Tutorial Blog

Cara Menghapus Broken Link Blog & Memperbaiki Link Rusak (Not Found)

Saya sempat bingung ingin menjelaskannya kepada teman teman mengenai masalah broken link di blog. Karena ada begitu banyak hal yang ingin saya sampaikan mengenai broken link ini. Kalau kita lihat di internet sekarang ini mungkin sudah banyak yang membahas tentang broken link. Namun tidak satupun yang menjelaskannya secara lengkap bagaimana cara menghapus broken link yang benar. Sebelumnya saya sempat ingin membagikan postingan dari kemarin. Namun akibat belum sempat. Maka ada sedikit waktu yang saya sempatkan mengenai pembahasan cara menghapus broken link pada blog. Walau ini akan sedikit panjang. Tolonglah dengarkan saya memberikan penjelasan secara rinci dan akurat tentang materi ini.

Cara mengatasi broken link pada blog ada begitu banyak macam cara. Tetapi disetiap eror akan menanggulanginya dengan cara yang berbeda pula. Oleh sebab itu untuk cara mengatasi broken link ini perlu sekali untuk diperhatikan karena akan membawa dampak buruk bagi kesehatan blog. Sebenarnya ada dua cara untuk mengatasi ini yang pertama adalah cara memperbaiki broken link dan yang kedua adalah dengan cara dihapus. Kalau agan sekalian tidak menginginkan dihapus setidaknya ada cara untuk memperbaikinya.

Memperbaiki broken link di platform wordpress maupun blogger. Saya rasa sama saja diantara keduanya. Kalau di wordpress ada plugin otomatis untuk mendeteksi link 404 atau yang biasa disebut dengan istilah Not Found. Kalau di blogger kita harus membutuhkan sebuah tools yang memudahkan dan otomatis juga cara kerjanya. Di internet juga ada begitu banyak tools yang bertebaran. Namun kalau saya pribadi biasanya menggunakan brokenlinkchecker yang biasa orang gunakan.

Website brokenlinkcheck ini cukup akurat dan terbukti bisa scan full atau penuh seluruh link yang ada pada website kamu. Sehingga ia bisa mendeteksi jenis link yang rusak maupun link yang aktif yang bisa di scan dalam sekali klik. Ada dua cara yang ingin saya bagikan disini. Yang pertama penggunaan website brokenlinkcheck dan yang kedua penggunaan plugin di browser google chrome.

Setelah melakukan beberapa riset, akhirnya saya akan membuat untuk edisi lengkap cara cek broken link di blog, cara mengatasi broken link pada blog dan cara menghapus broken link pada blog. Tolong disimak cara pemecahan masalah ini. Kali ini admin jagoankode langsung akan membahas total materi ini. Ayo saya bahas mulai dari sini.

Cara MengeCek Broken Link Blog

Buat sobat yang belum mengetahui cara cek broken link pada blog. Caranya cukup mudah, Tinggal menggunakan website brokenlinkcheck disana sudah lengkap. Tetapi agar afdol, akan saya praktekkan juga disini. Cek caranya sebagai berikut.

1. Buka Website Broken Link Checker. Atau Bisa Diakses dengan Klik DISINI.

Cara MengeCek Broken Link Blog

2. Isi Url Blog Kamu Dan Juga Chaptcha (Security Code).

3. Scan dengan Klik Find Broken Links Now!

4. Akan Keluar Result Setelah Statusnya Complete.

5. Selesai

Cara Menghapus Broken Link

Apabila terdapat beberapa error biasanya akan keluar seperti hasil table berikut dibawah ini.

Cara Menghapus Broken Link

Untuk cara mengatasi link yang rusak ini sangat mudah. Berikut saya jelaskan terlebih dahulu mengenai hasil error yang dihasilkan seperti tabel brokenlink diatas.

Umumnya disana terdapat 2 jenis error yaitu Page Where Found dan Server Response.

Jenis error ini harus kalian ketahui terlebih dahulu.

Broken Link
Daftar Link Yang Mati Alias Tidak Bisa Di Akses.

Page Where Found
Berarti adalah tempat dimana eror pada laman yang menghasilkan broken links. Dibuatnya menu ini untuk memudahkan pengguna dalam mencari url yang mati terdapat di halaman artikel yang mana.

Server Response
Hasil respon server. Umumnya ada 2 jenis yaitu 404 dan Bad Host. 404 berarti url tidak tertuju alias url tersebut tidak pernah diterbitkan oleh url blog tersebut. Kalau Bad Host adalah url yang sebelumnya ada, tetapi sudah mati karena gangguan pada hosting dan juga domainnya yang tidak bisa diakses. Biasanya bad host terjadi ketika masa aktif domain atau hosting sudah masa tenggang. Alias Expire.

Cara Menghapusnya :

  1. Klik Tab URL Dan Langsung Tertuju Pada Artikel Sobat.
  2. Cari Artikel Tersebut di Dashboard Blogger Kalian Masing Masing.
  3. Edit Artikel Tersebut.
  4. Cari Link Pada Tab Broken Link Yang Menunjukkan Link Mati (Terdapat di Artikel Tsb).
  5. Remove Link Tersebut (Hapus Linknya).
  6. Simpan.
  7. Selesai.

Cara Memperbaiki Link Rusak 404 (Not Found) Diseluruh Artikel Blog

Ada 2 cara, bisa dengan dihapus. Atau dengan cara diperbaiki dengan link yang baru (LINK AKTIF DAN BISA DIAKSES). Untuk cara menukar link tersebut cukup mudah. Tinggal di ikuti panduan dan langkah langkah berikut.

  1. Klik Tab URL di Brokenlinkchecker Tadi. Dan Langsung akan ditunjukkan Artikel Yang Terdetteksi Broken Link.
  2. Carilah Artikel Tersebut di Dashboard Blogger Kalian Masing Masing.
  3. Edit Artikelnya.
  4. Lalu Cari Link Brokenlink yang ditunjukkan BrokenLinkChecker Tadi di Artikel Sobat.
  5. Ubah Link yang Mati Tadi, Menjadi link Baru yang aktif dan bisa diakses.
  6. Simpan dan Publikasikan.
  7. Selesai

Broken Link Pada Blogger Profile Komentar

Adapun beberapa jenis broken link pada profile komentar blog. Sehingga memunculkan error blogger profile seperti yang saya lampirkan dibawah ini.

Broken Link Pada Blogger Profile Komentar

Jenis Error yang ini mengatasinya cukup mudah untuk teman teman yang belum mengetahui.

Eror tersebut terjadi ketika si pemilik akun blog tadi berkomentar di blog anda. Lalu ia menghapus blog sekaligus akunnya. Sehingga akan muncul error seperti digambar.

Cara mengatasi ini cukup mudah.

  • Klik Url Untuk Mengetahui Letak Artikel Yang Terjadi Broken Link Di Komentar.
  • Cari Link Yang Mati Tersebut Atau Bisa Memerlukan Plugin Broken Link Checker.
  • Install Plugin Broken Link Cheker (Menggunakan Browser Google Chrome).
  • Klik Disini Untuk Menginstal.
  • Setelah Berhasil Menginstall, Bisa digunakan Dengan Klik Logo/Icon A di Pojok Kanan Atas.
Cara Memperbaiki Link Rusak 404 (Not Found) Diseluruh Artikel Blog
  • Maka Pada Bagian Artikel tsb. Akan di Scan Otomatis Menggunakan tambahan Plugin ini.
  • Untuk cara menghapusnya cukup mudah. Setelah scan berhasil dilakukan. Lihatlah eror yang dihasilkan. Akan Muncul Error status 404 Yang Wajib Dihapus.
  • Hapus Komentar Tersebut Secara Permanent. (Kalau Ada Balasannya Maka Hapus Juga Untuk Balasan Komentar Turunannya).
  • Selesai.

Kesimpulan

Jadi kira kira mungkin begitulah untuk cara memecahkan permasalahan broken link pada blog kita. Untuk kelengkapan dan kekurangannya bisa anda sampaikan melalui sesi komentar dibawah. Untuk materi brokenlink saya rasa hanya beberapa hal diatas saja yang perlu diperbaiki. Kalau agan mempunyai eror lain kurang lebih caranya biasa akan sama dengan yang saya praktekkan diatas tadi. Apabila ini membantu silahkan kalian beritahu teman yang lain untuk memperbaiki broken link atau link yang bermasalah di blog anda. Demikianlah artikel ini yang berjudul “Cara Menghapus Broken Link Blog & Memperbaiki Link Rusak (Not Found)“. Semoga membantu dan selamat mencoba 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Pengetahuan Adalah Kebebasan Dan Ketidaktahuan Adalah Perbudakan.

Leave a Comment