Bisnis

Cara Ubah Hobi Menjadi Bisnis

Mendalami hobi tentu menyenangkan akan lebih menyenangkan lagi kalau kita bisa menghasilkan uang dari hobi tersebut. Menjadikan hobi sebagai bisnis adalah hal yang sangat menarik bayangkan kita bisa melakukan kegiatan yang kita sukai dan mendapatkan uang menggiurkan ya tak heran jika ini kerap dijadikan pilihan para pengusaha pemula Selain itu diyakini bahwa usaha yang berawal dari hobi akan lebih bertahan lama yang paling bagus memulai bisnis dari hobi kalau mencintai sesuatu kita akan lebih giat berjuang menjalankannya termasuk ketika kondisinya sedang turun.

Selain itu kita juga mengerjakan bisnis tersebut dengan sepenuh hati berbisnis dengan cara ini jauh lebih menguntungkan dan berprospek dibanding terjun ke bisnis yang sedang jadi tren karena sekedar ikut-ikutan atau hanya ingin menghabiskan waktu. Anda juga bisa mengembangkan hobi anda menjadi sebuah usaha menguntungkan tetapi jangan terburu-buru dulu Pahamilah benar seluk beluk usaha berbasis hobi supaya bisa meraih kesuksesan.

Cara Ubah Hobi Menjadi Bisnis

Nah sama seperti usaha-usaha lain bisnis ini pun memiliki kelebihan serta kekurangan pertama-tama Mari kita bahas kelebihannya dulu yaitu.

Kelebihan Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

1. kita sudah memiliki dasar-dasarnya baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan

Ada banyak contoh yang bisa kita lihat .kalau ingin menyeriusi bidang bidang yang anda anggap sepele, itu tentu akan menghasilkan potensi yang dapat menghasilkan uang. Contoh kasus kita sering melihat bisnis yang sukses bermula dari dapur sederhana. Kita tidak akan mengalami banyak kesulitan menyangkut hal-hal teknis di dapur.

Seperti halnya Keadaan dapur kita sudah memahami berbagai instruksi yang tertulis dalam resep misalnya mengaduk putih telur hingga softek menggunakan api atas atau mengaduk adonan roti hingga kalis.

Orang yang tidak hobi memasak kue membutuhkan waktu lebih untuk memahami istilah-istilah tersebut karena hobi juga kita jadi lebih berpengalaman dan keterampilan kita tentu akan lebih terasa dibanding orang lain.

2. Kita lebih termotivasi Karena melakukan hal yang memang kita sukai

Kita mencurahkan segenap hati dan pikiran dalam bisnis ini kita pun jadi lebih produktif dan cekatan.

3. Kita sudah memiliki kenalan atau koneksi di bidang ini

Tahu toko mana saja yang memiliki persediaan bahan dan alat yang lengkap tokoh yang buka tujuh hari dalam seminggu. Toko yang melayani pesan antar dan lain-lain karena sudah jadi langganan, kita bisa mendapatkan berbagai keistimewaan misalnya menerima potongan harga, menjadi anggota club, mendapat informasi informasi terkini tentang berbagai produk, dan masih banyak lagi.

Jika membutuhkan tenaga tambahan kenalan kenalan ini juga bisa menjadi sumber informasi. Mereka bisa memberi tahu ke mana atau siapa yang dapat kita hubungi apabila memerlukan jasa tukang atau pihak lain.

4. Kita telah memiliki alat-alat yang diperlukan.

Hal ini juga bisa meliputi bahan. Otomotif jumlah modal awal yang kita butuhkan tidak akan terlalu besar.

5. Kita sudah memahami karakter orang-orang yang potensial menjadi target.

Pada awalnya kita tentu menyasar kalangan yang punya minat sama dengan kita. Nagita bisa menjadikan diri kita sendiri sebagai cerminan mereka. Apa yang kita suka dan apa yang tidak. Apa yang kita dapatkan dari sebuah produk. Bagaimana kita ingin diperlakukan oleh pedagang. Ini pentingnya sebuah keuntungan yang tidak dimiliki orang-orang yang baru akan terjun di bidang ini. Kita tahu telah atau peluang yang bisa dikembangkan atau dibuat lebih baik.

