Wordpress

Cara Mengizinkan Kontributor Mengupload Gambar di WordPress

Hai sobat sekalian, disini saya akan memandu kalian bagaimana Cara Mengizinkan Kontributor Mengupload Gambar di wordpress. Sejauh yang saya ketahui, bahwa kontributor (contributor) itu tidak di izinkan untuk mengupload gambar. Dan disini, kita akan memanfaatkan sebuah script agar penulis tamu tetap dapat mengupload gambar. Baiklah, tanpa berlama lama lagi ayo kita bahas.

Sebelumnya, tutorial ini saya ajukan untuk yang menggunakan platform wordpress. Karena fungsi role yang mungkin saya belum pernah sobat ketahui. Coba kita perhatikan struktur wordpress role berikut ini.

Dan ternyata, memang ada batasan, bahwa role kontributor tidak dapat mengupload gambar. Perlu di hindari bahwa sobat memberikan fitur penulis oleh kontributor. Karena akan membahayakan semua artikel sobat. Jadi, saran saya tetap biarkan jenis role contributor, namun kita izinkan untuk upload image di wordpress adminnya.

Ada banyak cara untuk mengaktifkan fitur upload gambar pada role kontributor wordpress. Bisa menggunakan plugin, dan juga tidak. Silahkan pilih cara yang kalian anggap paling mudah. Untuk kelengkapan lainnya seperti bawaan role didalam wordpress, kalian dapat pelajari klik disini.

Cara Mengizinkan Kontributor Mengupload Gambar [Wordpress]

Cara yang pertama, adalah cara dengan tidak menggunakan plugin. Rata rata orang menggunakan cara ini sebagai menghemat hosting mereka. Tanpa memberatkan server karena kebanyakan plugin di wordpress. Silahkan kalian ikuti panduan berikut ini.

  • Buka WordPress Admin Kalian Masing Masing.
  • Pergi Ke Bagian Tampilan.
  • Lalu Pilih Theme Editor.
  • Cari File Function.php (Letaknya ada di sidebar kanan)
  • Letakkan Kode Berikut Sebelum Penutup PHP (?>) Di Paling Bawah
Cara Mengizinkan Kontributor Mengupload Gambar

Berikut kode penerapannya, dapat kalian copy paste. Lalu pindahkan seperti di gambar atas.

// Fungsi Upload Gambar Contributor Website Jagoankode.com
if ( current_user_can('contributor') && !current_user_can('upload_files') )
add_action('admin_init', 'allow_contributor_uploads');

function allow_contributor_uploads() {
$contributor = get_role('contributor');
$contributor->add_cap('upload_files');
}

Setelah meletak kode, lalu tekan perbarui berkas untuk dapat melihat hasilnya. Sampai disini, sobat bisa dapat langsung mengeceknya. Apakah fitur gambar dapat berjalan pada role contributor ?. Sudah saya pastikan, akan work 100%.

Selain menggunakan editor dari function.php biasanya orang menggunakan plugin. Saran saya, agar sobat menggunakan fungsi tanpa plugin saja agar tidak memberatkan hosting. Namun, jika sobat memang ingin menggunakan plugin, silahkan kalian cari beberapa plugin berikut.

Kalian bisa menggunakan salah satu dari sekian banyak. Jika sebelumnya sobat belum pernah memasang plugin itu gimana, bisa kalian searching dulu di google. Dan setelah tau bagaimana cara menggunakan plugin. Kalian dapat mencari di kolom pencarian plugin wordpress rekomendasi dari saya sebagai berikut.

Demikianlah informasi mengenai Cara Mengizinkan Kontributor Mengupload Gambar. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat sekalian, dan dapat kalian praktekkan langsung pada website kalian masing masing. Cara ini terbukti work dan sudah saya coba sendiri di web ini. Jika kalian berminat, silahkan di coba ya.

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment

4 Comments