TipsTrick

Mengatasi Kartu SIM Yang Tidak Bisa Mengirim SMS Banking

Untuk Cara Mengatasi Kartu SIM Yang Tidak Bisa Mengirim SMS Banking BNI, BRI, MAndiri, Dan BCA atau bank bank lainnya, akan admin paparkan beberapa permasalahan yang sering terjadi untuk SMS banking.

Beberapa permasalahan yang kerap dialami oleh teman teman memang bukanlah perkara yang mudah, kecanggihan teknologi yang setiap hari kian terus update membuat kita pusing karna hal hal baru bermunculan setiap harinya. pada artikel sebelumnya telah admin paparkan beberapa penyebab dan cara mengatasi gagal aktivasi untuk mobile banking, yaitu alternatif bagi mereka yang tidak suka bertransaksi menggunakan SMS banking, anda bisa membaca artikelnya dibawah ini :

Baca Artikel : Cara Mengatasi Gagal Aktivasi Mobile Banking BNI

Nah pada kesempatan kali ini admin akan mencoba membahas permasalahan yang terjadi pada saat transaksi menggunakan SMS banking.

Permasalahan mengenai Kartu SIM Yang Tidak Bisa Mengirim SMS Banking

1. Aplikasi mengalami force close
2. Sering keluar pesan Keterangan “MBANK50” dan “MBANK51”
3, Sering Keluar pesan pulsa anda tidak mencukupi
4. Sering keluar pesan nomor anda tidak terdaftar untuk layanan Banking
5. Sering keluar pesan gagal mengirim sms periksa kembali jaringan anda

diatas merupakan beberapa poin poin yang keluar pada saat teman teman melakukan transaksi menggunakan SMS banking lalu apa yang salah dengan kartu simcard saya sehingga saya benar benar tidak dapat melakukan transaksi melalui aplikasi SMS banking ??. Nah sebelum kita akan menjelaskan cara mengatasinya ada baiknya terlebih dahulu kita memahami penyebab , apasajakah penyebab dan alasan kartu anda tidak bisa mengirim pesan SMS banking berikut

Penyebab Kartu SIM Tidak Bisa Mengirim SMS Banking

Penyebab ini sangat berkaitan erat dengan permasalahan yang anda alami, ada beberapa hal yang perlu saya tekankan kembali kepada anda, bahwa setiap permasalahan SMS banking yang anda alami adalah berbeda beda, namun disini saya akan menjelaskan cara untuk mengatasinya secara umum, saya tidak bisa menjelaskan nya satu persatu, namun jika anda membaca beberapa poin dibawah ini yang match dengan kasus yang anda punya segeralah untuk memperbaikinya dengan cara anda sendiri. karna mungkin cara yang akan saya jabarkan langkahnya sama namun tampilan menu yang terdapat didalam HP anda berbeda.

a. Nomor Belum Sama sekali diaktivasi oleh pihak bank
b. Pulsa Anda saat mengirim SMS tidak mencukupi
c. Internet Dengan Jaringan yang tidak memadai
d. Pengaturan Layanan Pengiriman SMS di HP anda
e. Pengaturan Izin layanan SMS premium yang ditolak
f. Mengganti Device Smartphone/HP
g. Hp/Android anda dalam keadaan rooted
h. Aplikasi diletakan pada ruang lain dari Hp, dan tidak diberikan hak akses.
i. Tidak mengudate / mengunduh versi yang terbaru dari aplikasi
j. Tidak memberi Izin akses pada Aplikasi SMS banking
g. mendaftar atau melakukan transaksi disaat server mengalami masalah.

Setelah memahami penyebab diatas maka langkah selanjutnya adalah masuk kepada cara mengatasinya,penasaran mari simak langkah lengkapnya berikut ini :

Cara Mengatasi Kartu SIM Yang Tidak Bisa Mengirim SMS Banking

Nah untuk cara mengatasi kartu sim yang tidak bisa mengirim atau gagal mengirim pesan ini biasanya banyak di alami didevice xiaomi dan samsung dengan operating sistem android lolipop keatas. kenapa saya sebutkan begitu karna operating sistem itulah yang membuat menu SMS menjadi terpisah, SMS biasa dan SMS premium sedang keduanya memiliki Fitur dan izin akses yangberbeda.

1. persiapkan seluruh komponen sebelum bertransaksi menggunakan SMS banking.

komponen ini meliputi : nomor yang sudah diaktivasi oleh pihak bank, jaringan internet, serta pulsa yang cukup yang terdapat didalamnya. jika sudah lengkap semuanya silahkan lanjut pada langkah yang kedua

2. Beri Izin Aplikasi

Izin aplikasi sangat penting terhadap perihal bertransaksi menggunakan SMS banking jika izin tersebut dicabut.diblokir maka aplikasi akan otomatis memberikan pesan forse closed atau aplikasi akan secara otomatis ditutup paksa, hal inilah yang menyebabkan teman teman selalu gagal dalam bertransaksi menggunakan SMS banking . nah untuk cara memberikan izin aplikasinya sangatlah mudah sekali silahkan ikuti langkahnya berikut ini :

Catatan :Ingat setiap handphone berbeda letak menunya namun caranya hampir sama 

Pilih menu pengaturan/setting dbagian HP >> lainnya/other >>manajer aplikasi/aplication manager >> BNI SMS Banking >> Kasi Izin Bolehkan/Always Allow

Beri Izin Aplikasi sms banking

3. Setting Pengaturan Izin Pada Layanan SMS

Perhatikan pada poin yang satu ini sangatlah penting, banyak dari mereka yang gagal bertransaksi menggunakan SMS banking hanya dikarenakan permasalahan yang sepele yaitu tidak adanya izin pada layanan SMS. Jika pada layanan SMS anda tidak terdapat izin yang diperbolehkan maka setiap SMS yang dikirim akan selalu gagal. untuk itu cobalah memeriksanya terlebih dahulu.

Catatan :Ingat setiap handphone berbeda letak menunya namun caranya hampir sama

Pergi kemenu pengaturan/setting dbagian HP >> lainnya/other >>manajer aplikasi/aplication manager >> ALL/Semua aplikasi >> Message/Pesan >> Selalu bolehkan/Always allow

Setting Pengaturan Izin Pada Layanan SMS

4. setting sms premium agar dapat mengirim pesan premium

nah kenapa mesti setting sms premium ?? seperti yang sudah saya jelaskan diatas tadi bahwa ada beberapa device smartphone yang membagi antara SMS biasa dengan SMS premium. sms biasa dimaksudkan mengirim pesan kepada sesama kartu perdana, sedangkan sms premium ditujukan untuk nomor yang hanya memiliki 3-6 digit nomor didalamnya. untuk itu beberapa device melarang kita untuk mengirimkan ke nomor tersebut karna bertujuan menyelamatkan anda dari tagihan pulsa yang terkadang bisa berkurang dengan sendirinya disebabkan oleh nomor nomor operator tersebut.

Nah disini sangat jelas sekali terlihat bahwa jika anda gagal mengirim pesan sms banking tentu saja akar permasalahan berasal dari sini, nomor SMS banking berjumlah 4 digit dan ini sebenarnya termasuk kedalam kategori SMS premium. nah bagi anda yang masih saja mengeluhkan perihal gagal mengirim sms banking silahkan setting caranya sebagai berikut :

Catatan :Ingat setiap handphone berbeda letak menunya namun caranya hampir sama 

Silahkan pergi kemenu setting>>pilih aplikasi>>ketuk titik tiga disudut kanan atas>>Pilih tampilkan aplikasi sistem>>cari dan klik layanan pesan>>Pada bagian panel kirim sms premium ubah menjadi selalu bolehkan

Nah sampai pada tahap ini silahkan anda coba mengirim SMS atau pesan SMS banking, mudah mudahan cara ini berhasil untuk anda lakukan.

Demikianlah tutorial kali ini mengenai Cara Mengatasi Kartu SIM Yang Tidak Bisa Mengirim SMS Banking semoga informasi ini dapat membantu anda sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Pengetahuan Adalah Kebebasan Dan Ketidaktahuan Adalah Perbudakan.

Leave a Comment