Setelah membahas kelebihannya kini waktunya kita mengetahui kekurangannya namun jangan langsung berkecil hati. Apa bila ada kemauan akan ada juga jalan untuk mengatasinya. Kekurangan kekurangan bisnis berbasis hobi adalah :

Kekurangan Mengubah Hobi Menjadi Bisnis

1. Gairah yang didapat ketika menekuni hobi bisa hilang

Sifat hobi cenderung berubah menjadi serius ketika dijadikan sebagai bisnis.
Banyak orang mengakui ketika hobi dijadikan bisnis ada orang-orang yang justru tidak bersemangat lagi menjalankannya. Alasannya karena usaha mesti dilakukan dengan profesional bertanggung jawab dan disiplin.

Kita harus Mengikuti alur yang benar akhirnya kita merasa kegiatan itu tidak menyenangkan lagi atau tidak seru. Tetapi kalau sudah berbisnis dan menerima uang dari orang lain kita punya kewajiban untuk memberikan yang terbaik kepadanya.

2. Kalau sudah menyukai sesuatu kita jadi tidak memikirkan aspek bisnisnya.

Misalnya soal harga kita bisa saja menjual barang atau produk buatan kita dengan harga murah dan tidak mempermasalahkannya. Yang penting pembeli senang. Padahal semestinya semua hal yang berbau bisnis diperhitungkan meskipun usaha ini diawali dari hobi.

Sebagai pengusaha kita harus memikirkan target pasar ongkos produksi harga jual waktu yang habis untuk memproduksi jumlah produk yang harus laku dalam sebulan untuk menutupi ongkos produksi distribusi penjualan dan lain-lain. Kalau aspek-aspek bisnis itu diabaikan lama-lama usaha kita bisa tutup. Berikut kita juga membutuhkan uang untuk hidup. Bagaimana bisa kalau kita tidak punya uang atau laba dari usaha. Tentu hal ini tidak mungkin.

3. Bisa jadi kita mengalami kesulitan mencari target.

Di satu sisi hobi kita bisa merupakan hobi amat yang umum. Seperti membuat kue atau menjahit. Pebisnis di bidang ini Tentunya tidak sedikit. Di sisi lain mungkin hobi yang kita tekuni benar-benar berbeda dan unik. Misalnya mengumpulkan tutup botol, dalam kasus ini tidak akan semudah itu mencari orang-orang untuk dijadikan calon pelanggan.

Pada point diatas kita telah menjelaskan beberapa kelebihan dan kekurangan dalam membuka bisnis berdasarkan hobi yang kita punya.untuk itu marilah simak tipsnya untuk cara membuka bisnis berdasarkan hobi.

Tips Langkah tepat membuka bisnis melalui hobi.

Untuk bisa sukses dan mengawali bisnis dari hobi ada langkah langkah yang harus diterapkan. Nah untuk langkah langkahnya silahkan simak berikut ini

1. Ubah cara pandang kita.

Ini yang pertama tama harus di lakukan.mental kita diubah dari sekadar menjalankan hobi menjadi menghasilkan uang atau pemasukan.ketika berusaha ,kita juga berhubungan dengan banyak orang kita jadi tidak bisa seenak enaknya. Jangan sampai waktu sudah menerima uang kita malah bermalas-malasan., Dan tidak mengerjakan pesanan.

Pelanggan mesti puas dengan hasil pekerjaan kita. Saat pelanggan puas, dalam hati kita, juga akan timbul kepuasan dan ingin mencapai hasil yang lebih tinggi. Disamping itu, kita harus menyadari bahwa dalam bisnis ada naik dan turunnya. Mungkin pada awalnya tidak mudah menjalankan usaha itu. Sebabnya kita harus mempunyai kegigihan yang tinggi.

2. Cari apa yang bisa dikembangkan dari minat kita.

Sering kali usaha yang sukses dimulai dari ketidakpuasan kita dengan apa yang ada disekitar. Seperti yang kita ketahui dahulu usaha jilbab sangat sulit untuk berkembang. Karena melihat model model jilbab yang seperti itu itu saja. Beberapa orang sigap dan langsung membuka usaha perancangan jilbab atau hijab dengan berbagai model. Dan itu justru menuai respons yang positif. Dengan seiring perkembangan usaha mengenai hijab ini banyak sekali kemudahan wanita dalam memilih hijab sesuai gayanya.

