Android

Keunggulan dan Fitur Terbaru Android N

Fitur Terbaru Android Nauget – Pada tahun 2016 ini Android merilis update versi terbaru, sistem operasi terbaru dari Android ini mereka beri nama Android N. Fitur-fitur terbaru dari Android N ini layak untuk anda coba di Smartphone Android anda. Namun Android N yang baru saja dirilis adalah versi Developer Preview, nantinya versi final akan dirilis sekitar bulan September – Oktober 2016.

Update pertama yakni versi Developer Preview telah dirilis pada tanggal 17 Maret dan softwarenya telah tersedia bagi pengguna Smartphone Nexus 5X, Nexus 6P serta Nexus 9 LTE yang terdaftar sebagai Android Beta Program.

Android N versi Developer Preview sendiri merupakan versi ujicoba dari software Android N yang hanya dikhususkan untuk para developer. Jika anda telah terdaftar sebagai developer di Android Beta Program dan Smartphone Android anda telah memenuhi syarat, nanti akan mendapat update software versi terbaru. Berikut ini merupakan Fitur Terbaru di Android N, mari kita lihat selengkapnya dibawah ini.

Fitur andalan ini dan sekaligus menjadi keunggulan dari Android N yang pertama adalah

1. adanya tampilan Jendela multi-windows.

Apa itu fitur jendela multi-windows? Fitur jendela multi-windows adalah fitur untuk ‘membelah’ atau membagi tampilan layar sehingga menampilkan lebih dari satu aplikasi secara bersamaan.Dengan jendela multi-windows ini maka pengguna akan lebih mudah untuk melakukan multitasking untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus. Fitur sering juga disebut dengan split screen multitasking ini akan bisa dimanfaatkan pada perangkat #smartphone dan tablet. Fitur multi-windows ini memang telah dinanti-nanti oleh banyak pengguna, terutama pengguna perangkat tablet.

2. Dapat Membalas Pesan Langsung dari Notifikasi

Jika Anda selama ini mengalami kesulitan dan kerepotan dalam membalas pesan yang masuk karena harus membuka aplikasi, maka dengan Android N Anda tak perlu lagi kerepotan melakukannya. Dengan fitur yang ada pada Android N maka pengguna akan mampu untuk membalas pesan yang masuk langsung dari notifikasi. Dengan adanya fitur yang menggunakan API yang sama seperti Android Wear maka akan membuat setiap aplikasi yang sudah mendukung Android Wear ini tidak memerlukan perubahan kode sama sekali.

3. Fitur Penghemat Baterai Doze yang Ditingkatkan

Di Android Marsmallow, fitur penghemat baterai Doze ini memang sudah ada. Namun nantinya pada Android N fitur penghemat baterai ini akan makin ditingkatkan. Pada seri Android terbaru ini nantinya Doze akan menghemat daya ketika layar berada dalam keadaan mati (standby).maka Android N dianggap akan sangat berguna dan bermanfaat pada kinerja ponsel pintar yang memiliki spesifikasi low-end.

4. Fokus Terhadap Penghematan Kuota Internet

Selanjutnya fitur andalan yang akan hadir di Android N adalah kemampuan untuk menghemat kuota internet. Seperti kita tahu bahwa selama ini pada OS Android sebelumnya aplikasi di ponsel secara otomatis akan pengunduhan data dari server  jika membutuhkan update. Tentu saja saat aplikasi melakukan pengunduhan secara langsung dan otomatis maka tanpa kita sadari kuota#internet yang kita miliki akan cepat habis.

5. Anda Dapat Memutar Konten Video Melalui TV Android

Terakhir, fitur andalan sekaligus keunggulan dari Android N yang akan tersedia untuk perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C adalah pemutar konten video melalui TV Android. Android N yang banyak diyakini akan bernama Nutella ini dianggap akan mampu menjalankan konten aplikasi video yang bisa ditampilkan di bagian ujung layar pada perangkat Android TV.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment