Bisnis Internet

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Tamat SMA/SMK ?

Apa yang harus kamu lakukan setelah selesai tamat atau lulus di jenjang sma atau smk ?, pertanyaan ini mungkin agak sedikit relevan dengan orang yang sedang bingung untuk menentukan masa depan hidup mereka, namun pernahkah anda bertanya kepada diri anda sendiri, apa yang harus aku buat untuk saat ini ? saya akan menjelaskan beberapa keadaan dan pencerahan untuk kamu yang sedang kebingungan sehabis tamat smk dan kurang biaya hidup.

Jujur saja, memang sangatlah sulit untuk menentukan masa depan yang ingin kamu buat, butuh waktu yang cukup lama dan membingungkan untuk membangun semuanya, tetapi jika dilakukan secara perlahan mungkin ini akan berhasil dan pasti bisa kamu tentukan.

Kebingungan yang akan kamu alami setelah kamu habis tamat sekolah merupakan hal yang akan dialami setiap orang, mulai dari kehilangan beberapa teman yang biasanya sering aktif di dunia persekolahan dan kebahagiaan yang hilang pasti akan kamu alami sehabis tamat atau lulus di dunia sekolah ini.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Tamat/Lulus SMA/SMK ?

Mindset ini adalah perubahan kita menuju ke jenjang dewasa, arti dewasa itu sendiri akan kamu alami sehabis kamu tamat sma atau smk, dan merasa kamu lebih mengenal jauh tentang diri kamu sendiri. apa yang kurang dari diri kamu, apa yang harus dilakukan dan lebih tau diri dari sebelumnya.

Tentang masalah ini saya pecahkan dalam waktu kurang lebih 10 bulan untuk memahami diri sendiri, memang cukup lama, dan tidak instant. disini mungkin kalian akan belajar sedikit mengenai pengalaman beberapa orang termasuk saya yang benar benar harus kamu ketahui agar tidak menghabiskan waktu untuk hal ini. sekarang saya akan memulainya dari sini terlebih dahulu.

Apa Yang Harus Dilakukan Setelah Tamat SMA/SMK ?

Setelah kamu tamat sma atau smk, kamu akan merasa dunia ini berubah dari biasanya, ini normal dan hanya ada satu cara untuk mengatasi permasalahan ini gaes..

Jawabannya : Kamu harus merubah pola pikir kamu sendiri.

Pola pikir tidak sehari dua hari membentuknya, namun akan didapatkan setelah kamu mendapat pengalaman. setelah mendapat pengalaman kamu akan bisa merubah pola pikir kamu.. yah walaupun ini akan memakan waktu yang cukup lama. dan ini memang tak bisa dihindari untuk orang yang bersifat berbeda beda. tergantung dari kalian bisa memecahkan masalah untuk waktu yang beberapa lama.

Ada beribu macam masalah mungkin yang sedang kamu hadapi, tetapi persepsi hidup seperti ini.

Kita Ini Hidup adalah 80% Hal Positif Dan 20% Negatif

Dua persentasi ini sangat jelas sekali, kamu terlalu terfokus pada 20% negatif dan mengabaikan hal postif. untuk memecahkan 20% tersebut saya tidak akan panjang lebar.

Namun kamu bisa mendapatkan beberapa pengalaman yang saya dapatkan agar kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mempelajari ini satu persatu.

Mau Kuliah, Tetapi Kondisi Keluarga Tidak Mampu ?

Ada beberapa yang mengalami ini dan ada beberapa juga yang tidak mengalami ini.

Namun yang mengalami ini, Saya katakan sekali lagi, yang ngalamin ini…

Kamu adalah orang yang sangat beruntung menurut saya.

Kenapa Saya Bilang Begitu ?

Karena saya juga terlahir dari keluarga yg tidak mampu, hehe.. apa Keuntungannya ? dan Apa Kerugiannya?

Keuntungannya 100% dan Kerugiannya 0%

Keuntungannya : Kamu sudah dituntut untuk memulai dan mencari jalan sendiri di umur remaja tanggung, kesempatan terbaik adalah ketika kamu lahir dari keluarga yang tidak mampu. keuntungannya ialah kamu selangkah didepan daripada temen temen kamu.

Kerugiannya : Akan Menjadi Rugi Ketika Kamu Menyalahkan Keadaan. (Tetapi Rata Rata Orang Milih Yang Ini Gaess)

Emangnya Saya Tanya Begini Gaes..

Q : Apa Bedanya Orang Sehabis Tamat SMA/SMK Dengan Orang Tamat Kuliah ?
A : Tidak Ada Bedanya, Sama2 Nganggur Setelah Tamat, ehe (Only In Indonesia)

Bukan Berarti saya bilang begini kamu tidak harus kuliah yaa.. hehe..

Solusinya : Berhenti menyalahkan keadaan, gak ada hasil sama sekali. malahan kerugian yang kamu dapatkan…

Untuk poin pertama ini coba dulu kamu resapi gaes, ini adalah hal yang saya dapatkan ketika saya lulus di smk saya. jika sudah meresap silahkan langsung ke poin selanjutnya ini

Dapat Pekerjaan Yang Tidak Layak ?

Perhatikan salah satu dari poin ini, mungkin kamu sekarang ada yang berkerja dengan orang lain, dan ada juga yang bekerja untuk diri kamu sendiri. setiap orang pasti pernah mendapat pekerjaan yang tidak layak.. Apa itu tidak layak ? Iyah bekerja tidak sesuai dengan hasil yang didapatkan.

Sementara ini adalah masalah tentang persepsi dari diri anda sendiri.

Pakailah persepsi seperti ini : Hidup itu adalah Pilihan.

Kalau sekarang kamu bekerja untuk orang lain, sebelumnya itu adalah pilihan kamu. kalau memang itu pilihan kamu, yah kamu akan bekerja untuk orang lain selamanya gaes..

Untuk poin ini mungkin tidak sembarang orang yang bisa menerapkan. silahkan kalian temukan pilihan hidup kalian ingin apa dan jadi apa.

Kalau Kalian Mengatakan Seperti Ini “Hidup tak selalu apa yang kita harapkan” 

yah, bisa saya pastikan kalian anak alay. dan banyak mengandai, usaha sangat – sangat minus.

Manusia adalah makhluk yang punya kehendak sendiri, tidak ada yang tidak mungkin.. yang ada hanyalah usaha anda yang KURANG!.

Solusi Untuk Kali Ini Adalah… : Usaha Berbanding Lurus Dengan Hasil. Jika Hasilnya Kurang, Itu Berarti Usaha Anda Yang Kurang Gaes.

Belum Memulai Apapun ?

Memulai itu adalah hal yang tidak sulit,

Mengembangkan adalah hal yang agak sulit,
Tetapi Mempertahankan adalah hal yang sulit,
Dari tiga statement diatas, adalah hal yang sudah saya alami sendiri. Memulai adalah hal yang mudah, ikutilah passion kamu sendiri dan bekerjalah 2 kali lipat lebih keras dari sebelumnya.
Memulai adalah satu satunya cara untuk kamu bergerak ke jenjang selanjutnya.
Namun sebenarnya adalah poin ketiga ini adalah poin yang terpenting dari postingan ini. Berhubung saya kurang tau passion kalian apa.. tetapi akan saya ceritakan terlebih dahulu bagaimana cara kamu untuk menggapai cita² kamu dengan mudah.
Semisalnya..
Jika kalian ingin menjadi pengusaha yang sukses.
Hal apa yang harus kalian buat ?
Adalah hal awal yang ingin kalian buat, langsung ke prakteknya saja..
Berjualanlah kecil kecilan terlebih dahulu, seperti cara strategi penjualan, strategi pemasaran. Inget ya berjualan tidak hanya untuk berjualan. Tetapi menggaet ilmu yang akan kamu dapatkan ketika ingin menjejakkan kaki di jenjang selanjutnya.
Berjualan harus ada modal besar ?
Buang pertanyaan ini gaes. Sip apapun alasan kalian.. hilangkanlah alasan itu sekarang juga.
Dan munculkan pertanyaan ini.. apa saja yang udah saya pelajari tentang saya jualan kemarin.. dan rata² kebanyakan orang tidak bisa menjawab ini.

Sebatas Tamatan Sma/Smk Apa Bisa Sukses ?

Pertanyaan ini adalah mayoritas dari kalian. Mungkin tidak perlu saya jawab. Dan saya logikakan begini..
Seperti Bill Gates, Mark Zuckerberg adalah orang yang di DO/Drop Out gara gara tidak fokus kuliah dan alias kita bisa alokasikan ini sama dengan tamatan smk dulunya. Hal yang mereka lakukan adalah fokus terhadap karya mereka… Dan lihatlah sekarang..
Kalian tidak harus menjadi seperti mereka juga… Karena mereka juga tidak ingin menjadi orang lain.
Pelajaran yang dapat diambil adalah : Jangan mau ikut kehidupan orang lain, ingin kuliah, ingin kerja dikantoran, ingin itu, ingin ini. Setiap kehidupan pasti berbeda, jadi jangan di ikut.
Yah, jadi inti dari postingan ini adalah sekedar mengingatkan teman teman, janganlah selalu menyalahkan keadaaan, gak ada ini, gak ada itu, ini, itu, ini, itu kalau ga ada ini gabisa itu.

Buang semua pikiran negatif yang menguasai diri anda, mulailah berperan disetiap pekerjaan yang kamu lakukan, paling tidak bergunalah bagi banyak orang, ya mungkin sekian dulu artikel singkat ini dari admin jagoankode, semoga bisa bermanfaat yaa sob 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment