TipsTrick

Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Tidak Punya Biaya, Coba Lakukan Ini

Mari kita luruskan pandangan yang salah selama ini. Apapun bentuk pendidikan adalah hal yang sangat penting , mau S1 S2 S3 ,SMA SMP jika memang hanya bisa tamat SD sekalipun , seharusnya pendidikan itu tetap diselesaikan.pendidikan untuk diindonesia ini minimal harus wajib belajar 9 tahun. Ini tertera didalam Undang undang dasar 1945 dalam pasal 31. Salah satunya berisi bahwa setiap warga negara berhak memiliki pendidikan .Nah dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara untuk pendidikan dasar ini kita tidak lagi perlu khawatir, pendidikan dasar ini bisa tidak kita peroleh tanpa biaya ?

Jawabannya tentu bisa karena ini merupakan tanggung jawab pemerintah. Kalian tidak usah khawatir dengan ini , ini juga sudah disusun didalam UUD 45 bahwa didalamnya juga tertera pernyataan pemerintah diwajibkan membiayai setiap warga negaranya. Jadi untuk program pendidikan dasar ini jangan takut untuk tidak kalian dapatkan sama sekali ya, apalagi jika kalian sampai pada tahap sekolah dasar saja. Ini yang harus kalian hindari.

Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Tidak Punya Biaya

Nah pada artikel-artikel saya sebelumnya saya sudah membahas mengenai beberapa pemikiran bagaimana jika yang memang tidak ingin kuliah dahulu ? Dan memutuskan untuk memperbanyak ilmu secara otodidak, apakah yang seperti ini masih tergolong bisa meraih kesuksesan dan masa depan yang baik , untuk menjawabnya silahkan kalian membaca artikel dibawah ini :

Baca juga : Apakah Jika Saya Tidak Kuliah Masih Bisa SUKSES ?

lalu bagaimana untuk melanjutkan kejenjang pendidikan berikutnya jika tidak punya biaya.

Ini merupakan tugas kalian. Dari SD SMP hingga SMA , kita sudah dibantu bahkan oleh negara, selanjutnya adalah or bagi kita semua bagaimana seharusnya kita tetap dapat mengenyam pendidikan di bangku perkuliahan meski dengan biaya yang minim. Mungkin beberapa strategi berikut bisa membuka mindset dan pikiran anda bahwa didunia ini tidak ada yang tidak bisa, didunia ini tidak ada yang tidak mungkin , segalanya bisa dilakukan asal kita mau berusaha dan bersungguh sungguh .pasti ada jalan.

1. Kuliah dari beasiswa

Banyak jalan menuju roma, kalian tetap bisa merasakan kuliah meski tidak dengan biaya. Program beasiswa terkadang diadakan karena beberapa hal, beasiswa dari luar negeri terkadang mencari siswa siswa berprestasi diseluruh negeri. Diindonesia sendiri juga menyediakan program khusus bidik misi atau semacamnya yang bisa mengentaskan atau memangkas mahalnya biaya perkuliahan.

Karena itu berhentilah berpikiran tidak bisa kuliah. Jika kalian memang niat sekolah hingga ke tingkat yang paling tinggi sekalipun bisa. Namun perjuangan nya juga tidak mudah, orang orang yang berprestasi dan pintar bahkan hampir tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk kuliah.semuanya sudah dibiayai dengan pemerintah ataupun beasiswa.
Ini merupakan alternatif untuk kalian yang meski tidak punya biaya tapi tetap bisa kuliah. Jadikan diri kita ini bernilai, jika diri kita ini memiliki kemampuan otak yang jenius maka uang akan mengikutinya. Uang bisa kalian dapatkan nanti jika diri kalian itu memiliki nilai yang tinggi , jaman sekarang ini untuk mencari uang diperlukan skill dan otak yang mampu.

2. Kuliah sambil bekerja.

Nah untuk metode yang kedua ini, banyak sekali dilakukan oleh orang. Ini yang merupakan trend pada saat tamat SMA kemudian bekerja dahulu untuk kemudian bisa mendaftar kuliah. Kuliah itu santai tidak seperti kita sekolah semua mengikuti aturan dan tata tertib karena jika kita melanggar maka hukumannya sangat berat. Berbeda dengan dunia perkuliahan , kita tetap tidak dapat sanksi walaupun tidak masuk pelajaran sekalipun. Namun kita akan perlu mengulang jika mendapati nilai yang jelek.

Jika kalian ingin tetap bisa kuliah namun tidak mau menyusahkan orang tua , ini merupakan metode yang cocok untuk kalian. Selain cocok kalian juga bisa menentukan jurusan yang tepat , kenapa ? Karena rata rata jika kalian sudah mendapati kerjaan dan jabatan yang bagus didunia pekerjaan , jurusan didalam dunia kerja tersebut lebih bagus kalian dalami. tujuannya simple supaya bisa mendapatkan jabatan yang lebih baik. Dan antara dunia kerja dan dunia pendidikan mengalami kecocokan.

Berbeda jika kalian kuliah dulu baru bekerja , rata rata untuk yang seperti ini terkadang antara kerja dan kuliah nya mengalami jurusan yang jauh menyimpang, kuliah dibagian elektro namun akhirnya kerja di bidang konstruksi , banyak sekali yang seperti ini.

Oke sobat diatas merupakan cara dan langkah yang tepat bagi kalian yang Ingin Melanjutkan Kuliah Tapi Tidak Punya Biaya, apalagi sampai masih membebani orang tua. sekian penjelasan admin pada hari ini semoga artikel ini bermanfaat bagi teman teman semua sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Pengetahuan Adalah Kebebasan Dan Ketidaktahuan Adalah Perbudakan.

Leave a Comment