Kesehatan

Waspada Penyakit Diabetes Yang Menyerang Balita

Kita sebagai orang tua pasti bingung apabila anak yang sebelumnya lahir sehat normal dan bebas dari penyakit. Namun kini harus menelan kenyataan pahit. Apalagi hancurnya perasaan Ibu ketika tau bahwa anaknya yang berumur belia divonis terkena penyakit diabetes.

Biasanya mungkin kalian sering sekali mendengar penyakit diabetes ini menyerang pada orang dewasa saja. Namun faktanya tidak. Diabetes dapat menyerang siapapun bahkan tidak mengenal usia. Beberapa pendapat mengemukakan bahwa penyakit diabetes ini tidak bisa disembuhkan.

Penyakit ini hanya bisa ditekan sementara. Tapi sekali lagi bahkan pernyataan ini pun bisa salah. Karena sumber penyakit adalah kekuasaan Tuhan. Dan hanya jika ia berkehendak sembuh maka segala penyakit ganas apapun bisa sembuh total.

Gejala awal yang biasa terjadi pada balita yang terkena diabetes. 

Perhatikan dengan seksama jika pada saat sebelumnya perilaku anak normal dan tidak menimbulkan kecurigaan. Maka kali ini kita harus mulai meningkatkan kesiagaan terlebih cara yang paling cepat untuk mendeteksi sebuah penyakit ialah dengan melihat perilaku nya sehari hari.

Gejala aneh bisa kita lihat jika sebelumnya mereka kerap tidak melakukan hal yang wajar atau normal seperti biasanya. Bisa kita mulai menganalisa dengan berbagai kemungkinan. Gejala awal diabetes pada balita ini adalah

Waspada Penyakit Diabetes Yang Menyerang Balita

Sering buang air kecil pada malam hari. Jika pada hari sebelumnya anak tidak seperti itu maka kali ini kita patut waspada. Buang air kecil ini sangat sering sekali bahkan dalam rentang waktu 15-30 menit sekali.

Bersamaan dengan seringnya buang air kecil. Nafsu makan si anak yang juga mulai berkurang drastis. Sehingga berat badannya turun atau susut dengan cepat. Terkadang didalam tidurnya jika sianak tidak pernah ngompol sekarang karena buang air kecil yang berlebihan anak bisa dengan mudah ngompol dicelana pada saat tidur.

Jelas ini bukanlah penyakit turun berok (hernia -red) jangan salah dalam mengenali atau mendeteksi penyakit hanya karena mereka sering ngompol dicelana. Gejala akan semakin jelas pada saat mencapai puncak seperti badan terasa panas. Tubuh terasa berat dan lemas. Wajah tampak pucat. Tidak selera melakukan aktifitas dan gampang merasa ngantuk dan lelah.

Segera Lakukan Pemeriksaan Jika Terdapat Tanda Tanda Tidak Wajar Pada Balita.

Kita tidak akan pernah tahu keadaan si anak. Jangan sampai penyakit yang dideritanya masuk kedalam kategori stadium akhir atau kronis. karena kita lambat dalam memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter.

Segera lakukan pemeriksaan awal ke rumah sakit terdekat. Ataupun konsultasi dengan dokter pribadi anda. Dengan menyampaikan beberapa gejala diatas. Dokter pasti sudah tahu bahwa itu merupakan serangan penyakit diabetes.

Jika itu memang gejala dari diabetes. Silahkan lakukan serangkaian tes pemeriksaan darah. Perlu untuk diketahui kadar gula darah yang normal pada anak hanya berkisar pada angka 70-140 saja. Jika lebih dari itu maka sudah dapat dipastikan bahwa kadari gula sangat tinggi apalagi mencapai angka 200-250.

Itu belum lagi pada saat mereka mengkonsumsi makanan-makanan manis. Terkadang bisa mencapai angka hingga 300. Nah jika sudah positif terkena penyakit diabetes maka Kita sebagai keluarga pun harus membantu mengingatkannya untuk pola hidup sehat bahkan setiap detik.

Baca Artikel : Cara Tepat Menangani Balita Yang Terkena Penyakit Diabetes

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment