TipsTrick

Menjadi Diri Sendiri Apa Adanya? Mudah Lakukan 10 Cara Ini

Pernahkah sejenak kalian berfikir bahwa sekarang ini diri anda adalah cerminan terhadap diri orang lain ? Jika iya maka sekaranglah waktunya untuk beralih untuk menjadi diri sendiri seutuhnya tidak dibuat buat dan apa adanya. Sakit rasanya jika kita memaksakan menjadi orang lain demi dilihat dan disukai oleh orang banyak. Banyak sekali orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sekarang sedang dibelenggu dengan yang namanya MIRROR yakni cermin terhadap perilaku orang yang menjadi icon dan kalian contoh setiap harinya. Terima kenyataan saat ini bahwa ANDA bukanlah MEREKA. Harus kita akui manusia memiliki kemampuan khusus seperti berkamuflase tingkah laku, gaya bicara, dan pola pikir yang dapat meniru siapapun. Secara tidak langsung apa yang dilihatnya menurutnya keren dan ingin menjadi seperti apa yang dilihat. Bisa dengan mudah dilakukan.

Kalian pasti banyak sekali menjumpai orang yang dari awal kalian kenal baik, tidak sombong dan sellau ramah serta rendah hati. Seketika berubah menjadi seperti bukan orang yang anda kenal layaknya teman yang sebelumnya anda kenal dulu. Perubahan ini bukan semerta merta karena kemauannya. Bisa jadi karena beberapa faktor dan keadaan yang mengharuskan mereka untuk menjadi seperti demikian.Kita tidak boleh 100% mengklaim mengjudge dengan sesuka hati. Karena jika anda tidak tau pasti bahwa orang tersebut sedang dalam penyamaran ataukah tidak. Inilah letak sisi lain dari manusia. Kita bisa tidak mengenalinya dengan baik. Jika hanya melihat dan mengenalnya dari kulit luarnya saja.

Menjadi Diri Sendiri

Sedangkan untuk mengenal lebih dalam. Kita harus terlebih dahulu menjadi sahabat atau kerabat dekat, Untuk mengetahui apakah ia memang berubah ataukah hanya menyesuaikan kondisi saja. Orang orang seperti ini ialah orang yang tidak bisa mengenal dirinya lebih lanjut. Ataukah ia memang punya kemampuan khusus. Sejauh yang kita tahu selama mereka mencoba menjadi diri orang lain pasti akan menimbulkan ketidaknyamanan. Apalagi mengenai hal hal yang tidak ia sukai menjadi bagian dari dirinya yang lain. Rata rata orang yang suka menjadi diri orang lain adalah orang yang takut diejek oleh orang lain. Dan takut untuk tidak punya teman. Demi tujuan ini mereka selalu menyembunyikan sifat asli. Bagi kalian yang masih suka seperti ini tidak ada baiknya sama sekali karna akan menimbulkan banyak hal negatif dan hal hal yang tidak diinginkan

Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya cobalah lakukan langkah ini agar anda dapat menjadi diri sendiri seutuhnya dan tidak ada campur tangan tentang perilaku orang lain. Penasaran mari langsung saja simak ulasannya berikut ini :

Cara Menjadi Diri Sendiri Seutuhnya Dan Apa Adanya

Menjadi diri sendiri juga bukanlah hal yang mudah. Apalagi bagi kalian yang masih suka mencoba menjadi diri orang lain pada waktu waktu tertentu.Masih ragu untuk dijauhi orang dan takut untuk dibully oleh orang lain. Karena itu cobalah cara ini untuk bisa menekan keluarnya sifat sifat orang lain.

1. Cobalah untuk mengenali diri

Tak elok rasanya jika manusia tidak mengenal dirinya sendiri. Mengenal diri berarti mengenal sang pencipta. Dengan cara ini kita bisa dapat mengenal diri menjadi lebih dekat. cobalah untuk membayangkan dan menggambarkan sebuah imajinasi tentang

  • Siapa sebenarnya saya
  • Kenapa saya terlahir kedunia
  • Apakah saya yang punya tubuh ini
  • Saya lahir mengapa harus dari keluarga ini
  • Apa tujuan saya datang ke dunia ini
  • Setelah hidup yang panjang ini saya akan kemana ?

Mungkin dengan melakukan simulasi tentang semua penggambaran ini didalam otak. Maka diri lebih terbuka dan bisa mengaktifkan pikiran bawah sadar yang selama ini tertidur lama di tubuh anda.

2. Cobalah untuk mengendalikan emosi

Semua hal tidak akan selesai bila dilakukan dengan emosi. Untuk itu bagi kalian cobalah sejenak untuk bisa mengendalikan emosi terlebih saat mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari orang lain. Saat kalian mencoba untuk menjadi diri sendiri yang apa adanya itu cobalah untuk melakukan latihan kebal terhadap serangan serangan bully yang mematikan. Karena jika kalian bisa tidak terpengaruh berarti kendali emosi anda sudah baik. Namun jika masih terpancing emosi pelatihan untuk mengendalikannya harus lebih ditingkatkan.

3. Tunjukan Bahwa kalian bisa lebih unggul dari mereka

Terkadang bila seseorang mencaci memaki menghujat apa yang kita punya itu tandanya mereka belum mengetahui siapa kita sebenarnya. Sesekali tunjukanlah bahwa kita mampu menyelesaikan apapun yang tidak mereka bisa. Menunjukan semua prestasi prestasi terbaik kita. Hanya dengan cara ini mereka akan menyadari pentingnya untuk menjadi diri sendiri. Karena hakikatnya menjadi diri sendiri itu 100 kali lipat lebih kuat dibanding saat anda mencoba untuk menjadi orang lain. Karena menghindari sesuatu.

4. Berhenti Untuk Memikirkan Tanggapan Orang Lain.

Komentar dan tanggapan terkadang dapat membuat mental seseorang menjadi down. Akhirnya orang yang dibully mendapat penyakit dan trauma mental akibat perbuatan ini. Virus negatif yang ditimbulkan oleh kata orang ini sangat berbahaya sekali. Untuk itu mulai saat ini berhentilah memikirkan apa kata orang lain. Dengarkan saja apa yang menurut anda benar. Karena Ini merupakan hidup anda. Yang menjalani kehidupan anda. Susah dan senang hanya anda yang tahu. Tak ada waktu untuk memikirkan tentang omongan orang lain. Karena apapun yang mereka katakan jika kalian berkata TIDAK maka hal tersebut memang tidak bisa dilakukan. Sebab yang bisa menggerakan diri anda adalah anda sendiri bukan orang lain.

5. Jadikan Kelemahan Sebagai Sumber kekuatan 

Banyak orang salah kaprah mengenai kelemahan. PErsepsi bahwa kelemahan mereka adalah seseuatu yang benar benar harus diperbaiki. Coba perhatikan dengna benar apa yang menjadi kelemahan anda selama ini. Bisa jadi kelemahan anda itu merupakan kekuatan yang sebenarnya yang tak pernah dimiliki orang lain. Jangan langsung menghakimi apa yang kalian punya itu semuanya buruk. Saya rasa kalian hanya kurang analisa dan tinjauan saja. Karena terlalu banyak pikiran negatif yang lebih mendominasi diri akibatnya timbul hal hal yang harusnya itu merupakan kekuatan. Anda Vonis menjadi sebuah kelemahan.

6. Buanglah Pikiran Negatif Jauh-Jauh

Semua hal yang berbau negatif tidak ada yang baik. Semua ini merupakan virus paling berbahaya yang dapat mengikis mental kalian secara perlahan. Penyakit mental jika sudah menyerang sangat sulit sekali untuk menghilangkannya. Karena penyakit ini biasanya terhubung langsung dengan pikiran alam bawah sadar. Satu satunya cara adalah dengan latihan dan meditasi sesering mungkin dan selalu melatih untuk memasukan doktrin pikiran pikiran positif

7. Ikuti Kata Hati

Terkadang pikiran tidaklah selalu benar. Kita harus juga mempertimbangkan apa yang menjadi pertimbangan hati. Itulah alasan mengapa pikiran dan hati harus sejalan. Ikutilah intuisi yang menurut anda benar, Yang menurut keyakinan anda benar. Apa yang diyakini tentunya berdasarkan pengalaman dan proses analisa yang panjang. Karena itu jangan pernah berpaling dari apa yang diyakini. Karena akan menimbulkan ketidakpuasan diri yang menyebabkan anda terpaksa menjadi orang lain karenanya.

8. Berdamailah Dengan Diri Sendiri

Nah untuk kasus ini banyak sekali yang pada akhirnya gagal saat mencoba menjadi diri sendiri. Karena apapun yang mereka buat tidak pernah bisa berdamai dengan dirinya sendiri. Terkadang melakukan hal yang terpaksa pun sesekali harus kita lakukan. Namun hanya jika kita berada di titik tertentu saja ya. Karena jika dilakukan secara berlebihan maka anda tidak akan lagi bisa mengenal diri anda. Lupa siapa diri anda sebenarnya. Untuk itu setiap tindakan yang anda lakukan baik itu yang disuaki ataupun tidak disukai usahakan untuk berdamailah dengna diri sendiri.

9. Cobalah Untuk Berteman Dengan siapapun

Berteman pada prinsipnya tidak boleh pilih pilih. Dengan bentuk sifat seperti apapun dan tingkahlaku yang buruk sekalipun kita juga harus berteman. Karena pada dasarnya berteman bisa dengan siapa saja. Namun untuk menjadikan mereka sebagai teman yang paling dekat dengan kita haruslah melalui pilihan yang matang tentnunya. Pilihlah teman yang bisa diajak susah dan senang bersama. Selain itu Carilah teman dekat yang untuk dijadikan sahabat yaitu orang yang memiliki hobi dan tingkah laku yang sama. Karena akan banyak hal yang dapat dibicarakan saat ada masalah.

10. Perkuat mental 

Mental merupakan hal yang paling penting agar anda dapat menjadi diri sendiri seutuhnya tidak dibuat buat dan tidak ada satupun yang dapat melarangnya. Perbaiki mental dengan menanamkan persepsi tidak ada satupun orang lain yang dapat mempengaruhi saya hanya dengan omongan bully apalagi cara cara curang untuk menumbangkan saya. Kecuali hal tersebut memang saya yang mau. Tameng mental anda dengan latihan latihan fisik dan rohani.

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment