Info Menarik Tutorial

Cara Membuat Channel di Telegram Mudah & Gratis

Telegram adalah aplikasi chating terbaik yang memiliki banyak user aktif layaknya sosial media lain. Pengguna telegram saat ini sudah semakin banyak, dan termasuk saya pribadi pun juga sering menggunakan telegram. Uniknya jika anda menggunakan telegram ini, dilindungi enkripsi end to end. Sebenarnya, channel di telegram ini fungsinya sama halnya seperti grub chat. Bedanya, Channel di Telegram dapat menampung dalam kapasitas besar, alias tak terhingga dan dibebaskan untuk semua orang yang ingin masuk. Ini salah satu kelebihan dari telegram, kenapa ia disukai oleh penggunanya. Nah, di artikel kali ini, saya akan menunjukkan sobat bagaimana cara membuat channel di telegram dengan mudah.

Menurut saya pribadi, Telegram lebih unggul ketimbang whatsapp. Karena ada kelebihan dan kelemahan masing masing, itu semua terserah pada anda ingin memilih yang mana. Tapi perkiraan saya, user telegram akan semakin banyak dan terus bertambah setiap harinya. Fitur channel yang unik ini, bisa menampung semua yang ingin masuk dan sobat bisa bebas untuk berbincang dengan teman tanpa ada record di chattingnya.

Di sisi lain, telegram memiliki kelemahan pada update story. Di sosial media lain, biasanya masih bisa menggunakan story dalam 24 jam. Bedanya di telegram ini, 100% kegunaannya adalah untuk chatting. Dan memang benar, fitur chattingnya juga lengkap, bahkan dilengkapi dengan fitur yang namanya channel. Bukan berarti fitur grub dihilangkan, dua duanya tetap ada dan bisa anda nikmati layanan ini dengan gratis.

Layanan channel di telegram ini akan sangat berguna untuk kamu yang ingin berkomunikasi dengan fans, atau jumlah kontak yang banyak. Nah, kalian dapat mengundang mereka semua untuk masuk dalam saluran channel yang anda miliki di telegram, dan langsung dapat berkomunikasi dalam semua member yang ada di channel kalian.

Kalau kalian penasaran bagaimana sih cara membuat saluran channel di telegram. Berikut saya ulas langsung, silahkan kalian perhatikan dengan seksama.

Cara Membuat Channel di Telegram

Jadi, pastikan untuk sebelum memulai cara ini. Kalian harus menginstall dan mendownload aplikasi telegram sesuai dengan OS handphone kalian. Di artikel sebelumnya saya sempat membuatkan artikel mengenai bagaimana cara mendaftar akun anda di telegram. Bisa kalian baca melalui tautan dibawah ini.

Baca Disini : Cara Mendaftar Telegram Messenger Di Android Terbaru.

Setelah mendaftar, sekarang saatnya kita mempraktekkan bagaimana cara membuat channel di telegram. Simak sebagai berikut.

Buka aplikasi telegram kamu, lalu Pilih slide sebelah kiri, dan akan muncul menu menu seperti berikut.

Cara Membuat Channel di Telegram
Cara Membuat Channel di Telegram

Kalian tekan New Channel.

Kemudian, kita akan diminta untuk mengisi detail informasi dari channel telegram kita.

New Channel
New Channel

Tentukan Nama, Deskripsi, Dan Photo Profile Dari Channel Telegram kalian.

Kemudian masuk ke setting channel.

Public Channel
Public Channel

Channel Telegram terbagi dua jenis. Pertama adalah public dan yang kedua private. Public Channel adalah sobat dapat mengundang semua orang melalui link saluran channel untuk dapat join. Dan Private channel hanya dapat mengundang kontak melalui undangan langsung dari admin channel telegram kalian.

Lalu, ada link saluran permanent yang wajib di isi disana. Isilah yang unik, belum pernah dibuat orang. Sebab dari link url channel itulah orang dapat join ke channel anda. Jadi pastikan untuk mencatat link tersebut apabila ingin mengundang kontak telegram orang lain.

Member Channel Telegram
Member Channel Telegram

Setelahnya ada add member. Tambahkanlah jika ada kontak yang ingin kalian masukkan. lalu tekan centang di pojok kanan atas.

Channel Telegram
Channel Telegram

Channel telegram sobat sudah berhasil dibuat. Ciri cirinya sobat bisa menggunakan saluran channel tersebut dan dapat mengundang orang lebih banyak lagi.

Kalian tidak akan dibatasi untuk memasukkan orang ke telegram sebab ini unlimited alias tidak terbatas. Jadi, masuk masukkan saja orang yang butuh dan ingin join ke saluran channel telegram anda.

Sampai disini, kita sudah berhasil untuk membuat channel telegram sendiri dengan mudah dan gratis. Tinggal langsung kalian praktekkan di perangkat kalian masing masing. Dan sampai disinilah dulu untuk tutorial telegram kali ini.

Akhir Kata

Itulah tadi cara untuk membuat channel di telegram dengan mudah dan gratis. Silahkan kalian praktekkan langsung pada perangkat mobile yang kalian miliki. Ini mungkin akan sangat berguna bagi kamu yang ingin berkomunikasi dengan jumlah kontak yang banyak. Semoga bisa membantu dan terimakasih telah membaca artikel ini. Nantikan tips dan trik telegram di lain hari 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment