Internet TipsTrick

Penjelasan Rekening Bersama (Rekber) Dan Apa Kegunaannya

Penjelasan Rekening Bersama (Rekber) Dan Apa Kegunaannya – Berbicara tentang uang dan mengelola keuangan dapat menyebabkan stres bahkan dalam hubungan terbaik sekalipun. Mungkin Anda dan pasangan Anda sedang mempertimbangkan untuk membuka rekening bank (rekber) bersama tetapi khawatir hal itu mungkin terlalu rumit dan sulit atau Anda mungkin ingin lebih memiliki rekening pribadi yang terpisah?

Tapi jika terpisah, khawatir itu akan membuat pengelolaan pengeluaran bersama Anda menjadi sulit? Jika Anda masih terlalu khawatir mengenai rekening bersama, maka Anda bisa memahami apa itu rekening bank bersama dan apa kegunannya. Bagaimana cara kerja rekening bersama dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih cerdas untuk keuangan dan hubungan Anda.

Apa Itu Akun Rekening Bersama (Rekber) ?

Akun rekening bersama berfungsi seperti akun perbankan standar, kecuali bahwa dua atau lebih orang memiliki akun. Anda dapat menggunakan akun bersama untuk mengumpulkan uang Anda bersama.

Akun bersama ini sangat membantu Anda menabung. Anda dapat menabung demi tujuan bersama, seperti membeli rumah baru, membeli mobil baru, liburan dan belanja kebutuhan baru. Dengan akun rekening bersama, Anda dan pasangan Anda dapat mengatasi biaya rumah tangga bersama, seperti hipotek, pembayaran mobil, utilitas, belanjaan, dari tempat yang sama.

Penarikan uang tunai, menulis cek, dan melakukan pembayaran online dari satu akun juga memungkinkan Anda berdua untuk melihat bagaimana uang dibelanjakan. Hal itu dapat membantu Anda mencatat anggaran bersama pasangan. Dengan aktivitas akun yang terlihat oleh Anda berdua, mungkin sulit untuk berbelanja secara royal pada barang-barang limited edition atau melakukan pembelian secara rahasia.

Ada banyak keuntungan untuk berbagi akun dengan pasangan Anda. Jika Anda ingin tahu apa kegunaan rekber, berikut ini adalah penjelasan mengenai kegunaan akun rekening bersama.

Kegunaan Rekening Bersama

Keuntungan dari rekening bersama adalah membuat Anda lebih mudah untuk membayar tagihan bersama, lebih menghemat ketika mengirim uang ke satu sama lain. Rekening bersama juga dapat memudahkan Anda melacak pengeluaran bulanan bersama pasangan Anda. Di sisi lain, beberapa orang lebih suka menjaga keuangan mereka pribadi.

Jika Anda memiliki sifat tersebut, Anda dapat mempertimbangkan memiliki akun bersama untuk tagihan Anda, tetapi menyimpan akun Anda sendiri untuk belanja pribadi. Menerapkan akun bersama dengan itu mudah.

Jika Anda sudah menikah, tinggal bersama pasangan Anda, atau menjalin hubungan dengan seseorang yang benar-benar Anda percayai, membuka akun bersama bersama-sama bisa menjadi pendekatan yang jauh lebih mudah untuk mengelola uang Anda bersama.

Nah, kegunaan rekening bersama ini sangat berfungsi untuk mempermudah:
Bayar tagihan bersama Anda
Bayar uang sewa / hipotek Anda
Anggaran untuk tagihan makanan Anda dan biaya bersama lainnya.

Memiliki rekening bersama dengan pasangan dapat membuat hal-hal seperti menganggarkan biaya rutin, menabung untuk masa depan untuk pernikahan, atau liburan dan komitmen keuangan lainnya jauh lebih mudah.

Jika Anda berdua membayar dalam jumlah yang ditetapkan setiap bulan, rekening bersama juga akan membantu untuk mencegah argumen tentang uang, karena tak satu pun dari Anda akan berkontribusi lebih dari jumlah yang Anda berdua sepakati.

Terlebih lagi, jika Anda memiliki uang ‘tersisa’ di akun bersama setelah Anda mengurus semua biaya pokok Anda, Anda berdua dapat memutuskan cara terbaik untuk memanfaatkannya. Anda mungkin setuju untuk membiarkannya di dalam akun untuk biaya tak terduga yang mungkin Anda hadapi lebih jauh.

Anda juga bisa mentransfernya ke rekening tabungan dengan bunga tinggi untuk mendapatkan hasil lebih tinggi dari tabungan Anda. Bisa juga Anda gunakan untuk makan malam sebuah restoran mewah. atau akhir pekan, tergantung pada berapa banyak ‘uang cadangan’ yang Anda miliki.

Dalam banyak hal, ‘keberhasilan’ memiliki rekening bank bersama itu bergantung pada keberhasilan hubungan Anda yang jalin. Selama Anda jujur dan terbuka satu sama lain, Anda tidak perlu menghadapi kejutan apa pun ketika menyangkut keuangan Anda.

Membuka akun bersama juga dapat membantu Anda memanfaatkan fitur yang mungkin tidak tersedia bagi Anda sebagai pemegang akun perorangan. Hal ini karena mengumpulkan uang Anda dapat membantu Anda memenuhi persyaratan saldo minimum yang memenuhi syarat untuk fitur seperti biaya pemeliharaan yang diabaikan, tingkat bunga atau bonus yang lebih tinggi.

Ya, membuka akun bersama adalah proses serupa untuk membuka akun perorangan. Anda dan

pasangan Anda berdua perlu memberikan informasi dan identifikasi. Anda juga dapat menambahkan satu mitra ke akun lain yang sudah ada.

Sebagai rekan pemilik, Anda berdua akan dapat mengakses dan menarik dana tanpa izin pihak lain, dan masing-masing dari Anda akan dapat berbicara dengan bank tentang akun tanpa persetujuan pihak lain.

Setelah Anda mengatur akun Anda, Anda dapat memutuskan bagaimana mengelola dan memantau akun Anda, termasuk apakah Anda ingin mendaftar untuk perbankan online, siapa di antara Anda dan pasangan yang akan menerima pemberitahuan akun.

Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan untuk Membuka Rekber

Sebelum Anda membuka akun bersama, pertimbangkan hal-hal berikut ini :

  • Beberapa pasangan merasa lebih nyaman menjaga akun individu mereka. Menjaga akun Anda yang terpisah memberi setiap orang kebebasan untuk mengendalikan uang yang dia hasilkan. Ini bermanfaat jika pasangan Anda memiliki kebiasaan belanja yang berbeda; mampu mengelola uang dengan cara mereka sendiri memberi rasa kepemilikan keuangan pada masing-masing orang. 
  • Tantangan dengan akun rekening terpisah adalah bagaimana mengelola pengeluaran bersama. Menentukan siapa yang membayar, apa yang menimbulkan titik stres bagi pasangan. 
  • Jika Anda memutuskan untuk mempertahankan akun rekening terpisah, Anda dan pasangan Anda harus memiliki kejelasan seputar masalah ini, dan pastikan Anda masing-masing merasa nyaman dengan pengaturan tersebut. Semua hal harus benar-benar dibicarakan didiskusikan bersama.

    About the author

    Mohammad Kahfi

    Mohammad Kahfi

    Pengetahuan Adalah Kebebasan Dan Ketidaktahuan Adalah Perbudakan.

    Leave a Comment