TipsTrick

6 Cara Ampuh Mengendalikan Emosi Yang Tidak Terkontrol

Setiap orang selalu terhubung dengan Aktivitas Emosionalnya. Setiap hari setiap waktu bahkan dimana dan kapan saja kita selalu tersambung dengan yang namanya emosi. Emosi dapat kita bagi menjadi 2 yakni emosi positif dan emosi negatif. Perasaan emosi ini terkadang selalu mengikuti keadaan pikiran seseorang. Emosi bisa dipengaruhi pada saar pikiran kosong ataukah sedang memikirkan sesuatu.

Sebenarnya tidak ada emosi yang berbahaya. Yang berbahaya itu jika kita tidak punya kemampuan untuk mengontrol emosi emosi tersebut. Jangan sampai pada suatu keadaan anda akan malu jika tidak bisa mengontrol emosi ini. Terkadang ada beberapa orang yang sering memancing emosi seseorang untuk tujuan tujuan tertentu. Disinilah letak poin yang harus anda jaga agar terhindar dari berbagai macam hal yang tidak diinginkan. Apalagi hal tersebut menyangkut dengan kehidupan yang paling penting.
Perasaan marah dan takut termasuk kedalam kategori emosi manusia. Perasaan ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai keadaan kondisi dan lingkungan sekitar. Emosi ini labil dan cenderung tidak tetap jika tidak pandai dalam mengatasinya. Selain kondisi dan lingkungan banyak juga faktor lain mengenai pengaruh emosi dalam diri ini. Bisa dari faktor makanan dan minuman.
Rasa sakit yang timbul akibat perubahan emosi ini membuat diri menjadi tidak stabil. Yang kemudian berdampak kepada aktivitas sehari hari yang mengganggu anda. Jelas emosi yang tidak terkontrol dapat membuat perubahan buruk didalam diri. Menjadikan hari hari anda menjadi berbeda tidak seperti biasanya.
Cara Ampuh Mengendalikan Emosi

Benarkah Mengendalikan Emosi Merupakan Kunci Kesuksesan ?

Mungkin beberapa dari teman teman sekalian sering mendengar pernyataan ini mengendalikan emosi adalah salah satu kunci sukses seseorang benarkah ?  Ini penjelasan sebenarnya. Orang orang sukses didiunia sering mengaitkan kunci kesuksesan didalam hidup adalah pintar dalam mengendalikan emosi yang ada pada diri sendiri. 
Musuh terbesar yang selalu menghambat kita untuk bahagia. Ataupun menjadi orang yang sukses seperti yang kita inginkan adalah emosi.Jika diamati dengan seksama kaitan antara rasa bahagia atau rasa sakit yang membelenggu didalam diri ya karena emosi. 
Apapun hasil akhir yang menggambarkan diri anda setelah mendapatkan perubahan emosi maka akan menentukan aktivitas dihidup anda berikutnya. Jadi jelas emosi juga merupakan kunci keberhasilan menggapai apa yang selama ini anda cita citakan.

Tinjauan Emosi Dari Sisi Agama Dan Kitab

Didalam agama pasti kalian telah belajar sedikit banyak mengenai pengendalian emosi. Dan setiap agama juga mengajarkan untuk mengendalikan emosi. Khusus pada agama islam didalam alkitab sendiri telah menyinggung banyak mengenai perkara emosi. Bahkan salah satu golongan orang yang termasuk kategori emosi adalah oarang tidak bisa menahan amarahnya.
Jika didalam agama telah menyinggung mengenai ini. Kalian bisa membayangkan betapa buruknya diri jika tidak mengikuti apa yang telah diajarkan oleh agama tersebut. Emosi yang tidak terkontrol dan meledak ledak merupakan salah satu perbuatan syaitan yang terkutuk.
Jangan sampai kita terikut dengan hasutan hasutan syaitan yang dapat menjerumuskan anda kelembah yang paling hina didunia ini. Untuk ayatnya sendiri kalian bisa langsung searching di google. Disana banyak sekali ayat ayat alquran atau kitab kitab lainnya yang membahas mengenai emosi.

Dampak Emosi Bagi kesehatan Tubuh

Selain buruk tinjauan dari sisi agama. Juga dampak emosi bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh. Jika anda adalah orang tua dari seorang anak. Melihat anak kalian yang tidak bisa mengendalikan emosi ini. Sebaiknya cepat bergegas dan cari solusi sebelum anak kita mengalami gangguan mental yang luar biasa. 
Selain gangguan mental penyakit penyakit lain bisa muncul dengan sendirinya akibat pengaruh emosi ini. daftar penyakit yang bisa menyerang tubuh karena gangguan emosi : Ginjal, Sakit maag, Penyakit paru-paru, Sakit punggung, Sakit pinggang, Penyakit jantung, Kanker, Diabetes, Hypertensi, Obesitas Dan masih banyak lagi penyakit penyakit yang lain.
Menurut penelitian. setiap penyakit berbeda beda bentuk dan kondisinya tergantung mereka yang mengalami tersebut dilingkungan banyak mendapat perngaruh apa. Dan keseluruhannya itu berasal dari satu penyebab besar yaitu emosi. 
Jelas yang mematikan ini sebenarnya bukanlah penyakitnya namun yang mematikan ini adalah penyebabnya. Jika kalian adalah orang tua yang memiliki anak. Segera beri beberapa nasehat positif mengenai pentingnya menjaga stabilitas emosi didalam kehidupan sehari hari.
Nah berikut beberapa trik dan tips  bagi kalian yang sampai saat ini masih belum bisa mendapat kontrol emosi dari dalam diri. Metode ini cocok bagi pemula yang memang masih memiliki kondisi emosional yang labil dan tidak terkontrol.

Cara Ampuh Mengendalikan Emosi Yang Tidak Terkontrol

1. Dekatkan Diri Dengan Tuhan

Salah satu cara ampuh dan manjur untuk mengendalikan emosi adalah dengan cara mendekatkan diri kepada Tuhan. Bila kita mengenal sang pencipta hubungan emosional tentang spritual bisa terbangun secara pelan pelan. Mengenal sang pencipta berarti tunduk dan menjalankan semua perintahnya dan menjauhi semua larangannya.
Jika kalian diminta untuk menjauhi semua emosi negatif maka ingatlah itu merupakan suatu perintah Tuhan yang harus kalian ikuti. Bukan karena apapun atau hal apapun karena Sang pencipta tau apa yang terbaik buat manusia. Dan seluruh perintahnya itu baik bagi manusia.
Karena itu kendalikan emosi bukan karena itu merupakan kemauan anda. Namun kendalikan emosi karena disuruh oleh sang pencipta. Cara ini merupakan jalan pintas bagi kalian yang saat ini masih belum bisa mengendalikan emosi.

2. Buang Pikiran Negatif 

Terkadang saat berada dikondisi tertentu seseorang sedang diuji baik itu rasa takut ataupun amarah. Saat menerima perlakuan yang tidak enak atau tidak menyenangkan dari orang lain. Pikiran negatif akan muncul.  Contohnya pada saat anda dibully oleh teman kerja atau teman sekolah. 
Yang berada dipikiran adalah sesuatu negatif seperti. Rasa malu saat dicemooh. Merasa menjadi manusia paling lemah. Merasa hidup yang ia miliki sangat buruk dan lain lain. Satu satunya hal untuk menghantikannya adalah dengan marah kepada orang yang berbuat semena mena terhadap dirinya. Walhasil emosi pecah dan tidak terhindarkan lagi.
Untuk hal ini sangat banyak sekali terjadi. Padahal cara mengatasinya sangat simpel buang saja pikiran negatif, Arahkan dengan cepat pemikiran yang positif maka dengan seketika kepala yang panas. Akan berubah menjadi dingin.

3. Melatih Untuk Menenangkan Diri

Nah untuk poin selanjutnya adalah dengan cara latihan. Pengendalian emosi juga tidak semerta merta kalian dapatkan begitu saja. Terkadang harus melalui proses latihan yang rutin. Latihan ini pun tidak bisa dilakukan hanya 1 atau 2hari saja. Melainkan harus setiap hari.
Cara ampuh untuk melatih menenangkan diri ini bisa kalian lakukan dengan meditasi ataupun yoga. Cara ini lebih meningkatkan kinerja otak dan menurunkan tingkat emosional yang berlebihan. Lakukan ini setiap hari agar diri selalu merasakan ketenangan yang luar biasa.
Jika hal ini dilakukan hampir setiap hari kalian akan menemukan fill yang semakin kuat dan dapat menerapkannya kekehidupan sehari hari agar menjadi lebih baik.

4. Lakukan Doa Dan Dzikir (Mengingat Tuhan)

Orang yang teruji kehebatannya dalam mengatur kadar emosinya adalah orang yang paling banyak mengingat Tuhan. Jika kita amati dengan seksama Dzikir ataupun amalan doa yang anda panjatkan kepada Tuhan yang maha Esa dapat megatur kestabilan emosi yang sedang memuncak.
Semua hal akan kalah dengan prinsip ilmu dan logika ketuhanan. Ini membantu pemikiran yang membelenggu anda bisa langsung dialihkan pada pemikiran dan hal hal positif. Sedangkan untuk membuang segala macam bentuk tindakan emosi harus dimulai untuk membuang pikiran negatif
Salah satu cara selain dari poin 1 tadi cara ini juga dipercaya sebagai trik untuk mengalihkan fokus negatif yang anda miliki tadi. Lalu merubahnya menjadi kekuatan yang positif.

5. Pandai Dalam Melihat situasi

Katakanlah Keempat poin diatas sudah berhasil anda kuasai. Namun jika dipoin kelima ini anda tidak melakukannya rasanya percuma saja. PAndai melihat situasi ini dimaksudkan untuk jeli dalam menilai hal hal apa saja yang akan datang sesuai logika dan analisa diri tentunya.
Contoh pada saat kalian melihat situasi menjadi tidak terkendali. Sebaiknya untuk cepat meninggalkan tempat dan segera meninggalkan orang yang menjadi penyebab munculnya emosi yang tidak terkontrol nantinya.
Jangan menunggu atau menahan apapun pada saat kalian mulai menerima perlakuan yang tidak enak. Biarkan saja orang tersebut malu dan capek sendiri. Saat mereka yang membuat perlakuan tidak menyenangkan sama sekali tidak mendapatkan perlayanan atau feedback terhadap apa yang mereka berikan kepada kita.

6. Kalahkan seluruh emosi dengan semangat positif

Terkadang menurut beberapa penelitian melakukan keseharian atau aktivitas dengan semangat merupakan hal yang dapat menimbulkan hal positif juga bahkan setiap harinya dalam hidup. setiap pancaran hal negatif dengan mudah ditepis oleh semangat positif.
segala bentuk atau macam perilaku yang negatif secara tidak sadar akan otomatis bisa ditekan dengan perilaku yang positif . Semangat pantang menyerah juga merupakan tindakan yang memunculkan kekuatan yang tidak terkalahkan.
Karena itu siapapun tidak akan bisa mengalahkan orang yang memiliki semangat yang tinggi dan semangat pantang menyerah. Jika orang tidak bisa menyentuh apalagi hanya dengan pikiran negatif.

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment