa juga untuk membagikan dan share video kalian ke teman teman sahabat keluarga saudara, dan untuk mempercepat pertumbuhan viewers kepada channel anda jangan lupa juga untuk mempromosikan video anda kesosial media, facebook, twitter, instagram , google plus, linkedin, path, pinterst dan lain sebagainya. gunakan itu sebagai ajang untuk mempromosika video anda.

13. KONSISTENSI

Sebisa mungkin kalian harus mempunyai target dan niat yang cukup untuk membuat channel youtube anda terkenal atau bisa dikenal oleh orang banyak, teruslah konsisten untuk mengupload video anda setiap hari. anda bisa mengupload video anda sebanyak 1 kali dalam seminggu lebih mantap lagi jika ada mengupload 3 video dalam satu minggu. jika ingin channel anda cepat tekenal uploadlah video 1 hari satu kali.

14. Struktur SEO Video

Pastikan sebelum anda megupload video hal ini benar anda perhatikan tujuan struktur seo ini sangatlah penting untuk kelangsungan viewers terhadap channel anda.buatlah judul video, deskripsi, serta tag yang benar benar terstruktur ini sangat berdampak terhdap ranking serp video yang anda punya di youtube. Buat judul yang mudah dicari, dipahami, dan singkat tapi jelas, selain itu tulis juga deskripsi video yang sedang anda upload itu jangan malas untuk meluangkan waktu untuk menulis deskripsi video anda, masukan juga tag tag khusus yang berhubungan dengan video anda. karna ini dampaknya terhadap kelangsungan video anda.

15. Perhatikan Thumbnail gambar

Buatlah gambar custom thumbnail semenarik mungkin ini sama seperti cover pada video. buatlah sesuai dengan isi konten yang anda punya bedakan antara clickbait dan missleading, clickbait digunakan untuk menarik perhatian orang dengan cara membuat gambar semenarik mungkin dan dibalut dengan kreatifitas untuk menarik pengunjung dengan tujuan agar pengunjung mau mengklik dan menonton video yang kalian punya. sedangkan missleading gambar yag dibuat tidak sesuai sama sekali dengan isi konten dengan kata lain gambar digunakan hanya untuk menipu pegunjung agar mau mengklik video anda.

16. Personality (Atitude)

Kebanyakan orang akan mengklik subscribe dikarenakan sosok personality dati youtubernya bukan videonya jadi ini perlulah diingat sekali lagi, banyak video bagus yang bertebaran di youtube namun banyak juga yang anda lihat sedikit sekali subscriber dari video tersebut, bahkan terbilang konten video yang disajikan jauh berkualitas dari yang lainnya, untuk alasan inilah personality sangat menentukan banyak atau tidaknya viewers yang menyukai sosok si youtuber tersebut. Maksud saya disini bukan sosok yang harus ganteng cantik rapi atau tampan, sosok yang ramah lemah lembut dan sopan, karna rata rata youtuber terkenal mukanya hancur dan satupun ga ada yang ganteng wakakakaka

17. Call To Action

PAda ending video Jangan pernah malu untuk meminta subscribe like ataupun komen atau share, jangan pernah sungkan untuk meminta kepada viewers tentang hal hal tersebut, tujuan ini untuk mengakrabkan antara si youtuber dan si viewers, mintalah secara sopan ramah dan jangan pernah memaksa, atau mintalah sesuai gaya style kalian masing masing untuk menarik minat viewers subscribe like dan komen

18. Motivasi

PAda saat kalian ingin terjun didunia youtube ini sangat diperhatikan sekali, jangan sampai ini hanya hangat hangat semata, teruslah berkarya jangan berhenti ditengah jalan apalagi menyerah. youtube memang hanya berat saat pertama kali saja setelah itu anda akan merasakan dampak yang luar biasa saat channel anda mulai terkenal, memang smua yang dibangun dari awal memang berat namun jika anda menyerah maka akan berakhir sia sia, maka dari itu seringlah untuk memotivasi diri anda agar tidak cepat putus asa

19. Teruslah mencari ide

ide sangat dibutuhkan dalam membangun channel anda yang tidak membosankan saat ditonton, teruslah membuat gebrakan dan ide ide baru agar penonton tidak bosan dengan channel youtube yang anda punya.

20. Jadilah diri sendiri

Nah untuk point yang terakhir ini jadilah diri anda sendiri jangan mudah terpengaruh apalagi dipengaruhi oleh orang lain tetaplah pada jalan anda, yang terpenting lagi enjoy nikmati video anda seolah perjalanan hidup anda setiap hari dipenuhi dengan kesenangan. karna ini merupakan salah satu kunci sukses channel youtube anda dibanjiri pengunjung

Oke sobat demikianlah penjelasan admin tentang Tips Cara Cepat Membangun popularitas Channel YouTube Yang Sukses Dan Berkembang serta terkenal dan dibanjiri pengunjung. semoga informasi ini dapat membantu 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

10 Comments

Leave a Comment