3. Perhatikanlah apa yang sedang terjadi di bidang usaha yang kita inginkan dan ketahui segmen pasarnya.

Kalau bisa jangan masuk ke segmen pasar yang sudah jenuh atau terlalu padat. Cari wilayah yang belum digali oleh banyak pengusaha. Segmen pasar sangat penting untuk ditelaah. Kalau sudah mengetahui dengan pasti siapa yang kita sasar, kita bisa membuat produk produk yang juga sesuai. Perhatikanlah psikogi target pasar.contohnya soal harga dan kualitas barang. Untuk kalangan kelas menengah keatas, kualitas barangnya haruslah benar benar prima. Harga mahal tidak menjadi masalah.

Jika memang sudah yakin barang punya kualitas bagus. Mereka akan tetap membeli. Umpamanya saat kita berjualan kerudung. Orang kelas atas tidak akan mau membeli kerudung seharga Rp.20 ribu. Sebaliknya mereka tertarik pada kerudung yang harganya ratusan ribu rupiah. Secara psikologis mereka berpikir kerudung seharga ratusan ribu memiliki kualitas yang bagus, dan lebih sesuai untuk mereka.

Tetapi mereka mengingatkan dengan harga mahal.

Kita memang harus menyediakan barang bagus. Mereka siap kok untuk mengeluarkan uang lebih untuk produk bagus. Jadi dalam usaha ada yang namanya biaya produksi dan biaya psikologi. Kepada kelas menengah keatas, tawarkan lah kelas eksklusif. Dan gaya hidup berkelas yang terkandung dalam produk. Misalnya dengan membuat produk yang berlainan. Tidak ada produk yang sama.

4. Hindari ketidak teraturan mekanisme keuangan.

Ini kerap terjadi ketika kita mendalami bisnis dari hobi. Sifat santai dan fleksibel hobi terbawa masuk ke ranah bisnis. Uang bertebaran dimana mana. Teman teman asal mengambil barang dan tidak membayar. Uang hasil berjualan digunakan untuk kepentingan pribadi. Dan lain sebagainya.

Jika seandainya teman pun tidak bisa membayar sekarang buatlah catatan dan tindak lanjuti. Apabila merasa malas berurusan dengan hal itu. Carilah orang lain untuk dipekerjakan. Jangan sampai hal ini dibiarkan saja. Jangan berpikir yang penting saya senang. Usaha yang dijalankan harus berjalan maksimal dan berkelanjutan.

5. Tetap gali ilmu dan asah keterampilan.

Itulah yang nantinya akan membedakan kita dari pengusaha lain. Dan tentunya memenangkan persaingan. Ada banyak hal yang perlu dipelajari. Diantaranya berhubungan dengan klien. Dengan karyawan. Dengan rekan kerja. Memilih penyedia barang yang baik. Mengenal strategi pemasaran, membuat pembukuan, Dan masih banyak lagi. Berbisnis merupakan sebuah proses belajar yang tidak berkesudahan. Semakin banyak ilmu maka bisnis semakin baik.

6. Buatlah perbandingan analisis usaha apabila memiliki lebih dari satu minat dan kebingungan memilih yang mana yang akan dijalankan.

Untuk mencari bidang yang peluangnya pasarnya masih terbuka. Caranya adalah dengan melakukan riset pada masing masing minat. Cari yang sesuai dengan sumber daya yang kita miliki, yang belum digarap banyak pengusaha. Dan yang memberikan keuntungan lebih besar. Sesudahnya, bandingkan lah dan pilih yang paling cocok dan paling bisa kita jalankan sekarang.

Sebaiknya jalankan satu jenis usaha dulu dan lihat perkembangannya. Jika sudah berjalan baik dan tidak terlalu membutuhkan banyak curahan pikiran dan tenaga kita. Kita bisa mempertimbangkan peluang usaha lain.

Oke sobat kita telah memahami beberapa tips cara membuka usaha melalui hobi yang kita punya. Sekarang waktunya saya mengundurkan diri. Terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment