Pinned Posts TipsTrick

5 Cara Ampuh Agar Rajin Sholat 5 Waktu

Umat muslim tidak terlepas dari tanggung jawab dan setiap harinya harus menunaikan ibadah solat 5 waktu. Inilah prinsip yang harus ditanamkan oleh setiap para hamba. Semua yang ada didunia(alam semesta) ini tunduk dan taat beribadah kepada Allah SWT. Tak terkecuali manusia yang sudah ditetapkan shalatnya namun tak jarang masih langkau dan kecolongan saat harus menjalankannya.

Secara pribadi berdiri untuk bisa kuat menunaikan ibadah shalat 5 waktu ini memang sangat sulit sekali. Apalagi tubuh tidak terbiasa. Jangankan 5 waktu terkadang konsisten untuk 1 waktu saja ada yang masih sulit. Islam artinya tunduk dan patuh. Jadi jangan heran jika teman teman sekalian yang memiliki teman muslim beragama islam. Masih kerap yang tidak patuh. Patuh disini dalam artian mengerjakan seluruh perintah-Nya dan menjauhi seluruh larangan-Nya.

Dibawah ini merupakan tips supaya kita bisa dengan mudah terbiasa melaksanakan shalat 5 waktu. Bagi teman teman yang merasa kesulitan sekali untuk bisa konsisten dalam melaksanakan solat 5 waktu setiap harinya. Dengan artikel ini bisa membawa manfaat yaitu bisa dengan mudah menjalankan semua waktu. Bahkan bisa mengerjakan yang sunatnya. Penasaran mari simak ulasannya berikut ini.

Agar Rajin Sholat 5 Waktu

Cara Ampuh Agar Rajin Sholat 5 Waktu

1. Pahami bahwa kenapa Anda harus solat 

Satu satunya hal yang bisa membuat kita rajin melakukan sesuatu adalah dengan cara memahami dulu “kenapa Anda harus rajin”. Seperti contoh : kenapa kita harus rajin bekerja ? Bahkan hampir setiap hari anda selalu masuk kerja dan tidak pernah Sama sekali mengalami absen. Mari kita jelaskan sedikit. Setiap manusia butuh makan. Untuk bisa berbelanja dan membeli sesuatu maka haruslah punya uang. Uang didapatkan jikalau kita bekerja. Jika tidak maka tidak bisa menghasilkan uang. Secara otomatis saat uang tidak ada maka tidak bisa makan.

Nah konsep ini sama dengan persepsi mengenai solat. Jika pekerjaan membuat kalian bisa untuk tidak mengalami absen.  Kenapa harus solat yang harusnya wajib untuk dilakukan malah anda tinggal. Padahal jika diamati dengan seksama yang memberi uang saat anda bekerja bukanlah boz perusahaan. Ataupun karena memang kehebatan anda yang lantas memunculkan nilai uang didalam pekerjaan tersebut. Semua tindakan diatas bisa terjadi hanya jika Allah berkehendak. Mustahil rasanya kerja keras. Jika memang bukan rejeki. Miris rasanya bisa mendapatkan uang.

Mengerti akan semua hal ini. Bukan hanya pada tinjauan mengenai rejeki saja. Melainkan apa yang ada didepan mata terjadi atas kehendak sang pencipta. Memahami konsep dan persepsi ini sudah selayaknya kita sebagai manusia. Menyembah dan bersujud atas keagungan Allah dalam mengatur segala kemungkinan yang ada. Jangan sampai kita lalai dalam menunaikan kewajiban. Karena perintah ini sudah mutlak dikeluarkan. Dan jika melanggarnya anda sudah harus siap dengan konsekuensi bahwa. Azab Allah SWT itu 1000 kali lebih pedih dari hukuman yang ada didunia.

2. Perbaiki niat dari dalam diri.

Terkadang saat otak sudah sedikit demi sedikit memahami mengenai konsep “kenapa kita harus shalat?”. Memahami saja belum lah cukup. Untuk memantapkannya tanamkan niat dalam hati sekuat kuatnya. Karena jika ditanam dengan ala kadarnya. Besok besok kita masih akan lalai. Mengulangi perbuatan yang sebelum sebelumnya pernah kita buat. Perbaiki lah niat dengan sesungguhnya. Minta kepada Allah SWT untuk mengunci niatmu. Karena jika tidak dengan pertolongannya. Mustahil juga untuk dilakukan

Niat karena Allah. Sesungguhnya tidak ada kekuatan dan dzat yang patut disembah kecuali Allah. Semua yang ada didunia ini tunduk atas kekuasaan-Nya. Cukuplah Allah sebagai pelindung. Hubungkan semua kehidupan anda dengan sang pencipta. Ini merupakan cara ampuh memantapkan niat benar benar dari dalam hati. Sering sering hindari penyakit hati. Bersihkan hati dengan tameng berpikir positif dan menjalani hal hal yang diperintahkan. Berusahalah membangun niat. Saat mulai melenceng atau lalai. Ingat niat yang susah payah sudah kita bangun sebelum nya.

3. Pahami tinjauan hukum jika lalai menunaikan ibadah shalat

Hukum yang sudah ditetapkan oleh Allah SWT sangat berbeda jauh dengan hukum yang mungkin pernah kalian lihat di bumi ini. Satu satunya hukum yang paling adil dan masuk akal. Ingat sifat Allah yang maha adil dan pemurah dalam memberlakukan hukum untuk hambanya.

Bahwa 1 kebaikan akan dibalas dengan 1 milyar kali kebaikan didalamnya. Namun jika membuat 1 kerusakan akan azab Allah sangat pedih.

Jika kalian ingin tau persepsi mengenai azab ini ? Mari kita simak sedikit. Apa yang akan terjadi jika tangan kalian terkena api ? Sakit ? Ya begitu rasa sakitnya. Itu baru api yang ada didunia. Jika dikaitkan dengab azab api yang ada diakhirat itu sumbernya terbuat dari batu. Jika batu tersebut yang hanya sebesar biji dzarah dibawa ke bumi niscaya bumi akan hancur lebur. Itu baru panas dalam skala kecil. Bagaimana jika kalian dicampakkan di lautan api diakhirat. Kalian akan merasakan sakit yang luar biasa.

Itulah memang hukum yang akan diterima jika kalian lalai dalam menjalankan sholat. Namun tenang saja dan jangan takut. Jika sanggup untuk mengerjakan semua perintahnya. Balasan nya lebih berkali kali lipat. Inilah alasan untuk menjadikan kita untuk tetap taat menjalankan ibadah sholat 5 waktu.

4. Melatih diri

Nah kesemua poin diatas jika sudah dilakukan maka langkah selanjutnya adalah dengan melatih diri. Ada beberapa orang bilang solat itu merupakan kebiasaan. Dan iya bisa dibilang jika sudah terbiasa. Tubuh akan secara ringan berdiri dan melaksanakan solat. Bahkan jika sudah terbiasa bila tidak melakukan 1 waktu saja dalam solat maka terasa seperti ada yang mengganjal didalam hidup. Tak elok rasanya jika meninggalkan 1 waktu didalam solat.

Ini prinsip bagi tubuh manusia. Bisa melakukan karena terbiasa. Lakukan tahap demi tahap jika anda belum bisa penuh. Lakukanlah secara perlahan karena perubahan tidak bisa dilakukan secara instan dan cepat. Latih setiap hari dengan banyak mengenal diri dan keagungan Tuhan yang maha esa. Jika sudah bisa kemudian latih untuk ke mesjid. Ini wajib bagi para laki laki khusunya. Karena solat berjamaah di masjid itu lebih banyak manfaatnya.

5. Persiapkan Diri 1 Jam sebelum masuk waktu Sholat

Terkadang banyak sekali orang yang menyepelekan hal ini. Namun karena lalai menyiapkan waktu untuk solat 1 jam sebelumnya. Pada saat itu ia dibanyakan oleh pekerjaan yang semakin menumpuk. Hingga pada akhirnya pekerjaan menjadi tanggung dan melanggar waktu shalat. Ini banyak sekali dialami oleh mereka yang sering bolong waktu solatnya. Karna sudah terbiasa melakukan pekerjaan di jadwal masuknya waktu sembahyang.

Hindari semua pekerjaan 1 jam sebelum masuknya waktu sembahyang anda. Buat jadwal dan atur alarm jam anda untuk mengingatkan perkara ini, Jangan pernah takut jika pekerjaan tidak selesai. Karena beribadah lebih penting dari segalanya. Dengan Ibadah otak anda bekerja 100 kali lebih maksimal dari biasanya. Jadi secara logika anda lebih bisa cepat menyelesaikan semua perkara dunia. Karena selain berkah kemudahan akan selalu menyertai orang orang yang dekat dengan Tuhannya.

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Pengetahuan Adalah Kebebasan Dan Ketidaktahuan Adalah Perbudakan.

Leave a Comment