Info Menarik

Kualitas Pendidikan Indonesia Ketinggalan 128 Tahun ? Inilah Solusinya

Pendidikan indonesia tertinggal 128 tahun ? Halo sobat kembali lagi bersama admin jagoan kode disini, kali ini admin akan membahas mengenai rumor atau kabar yang mungkin pernah kamu denger dari temen temen kamu disekolah, di tempat kerja, atau di youtube bahkan di televisi. Pernahkah kamu mendengar kabar bahwa kualitas pendidikan di indonesia telah tertinggal oleh negara negara maju. Butuh waktu 128 tahun katanya untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Lalu bagaimanakah penjelasannya, berikut admin uraikan sebagai berikut ya sob.

Di tahun 2017 menurut beberapa referensi yang saya baca di berita. Laporan dari washington menyatakan bahwa : Riset bank dunia: RI butuh 45 tahun kejar ketertinggalan pendidikan.

Wauuw sangat lama bukan untuk mengejar ketertinggalan tersebut, negara kita saat ini termasuk berada di peringkat rendah untuk kualitas pendidikan sob. Apakah anda terkejut ? Mana nih yang suka bilang pelajaran sesimple ini aja disekolah kita kadang gak ngerti. Ternyata negara maju lainnya untuk pendidikan memang menakjubkan juga ya sob.

Kualitas Pendidikan Indonesia Ketinggalan 128 Tahun

Kalau di bidang PENGETAHUAN, indonesia membutuhkan 75 Tahun untuk kejar target ketinggalannya negara kita di negara luar sob.. ini malah tambah lama juga yaa..

Angka tahun segitu mungkin harus 2 generasi juga yaa heheh, mungkin kita sudah tua sob.. wkwk

Namun dilansir beberapa berita yang saya baca. Dikatakan oleh presiden kita indonesia: Butuh 128 tahun pendidikan indonesia menyamai negara maju. Makin lama sob wkwk…

Sekitar 1 abad juga ya sob ternyata. Waduh bisa kacau ini. Butuh berapa generasi lagi ini ya kira kiranya..

Benarkah Indonesia Ketinggalan 128 Tahun dalam Kualitas Pendidikan ?

Namun pertanyaan yang mungkin kalian tanya tentang Benarkah indonesia butuh 128 tahun untuk mengejar ketertinggalan oleh negara negara maju lainnya ?

Oke saya jawab mulai dr sini ya..

Jadi ketika saya mengambil referensi dari Prof. Lant Pritchett memang benar untuk menyamai negara maju lainnya, membutuhkan 128 tahun adanya.

Sungguh mengerikan ya sob, ternyata negara negara maju diluar sana. Mereka belajar tidak hanya belajar. Padahal negara kita juga sudah full day, namun memang dikatakan bahwa kita harus mengejar target ketertinggalan ini sob untuk mengejarnya. Butuh proses hingga bertahun tahun dan tidak instan.

Solusinya

Namun apa solusinya ? Agar kita cepet mengejarnya ya ?

  1. Memilih pemimpin presiden yang tepat.
  2. Anggaran yang tepat sasaran seperti dana APBN
  3. Mengubah model cara belajar di indonesia dengan hal yang lebih kreatif dr sebelumnya.
  4. Tidak membebani siswa
  5. Waktu belajar yang tepat dan tidak berlebihan.
  6. Menetapkan nilai minimun standart yang sesuai dengan kualitas siswa.
  7. Sistem cara belajar mengajar di sekolah yang harus diperbaiki.

Mungkin dari ide yang saya sampaikan diatas dapat membuka pemikiran baru agar merubah sistem yang salah di negara kita ini, tanamkan mindset yang tepat pada siswa, dengan begitu mungkin saja kita bisa mempercepat mengejar kualitas pendidikan kita oleh negara maju yang lain sob.

Penutup

Oke mungkin sekian dulu yang dapat saya sampaikan mengenai Kualitas Pendidikan Indonesia Ketinggalan 128 Tahun, semoga bisa bermanfaat bagi temen temen semua yang membaca ini, jika kamu seorang siswa belajarlah dengan giat sob agar membuat negara kita ini maju, jika kamu seorang guru maka wujudkanlah siswa yang berkualitas karena inti dari kualitas pendidikan 80% berasal dr guru dan 20% dari murid. Untuk itu saya pamit dulu. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan sob. Saya pamit dan sampai jumpa ya 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Pengetahuan Adalah Kebebasan Dan Ketidaktahuan Adalah Perbudakan.

Leave a Comment

3 Comments