Android Trick Tutorial

9 Trik cara mengatasi smartphone android yang lemot

cara mengatasi smartphone HP android yang lemot lelet dan lambat ~ cara mengatasi android yang lemot sebenarnya sangat gampang dan mudah, mungkin ada beberapa diantara teman teman yang mungkin belum mengetahui tentang cara cara tersebut.Permasalahan yang umum terjadi dismartphone android adalah kinerja android yang kurang maksimal disebabkan penumpukan file size memori yang menyebabkan kinerja smartphone andorid menjadi tidak stabil alias lemot.

Booting RAM yang sangat lama,lemot loading yang lambat dan lemot kerap kali menjadikan para pengguna andorid kesal, pasalnya mereka sangat terganggu dengan hal tersebut.Nah menanggapi hal tersebut ada faktor faktor penyebab sekaligus cara mengatasi andorid yang lemot tersebut.Berikut tips dan cara mengatasi android yang lemot agar kinerja HP android anda tetap dalam keadaaan stabil.

cara mengatasi smartphone android yang lemot

cara mengatasi smartphone android yang lemot

1. Smart dalam memilih smartphone android 

Smart dalam memilih smartphone android maksudnya adalah pandailah dalam meilih smartphone karna karna ada sebagian orang yang hanya mementingkan merk semata tanpa sama sekali melihat space yang berada didalam HP tersebut, merk boleh saja tinggi dan berkelas namun space yang mesti diutamakan seperti kecepatan Hertzs setiap smartphone space RAM dan ROM setiap smartphone juga mesti diperhatikan dengan baik, sebab ini adalah salah satu faktor vital android tersebut lemot atau tidaknya.

Kenapa demikian?? Jika space yang tersedia seperti memori internal dan eksternal hanya 2 MB sedangkan rata rata aplikasi yang diinstal melebihi batas RAM maka sangat tidak mungkin sekali Smartphone tersebut bekerja sesuai dengan yang diharapkan dan tentu saja android akan sangat lemot dan tidak bersahabat.Jadi saran saya cerdaslah dalam memilih smartyphone

2.Hapus Aplikasi yang tidak perlu

Nah dalam kasus ini banyak sekli dari mereka yang sudah memasang aplikasi yang hanya sekali pakai namun malas untuk menghapusnya, karna kemungkinan akan dipakai suatu hari nanti, itu benar dan sama sekali tidak ada salahnya, maksud saya disini jika aplikasi tersebut hanya sekali sekali dipakai adabagusnya anda untuk menghapusnya terlebih dahulu dan menginstallnya suatu saat jika diperlukan, 

Nah aplikasi yang tidak diperlukan hanya akan membuat smartphone menjadi lambat dan lemot karna beberapapersen RAM dan ROM sudah terpakai spacenya untuk si aplikasi tersebut dan hal ini jelas sekali berdampak terhadap kinerja dari android itu sendiri.

3. Hapus cache yang berada pada Memori

setiap aktifitas yang dilakukan didalam Hp android sebagian akan menjadi cache. dan cache sendiri bertujuan sebagai penyimpanan memori sementara pada smartphone android kita, namun cache akan selalu terus bertambah didalam HP smartphone andorid kita. Nah jelas sekali bukan faktor yang terjadi dialam lemot atau tidaknya smartphone android disebabkan oleh cache memori yang penuh.maka sebaiknya anda harus menghapus cache tersebut.

Menghapus cache bisa dilakukan dengan aplikasi atau dengan cara manual langsung dari Hp android anda.

4. Hapus widget yang tidak berguna.

Widget memang sangat diperlukan didalam android dalam hal penampilan, namun semua itu juga harus diperhatikan , mempercantik tampilan di Hp sangatlah dianjurkan namun jika sudah berlebihan dampaknya akan sangat buruk terhadap smartphone yang kita pakai, maka dari itu untuk menghindari hal tersebut pakailah widget widget yang diperlukan saja, yang tidak diperlukan maka sebaiknya dihapus saja.

5. Hindari penggunaan aplikasi dalam waktu yang sama

terkadang didalam menggunakan smartphone kita kerap kali lupa atau bahkan beralih aplikasi satu ke aplikasi yang lainnya tanpa menutup atau close terlebih dahulu pada aplikasi tersebut. atau dalam satu kasus anda sering menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam waktu yang bersamaan, nah disini merupakan faktor yang sangat mempengaruhi Hp android kita lemot atau tidak, nah  untuk menghindari hal tersebut tutuplah aplikasi yang tidak terpakai jika anda ingin menjalankan aplikasi yang lain sebaiknya tutuplah terlebih dahulu aplikasi yang sudah dipakai.

6. Atur sinkronisasi aplikasi yang terhubung 

Perhatikan seluruh sinkronisasi aplikasi yang terhubung dengan internet, secara tak sadar terkadang para pengguna andorid tidak mengetahui hal ini yang menyebabkan terkadang software update sendiri atau aplikasi aplikasi lain yang secara tak sadar terdownload dengan sendirinya. nah untuk menghindari hal ini terjadi maka sebaiknya anda memperhatikan aplikasi aplikasi yang terhubung secara otomatis keinternet.

7. Gunakan intensitas brightness sesuai yang diperlukan

Gunakanlah intensitas brightness pada hp sewajarnya jika anda duduk dicahaya yang terang sebaiknya redupkan cahaya tersebut, karna selain dapat memboroskan batrai RAM bekerja sangat cepat bila ditingkat intensitas cahaya yang sangat terang, datu lagi jika anda menggunakan auto brightness maka hal tersebut harus anda hindari.

8. Gunakan Micro Sd

Nah agar ruang penyimpanan smartphone android anda bertambah maka anda harus memasang memori micro SD di HP anda selain menambah kapasitas ruangan handphone alternatif ini bisa dipakai juga sebagai media penyimpanan file file dengan size yang sangat besar.

9. Jangan menumpuk chat dan SMS 

Nah penumpukan chat historis atau sms bisa menyebabkan Hp android smartphone kita lemot dan lambat, karnanya hindarilah penumpukan SMS yang terlalu berlebihan agar Kinerja HP android anda tidak lemot dan kinerjanya tetap stabil

Nah diatas merupakan langkah dan cara mengatasi smartphone android yang lemot dan lambat, demikianlah tutorial ini semoga membantu 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment