Hosting Wordpress

5 Penyebab Situs Website Anda Tidak Bisa Diakses

Hai sobat sekalian, disini saya akan berbagi sedikit pengalaman terkait situs website yang terkadang tidak bisa diakses. Ternyata disamping website tidak bisa dibuka, ada terjadi kesalahan yang terdapat di website kita yang wajib kita ketahui. Beberapa waktu yang lalu, situs jagoankode juga mengalami down sementara akibat beberapa masalah. Masalah – masalah kecil seperti ini, akan berdampak buruk bagi indeks dan pengunjung blog serta ranking artikel kita di google. Perlu kalian ketahui, bahwa jika kita memiliki hosting dan domain sendiri, itu berarti kita harus pandai mengelola serta membersihkannya setiap hari.

Biasanya penyebab utama website yang tidak bisa diakses, bisa jadi kapasitas ataupun file file bentrok yang dapat membuat website kita sendiri error hingga tidak dapat diakses. Hal – hal seperti ini sudah sering terjadi di kalangan masyarakat termasuk saya sendiri. Sempat kaget mengalami kejadian seperti ini, namun mau tak mau harus kita atasi dengan tanggap.

Dulu saya sempat menggunakan platform blogger, itu enak banget karena tidak mengalami hal hal semacam ini. Namun, setelah saya melakukan migrasi ke hosting sendiri, saya menemukan banyak masalah yang susah untuk dipecahkan. Pernah saya bahas dibawah ini.

Baca Disini : Pengalaman Migrasi Dari Blogger Ke WordPress Self Hosting.

Sebelum memperbaikinya, kamu wajib mencari referensi yang pas sesuai kendala di google. Hal yang saya alami ini, biasanya akan sama seperti orang orang lain yang menggunakan hosting sendiri. Disini saya membangun website dengan wordpress self hosting. Buat teman teman yang menggunakan platform lain seperti joomla, kurang lebih akan sama seperti ini ulasan singkatnya.

Penyebab Website Tidak Dapat Di Akses

Karena berhubung kendala orang berbeda beda. Ada yang eror disaat baru memulai membuat website, dan ada juga yang eror disaat di tengah jalan. Ditengah jalan maksudnya adalah sebelumnya baik baik saja dan tidak pernah seperti ini. Biasanya mungkin masalah kamu ada di poin poin berikut ini, silahkan di analisa dengan baik masalah yang sesuai dengan website anda.

Penyebab Situs Website Tidak Bisa Diakses
Penyebab Situs Website Tidak Bisa Diakses

Ini khusus yang menggunakan platform wordpress self hosting.

1. Plugin WordPress Bentrok

Masalah ini sering terjadi di semua pengguna wordpress. Termasuk saya sendiri pernah mengalami permasalahan seperti ini. Biasanya setelah anda menginstall plugin baru, kemudian terjadi kendala seperti website langsung blank/putih. Untuk masuk ke wordpress adminnya saja sulit, dan biasanya sih masih dapat masuk ke wp adminnya. Hal yang biasa saya lakukan adalah dengan menghapus plugin terakhir yang sobat install.

Kalau tidak dapat menghapus plugin lewat wp admin, maka sobat harus menghapus plugin lewat cpanel hosting kalian. Setelah menghapus, coba akses kembali website anda, jika sudah normal berarti permasalahannya adalah pada plugin yang bentrok dengan plugin lain.

2. Hosting Terkena Malware

Yang namanya udah punya hosting sendiri, sobat akan mengalami efek yang namanya virus. Virus tidak hanya menyerang lewat komputer anda, melainkan malware juga dapat menyusup ke hosting kalian. Oleh karena itu, hati hati terhadap menginstall theme atau plugin yang nulled. Akan lebih baik untuk membeli lisensi resmi dari penjual.

Saya pernah mengalami hal ini, namun hosting saya masih dikategorikan selamat. Karena saya menggunakan shared hosting, berarti sei isinya kena semua deh jikalau satu yang kena. Tapi biasanya ini sudah tugas dari penyedia hosting untuk menghentikan aktifitas malware ini. Kamu tidak perlu khawatir, biasanya nanti juga normal kembali. Gejalanya seperti website tidak dapat diakses jangka waktu perjam di satu hari.

Misalnya, jam 8 website saya down tidak bisa diakses, kemudian bisa diakses kembali. Dan di jam jam berikutnya akan mengalami hal yang sama. Setelah saya menghubungi pihak hosting, dan memang benar hosting saya terkena malware, dan minta tolong untuk memperbaikinya hehe.

3. Trafik Overload (Kelebihan Trafik Blog)

Kelebihan trafik blog juga akan berpengaruh bagi website bisa diakses atau tidak. Terutama yang menggunakan hosting murah, pembagiannya akan membuat kita resah, sebab dipakai bersama sama. Akan lebih baik jika memang sudah penuh penyimpanannya serta pengunjung blog yang banyak. Silahkan lakukan upgrade layanan hosting anda jika memang ini kendala utamanya.

Saran saya kalau memang pengunjung blog anda ratusan ribu atau bahkan jutaan perhari akan lebih baik menggunakan VPS (Virtual Private Server). Semakin mahal harganya, maka akan semakin bagus kualitasnya, hehe.

4. Salah Edit File .htaccess

File .htaccess di hosting merupakan pengatur segala jenis perintah. Jadi sebaiknya jangan bermain untuk di area sini apabila belum menguasainya. Salah sedikit saja script yang anda letak, maka website anda akan crash alias tidak dapat diakses. Sesuai pengalaman saya sendiri, juga pernah mengalami hal ini. Hindarilah penerapan kode lewat htaccess karena bisa jadi merupakan faktor website anda menjadi tidak bisa diakses.

Gejalanya biasa akan muncul notifikasi error 500 Internet Server Error. Dan Untuk Langkah dan cara mengatasinya cukup mudah. Kalau memang sebelumnya kalian ada mengotak atik file .htaccess di hosting kalian. Maka hapuslah kode terakhir yang kalian tambahkan. Maka seharusnya, website akan berjalan normal kembali seperti semula.

5. IP Address Anda Di Blokir Oleh Server

Biasanya fitur ini dibuat oleh pihak hosting untuk menghindari hal hal attack hacking. Ada banyak sekali kejahatan di dunia internet untuk jaman sekarang ini. Seperti ddos attack, port scan, aktifitas hacking, terlalu sering meload atau refresh browser. Biasanya langsung diblokir oleh server, karena untuk melindungi hosting dari orang orang yang tidak bertanggung jawab.

Sebenarnya ini jarang terjadi, namun untuk berjaga jaga, maka konsultasikanlah kepada penyedia hosting kalian dengan cara membuat tiket. Biasanya setiap hosting ada menu tiket untuk usernya agar bisa membantu keluhan anda sekalian, termasuk kendala website yang tidak dapat diakses. Ini semua sudah menjadi tugas penyedia hosting, jadi kamu tidak perlu khawatir akan hal hal seperti ini.

Baiklah, mungkin itu saja untuk penyebab website yang terkadang tidak bisa diakses. Semoga bisa membantu anda sekalian dalam memecahkan permasalahan ini. Jangan takut dan jangan juga terlalu remeh, sebab kita tidak tahu apa yang terjadi di dunia maya. Selalu pelajari hal hal untuk merawat hosting kamu sendiri. Sekian dulu untuk artikel ini, semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa kembali.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment