Pemrograman

Bahasa Pemrograman Yang Harus di Kuasai Secara Dasar

Hai sobat, kali ini kita akan sedikit berbincang mengenai apa apa saja sih bahasa pemrograman yang harus di kuasai pemula. Atau dalam arti dasar bagi seseorang yang ingin terjun ke dunia programming. Berhubung dengan programming, siapa sih yang gak tau keahlian orang yang bekerja di dunia pemrograman. Yang pasti otaknya itu seperti rubik, susah ditebak alias pemikir. Kalau sobat bercita cita ingin menjadi seorang programmer, maka langkah yang anda ambil adalah tepat.

Sebelum memulai pembahasan ini, saya dulu pernah menulis tentang materi gaji programmer di indonesia murah ?. Disana saya juga telah memberitahu anda panjang lebar, bahwa sebenarnya di indonesia seorang programmer itu tidak dihargai. Begitulah fakta dan bahasa kasarnya. Namun, menjadi programmer ini adalah tingkatan yang paling sulit di dunia it (informatika). Karena ia harus berhubungan dengan semua mata pelajaran yang ada di dunia teknologi. Dalam artian multi fungsi ya.

Seperti yang saya katakan juga di artikel tersebut. Menjadi programmer adalah sulit kalau bukan hobi. Saya pribadi adalah contoh atau sample yang bisa kalian ambil. Jujur saja, dunia programmer bukanlah passion saya. Namun, saya masih paham paham dikit deh tentang membuat program atau sejenis yang dilakukan programmer layaknya. Dan itu melatihnya cukup sulit kalau tidak bertempur dulu dengan diri sendiri.

Bahasa Pemrograman Yang Harus di Kuasai

Masuk kembali ke topik, bahwa minimal dasar anda ingin terjun ke dunia programmer. Sobat harus menguasai bahasa bahasa pemrograman dasar. Mungkin tidaklah instant memahami satu bahasa. Saya pribadi, menguasai hanya kurang lebih 3 sampai 6 bahasa. Itupun bertahun – tahun belajarnya. Berkecimpung ke dunia ini memang sangat terbilang keren. Karena semua orang mungkin gak bakal sanggup kalau pendalamannya. Baiklah ayo kita bahas mengenai bahasa pemrograman yang harus di kuasai.

Bahasa Pemrograman C

Pertama kali saya belajar programming, adalah yang saya pelajari bahasa c. Kalau sobat pernah mendengar kabarnya, bahwa bahasa c ini adalah bahasa induk atau bahasa pemrograman utama. Dan dikembangkan menjadi beberapa bahasa lain yang tetap menggunakan kaidah bahasa c ini. Bahasa c termasuk bahasa yang tertua di dunia programmer. Jadi, kalau memang ingin terjun kesini. Minimal anda menguasai dan paham apa itu bahasa c dan penerapan semua kodingnya.

Bahasa Pemrograman PHP

PHP atau kepanjangan dari Hypertext Preprocessor ini adalah bahasa wajib yang harus dikuasai oleh seorang programmer. Saya sendiri masih newbie dalam mempelajari bahasa ini, karena memang terlalu banyak rasanya yang ada di kepala saya. Php ini lebih ke fungsi didalam website. Fungsi yang dapat membuat otomatis dan mempermudah pekerjaan kalian. Tak jarang bahasa php ini sering digunakan orang dalam pembuatan website dan juga fungsi lainnya.

Bahasa Pemrograman JavaScript

Saya juga kesulitan dalam memahami semua bahasa javascript. Namun saya tetap terus belajar dan menikmati proses. Javascript fungsinya hampir sama dengan php, namun ini lebih efisien dan singkat. Sehingga bisa powerfull di website. Javascript ini juga dapat membuat fungsi yang kalian inginkan di website. Dan merupakan gabungan dari beberapa bahasa induk c. Javascript ini termasuk dasar sekali dalam dunia programmer, namun memahaminya saja saya butuh waktu bertahun tahun lamanya.

Bahasa Pemrograman SQL

SQL merupakan kepanjangan dari Structure Query Language. Yang lebih tepat fokus fungsinya untuk mengolah database. Database adalah tempat penyimpanan yang akan kalian gunakan ketika membuat suatu website atau program. Disini untuk dapat membuat powerfull pengetahuan kalian tentang website dan database. Harus dipadukan sehingga sempurna antara website dan juga database. Kalian dapat menyimpan data apapun dan mengolahnya secara otomatis. Inilah fungsi dari bahasa pemrograman sQL ini. Termasuk bahasa pemrograman yang harus di kuasai bagi pemula.

MarkUp HTML Dan CSS

Bisa dibilang untuk memahami semua bahasa pemrograman juga harus dilandaskan dengan pengetahuan dasar html dan css. HTML merupakan kepanjangan dari HyperText Markup Language. Dan css adalah merupakan kepanjangan dari Cascading Style Sheets. Kedua ini menurut saya bukan termasuk bahasa pemrograman, melainkan markup atau kerangka dalam pembuatan program atau website. Tanpa html dan css kalian tidak akan dapat membuat tampilan lebih sempurna dan enak dilihat.

Fungsi html sendiri adalah untuk membuat kerangka seperti tombol, text box, header, footer, body dan lain lain. Sehingga website tertata dengan rapi apabila diakses.

Funsi css yaitu mempercantik tampilan. Css ini menurut saya adalah bahasa pemrograman paling mudah yang pernah saya pelajari. CSS ini dapat membuat tampilan seperti warna, animasi dan lain lain yang harus dilandaskan dan digabungkan dengan html. Tak jarang kalian sering mendengar bahasa pemrograman ini.

Kesimpulan

Dan menurut saya pribadi, itulah beberapa bahasa pemrograman yang harus di kuasai bagi seorang pemula atau dasar. Dasar dalam artian agar kalian dapat menguasai di jenjang pemrograman berikutnya. Untuk menguasai apa yang saya sebutkan diatas tadi, itu bisa memakan waktu bertahun tahun sampai total. Nah, apalagi yang tingkat mahir saya tidak tahu lagi apa kabarnya. Demikianlah informasi ini saya buat. Semoga kalian suka dan bermanfaat. Sekian dan Terimakasih Telah Membaca.

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment