TipsTrick Tutorial

Cara Export Adobe Premiere Ke mp4 (H.264 Rendering Video) Work!!!

Cara Export Adobe Premiere Ke mp4 (H.264 Rendering Video) Work!!! – Hai semuanya lama tak berjumpa saya kini mengupdate postingan di blog jagoankode untuk mengetahui bagaimana caranya mengexport file di adobe premiere yang sudah kita buat menjadi format mp4 agar file sizenya juga menjadi kecil. begitu juga cara ini akan work di adobe after effect jika kalian sekaligus menginstalnya di pc kalian. untuk windows memang agak sedikit berbeda dengan Macintosh karena di windows gak mempunyai bawaan seperti format h.264 di aplikasinya, oleh karena itu kita harus membutuhkan aplikasi bantuan yang bernama Quick Time Alternatif yang biasanya juga digunakan oleh orang lain jika menggunakan windows sebagai sistem operasi yang mereka gunakan.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbagai pengalaman saya tentang adobe premiere ke kalian semua khusus pembaca blog jagoankode ini. oke sebelum saya mulai ke prakteknya akan lebih baik kamu harus paham dengan sistem cara kerja yang akan saya jelaskan ini, oleh karena itu jangan membaca langsung ke poin prakteknya karena mustahil juga kamu akan mengerti. disini saya akan menjelaskan terlebih dahulu jika kalian menggunakan sistem operasi windows, jika kamu menggunakan imac mustahil akan error begini hehe.. oke saya mulai dari sini dulu..

Pada Sistem Operasi Windows tidak memiliki bawaan format untuk mengeksport file h264 atau yang biasa sering kamu sebut mp4 ini. mungkin belum ada atau ada pada windows diatasnya ntahlah saya juga kurang begitu tau. tapi sejauh ini mungkin mayoritas dari kalian menggunakan windows 7 seperti yang saya gunakan, maka kamu akan mendapatkan kendala yang sama seperti yang saya alami ini.

*Baca dari sini..*

Quick Time Alternatif disini sangat dibutuhkan atau wajib di instal di komputer kamu agar muncul format h264 yang kamu inginkan, bisa dibilang ini sebagai plugin tambahan untuk windows, walaupun aplikasi atau software ini sebenarnya bawaan milik Macintosh. namun sekarang tersedia didownload di internet untuk digunakan pada sistem operasi windows.

Jadi seperti yang saya jelaskan diatas, kalian wajib menginstal Quick Time Alternatif terlebih dahulu di pc kalian masing masing.. nah kebetulan sekarang ada khusus untuk windowsnya juga kalian dapat mengunduh di link dibawah ini.

Silahkan Di Download Disini..

Setelah mendownload kalian wajib nginstal di komputer kalian masing masing, silahkan instal seperti biasa kamu menginstal software lainnya di pc kamu.

Jika Quick Time Alternatif sudah terinstal dengan baik di pc kamu, maka langkah selanjutnya ialah dengan membaca penjelasan saya dibawah ini..

Cara Export Adobe Premiere Ke mp4 (H.264 Rendering Video) Work!!!

Sebelum Masuk Ke Step Ini *Silahkan Baca Diatas Terlebih Dahulu* Ntar Ga Ngerti Deh..

Jika Sudah Membacanya maka langkah selanjutnya ialah penjelasan sedikit dari saya..

Pada dasarnya adobe premiere ini satu paket dengan adobe encoder, begitu juga adobe after effect satu paket dengan adobe encoder.

Apa itu Adobe Encoder ?

Adobe Encoder adalah software khusus yang dibuat oleh adobe yang digunakan untuk merender sebuah video menjadi format yang di inginkan termasuk mp4 Atau yang biasa disebut H.264. software ini biasa satu paket dengan adobe premiere yang digunakan untuk merender video yang sudah kamu buat atau di edit di adobe premiere.

Jadi bisa dibilang ini merupakan software tambahan untuk melengkapi alat untuk membuat video sampai jadi.

Nah disini untuk bawaan dari adobe encoder juga tidak ada bawaan format untuk mengexport file mp4, maka dari itu saya menyarankan untuk menginstal Quick Time Alternatif diatas tadi, fungsinya ialah untuk mengeksport file menjadi mp4 atau bisa dibilang untuk menambah ekstensi baru.

Jika kamu sudah mengetahui sedikit dari cara kerja adobe encoder ini, maka kita akan masuk ke tahap penjelasan berikutnya.

#Adobe Premier Dan Adobe Encoder Harus Mempunyai Versi Yang Sama.

Penting untuk diketahui bahwa aplikasi yang akan kamu instal di pc kamu harus mempunyai versi yang sama semisalnya saya menggunakan adobe premiere pro cc 2015.4 maka kamu harus menginstal adobe encoder pro cc 2015.4 Juga, karena berbeda versi tidak akan mendukung program berjalan dengan baik.. mohon maaf saya tidak bisa mengasi link downloadnya untuk 2 software ini, kamu bisa searching di google untuk mendownloadnya.

Dan Instal Adobe Premiere Dengan Adobe Encoder tersebut dalam catatan penting versi-nya harus sama..

jika kamu sudah membacanya dari awal maka kita akan langsung masuk ke prakteknya guys…

Cara Export Adobe Premiere Ke mp4 menggunakan Adobe Encoder.

1. Buka Aplikasi Adobe Premiere Kamu.

2. Siapkan Video Yang Sudah Kamu Edit.

3. Klik File >> Export >> Media..

Maka Akan Tampil Seperti gambar dibawah ini..

cara export adobe premiere ke mp4

Lalu akan muncul dialog seperti dibawah ini

4. Lihat pada Format >> Pilih H.264

export adobe premiere mp4

5. Lalu Klik Queue

Maka Adobe Encoder Akan Terbuka Secara Otomatis..

export adobe premiere to mp4
6. Pilih/ Klik Logo Play Seperti gambar di panah atas…
7. Tunggu Proses Render Video Sampai Selesai..
8. Jika Sudah.. Silahkan Cek Filenya.. Akan Tampak Seperti Gambar Dibawah Ini..
export mp4 adobe premiere cc

9. Selesai…

Hasilnya Sudah mp4 Bukan ?

Jika kalian mengikuti langkah dari awal pasti akan berhasil seperti cara yang saya lakukan..

Memang agak sedikit ribet, namun pelan pelan pasti bisa kok..

Oke Sekian dulu tutorial kali ini yang berjudul “Cara Export Adobe Premiere Ke mp4 (H.264 Rendering Video) Work!!!” semoga bisa bermanfaat bagi kalian semuanya, apabila terdapat kesalahan penulisan saya mohon maaf, saya pamit wassalamm..

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment