Tutorial Blog

Alasan Saya Pindah Ke TLD (Top Level Domain)

Beberapa waktu yang lalu saya sempat migrasi ke tld dengan nekat. Ada beberapa alasan saya pindah ke tld yang dulunya sempat menggunakan sub domain gratisan. TLD adalah singkatan dari Top Level Domain yang kalau sobat melihat beberapa domain tld. Di akhiran nama domain seperti .com .co .net dan lain lain sebagainya. Dahulu blog ini sempat terkenal dengan akhiran blogspot di belakangnya.

Karena waktu itu, saya memang masih menggunakan hosting gratis dari platform blogger. Waktu berlalu, saya membuat keputusan untuk custom domain tld ke jagoankode.com adapun beberapa penyebab yang saya alami. Baiklah saya akan menceritakan lebih lanjut terkait alasan saya migrasi alias pindah ke domain tld.

Setelah melakukan custom tld, jujur saja aneh yang saya alami. Pengunjung blog saya malah makin meningkat. Ini mungkin disebabkan baru, saya kurang tau dampak kedepannya gimana, yang penting saya harus hati hati. Proses Custom domain ini, memerlukan pointing domain dan redirect domain yang benar. Agar sobat tidak kehilangan trafik blog serta artikel yang sudah berada di page one google.

Alasan Saya Pindah Ke TLD (Top Level Domain)

Saya sudah mempersiapkan hal ini terjadi ketika sebelum melakukan custom domain tld di blog ini. Hal hal tersebut makin meyakinkan saya untuk dapat langsung pindah ke menyingkatkan domain menjadi tld. Kenapa alasannya akan saya bahas di beberapa poin berikut ini.

1. Terkesan Lebih Professional

Jujur membangun blog dari awal itu sangatlah sulit. Mempunyai domain dengan sub domain gratis seperti tidak terkesan professional bagi orang yang melihatnya. Apalagi sudah mempunyai banyak trafik dari domain gratis, akan ada begitu banyak keraguan kita untuk pindah ke tld. Disisi lain, saya juga telah membangun brand dan produk jualan saya. Ketika orang melihat domain tld, mungkin orang akan lebih percaya dan amanah. Karena biasanya website website komersial pasti menggunakan tld sebagai media informasi mereka.

2. Lebih Fokus Dan Semangat Untuk NgeBlog

Poin kedua yaitu bisa menambah gairah yang luar biasa dalam ngeblog. Dahulu, rasanya malas sekali untuk menulis artikel di sub domain gratis, saya dahulu juga berifikir sia sia untuk ngeblog. Namun, setelah saya ambil inisiatif kuat untuk pindah ke domain tld. Kesannya lebih semangat lagi dan serius untuk menulis artikel yang rutin setiap harinya. Kalau sobat sekarang dalam posisi bingung ingin custom tld atau tidak. Alangkah lebih baik dipikirkan dengan matang dahulu, agar menghindari hal hal yang tidak di inginkan.

3. Gampang Membangun Brand

Enaknya jikalau kita memiliki domain tld adalah gampang sekali untuk membangun sebuah label merek. Saya pribadi, karena berhubung jualan juga di online. Alangkah lebih baiknya jika saya pindah ke tld agar dapat dipercaya keaslian domain tersebut. Ya namanya produk gratis dan produk berbayar, ya pasti bedalah sob. Namun kelemahan disisi lainnya adalah kita wajib membayar tagihan bulanan domain. Dan saya rasa, harga domain itu tidak begitu mahal mahal banget. Jadi wajib kalian beli jika memang perlu. Yang namanya membangun merek dan kepercayaan bukanlah sehari duahari. Melainkan bertahun tahun agar di claim terpercaya dan professional.

4. Bisa Migrasi Ke WordPress Dengan Mudah

Teruntuk yang menggunakan platform blogger. Apabila blog sudah menggunakan top level domain. Akan mudah sekali untuk migrasi ke platform wordpress tanpa kehilangan trafik. Biasanya proses ini akan memakan waktu yang lama sampai normal kembali. Bisa lebih dan bisa juga anjlok setelah mengganti platform. Saya memutuskan mengganti dan migrasi dari blogger ke wordpress melalui beberapa perimbangan. Dan pada akhirnya, blog ini juga sudah saya migrasi ke wordpress. Untuk pengunjung blog tidak ada masalah, malahan tambah naik dan silahkan kalian tentukan sendiri.

5. Saya Sanggup Menerima Resiko Setelah Migrasi Ke TLD

Yang pastinya kita harus berani menerima resiko apapun yang terjadi kedepannya. Hal ini mungkin akan orang takutkan ketika upgrade custom domain tld. Namun, nyatanya. Memang ada begitu banyak resiko yang harus sobat pertimbangkan dalam mengubah domain anda ke tld. Perlu dihindari ketika memang kalian masih canggung dan pemula dalam dunia blogging melakukan hal ini. Ini bisa berdampak fatal bagi yang tidak mengetahui tekniknya. Step by step harus dilakukan dengan benar agar tidak kehilangan trafik anda dari search engine.

Yang pastinya alasan saya pindah ke tld ini mempunyai resiko. Dan resiko itu harus saya terima ketika saya berani upgrade custom tld blog saya.

Apakah Ada Dampak Untuk Persaingan Artikel di Google ?

Dan akhir dari artikel ini saya akan menjelaskan beberapa hal penting. Yaitu apakah dampak setelah custom domain tld dilakukan ?. Inilah beberapa hal pokok yang wajib kalian ingat. Artikel saya di google yang sudah berada di page one google tidak hilang. Namun, untuk persaingan menurut saya sama saja dan tidak ada bedanya.

Hal ini sama sama terjadi ketika saya mempunyai blog domain gratisan dan domain berbayar. Jadi, intinya menurut saya kelebihan domain tld hanyalah lebih mudah di ingat dan beberapa hal yang saya sebutkan tadi diatas.

Sekiranya mungkin artikel ini bisa membantu anda yang sedang bingung. Ingin mengganti custom domain tld atau tidak. Silahkan perhatikan hal hal yang saya jelaskan tadi diatas dan dijadikan bahan pertimbangan kalian. Sampai disinilah dahulu perjumpaan kita, untuk kelengkapan lainnya mungkin akan saya bahas di lain hari. Sampai jumpa dan terimkasih telah membaca.

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment