Tutorial Blog

Panduan Lengkap Untuk Menggunakan Google Trends

Google trends baru baru ini heboh oleh kalangan para blogger. Akhirnya baru baru ini fitur google trends diluncurkan dengan sempurna oleh google. Google trends ini adalah penerus dari google keyword planner, kalau sobat sekalian pernah mengetahuinya. Fungsinya sangat akurat dan tepat untuk melakukan riset keyword dalam membuat artikel. Di Google Trends adalah tempat perkumpulan hal hal yang sedang dibahas dan trending di ranking berdasarkan penelusuran terbanyak. Penelusuran tersebut tidak asing lagi, yaitu dari search engine milik google sendiri.

Taukah anda, bahwa google trends ini lebih akurat daripada tools tools lainnya. Dahulu saya pernah membahas mengenai Tools Riset Keyword Untuk Membuat Artikel SEO. Disana, saya membahas juga berbagai macam tools untuk riset keyword. Namun, yang belum ada disana adalah google trends. Karena mungkin ini saya baru tahu, atau baru denger sudah launching. Dan disini saya akan beri panduannya bagaimana cara anda mendapatkan konten trending dan bisa mendapatkan pengunjung blog dengan cepat.

Untuk dapat melakukan dan mencari judul judul yang sedang trending. Dahulu saya sering menggunakan ubersuggest. Tetapi, jika tahu ini produk yang dikeluarkan langsung oleh google. Maka saya langsung beralih, beralih ke google trends.

Tools ini dapat kalian gunakan secara gratis dan di nikmati oleh siapa saja. Seperti berita, konten yang sedang hangat, jumlah penelusuran terbanyak berdasarkan semua negara. Bisa kalian riset disini. Berikut, inilah cara menggunakan google trends untuk pemula dalam meriset keyword didalam artikel.

Apa Itu Google Trends ?

Sebenarnya untuk tanggal rilis dari google trends ini sudah lama. Namun, hanya baru denger denger katanya bagus untuk riset keyword. Google Trends adalah sebuah tools yang di sediakan oleh google sendiri, ditunjukkan kepada siapa saja yang sedang mencari topik hangat. Atau bisa dibilang yang baru baru trending berdasarkan waktu, negara, topik dan juga metrik. Kalian bisa melihat jumlah penelusuran masuk di google, serta bisa melihat grafik dari keyword tersebut. Apakah keyword jangka waktu lama, dan apakah itu keyword jangka waktu pendek.

Akhir akhir ini, saya jadi sering menggunakan google trends, karena menurut saya pribadi. Inilah fitur yang akurat untuk meriset keyword. Kata kunci yang masuk setiap harinya, perjam, permenit, perdetik. Semuanya sudah di data oleh google dan dikumpulkan disini.

Untuk melihat konten apa yang sedang trending berdasarkan judul artikel. Bisa kalian cek melalui Tautan Ini.

Tools ini sangat kompleks dan simple untuk digunakan. Bagi sobat yang kepengen untuk mencoba tools ini. Silahkan di ikuti panduan berikut ini.

Cara Riset Keyword Menggunakan Google Trends

Cara menggunakannya adalah manual, kalian wajib mencari kata kunci dasar yang kalian inginkan. Disini akan ditampilkan jumlah volume pencarian yang masuk berdasarkan grafik. Jadi, dari segi jumlah dan segi naik turunnya volume pencarian. Bisa di cek disini. Baiklah untuk cara riset keywordnya sangat mudah.

  • #1 Kunjungi Website Google Trends.
  • Ketik Kata Kunci Dasar Yang Sudah Kalian Persiapkan.
  • Lalu, Masukkan Ke Kolom [Masukkan Topik atau Istilah Penelusuran]
  • Misalnya saya ingin mencari tentang “Cara Membuat Blog“.
  • Kemudian Enter.
  • Akan Muncul Result Seperti Sebagai Berikut.
menggunakan google trends
  • Untuk Negara = Pilihlah Indonesia
  • Dan Untuk Jangka Waktu Volume Masuk Bisa Kalian Pilih Sendiri Sesuai Keinginan.
  • Disana muncul metrik penelusuran yang sesuai seperti yang sobat ketikkan dan sobat inginkan.
  • Sampai disini sobat sudah berhasil untuk mendapatkan kata kunci dengan pencarian terbanyak di google.
  • Untuk menambahkan keyword tambahan, kalian bisa menggunakan google autocomplete search.
  • Sampai disini selesai.

Konten trending akan mudah sobat dapatkan ketika ingin membuat artikel yang baru. Sebagai tambahan yang seperti saya bilang, kalian bisa cek disini.

Mengumpulkan Query Terkait

Query yang relevan sangatlah diperlukan didalam membuat artikel. Dan di Google trends, anda dapat mengumpulkan beberapa kueri yang terkait dengan apa yang sobat cari tadi. Seperti sinonim atau persamaan kata, tetapi menyinggung hal yang sama. Ini dapat membantu peringkat anda di SERP google. Oleh sebab itu tak jarang orang sering memilih tools ini sebagai riset keyword artikel mereka.

Untuk dapat melihat dan mengumpulkan kueri kueri yang diketikkan oleh orang di pencarian google. Kalian scroll kebawah dan lihat bagian Kueri terkait.

Kueri Terkait

Bisa kalian sisipkan diantar artikel yang pernah kalian buat. Ini akan membantu mendongkrak artikel anda di halaman satu google. Karena pencarian yang disukai oleh google, adalah pencarian yang relevan dengan apa yang orang cari.

Kalian juga dapat mendownloadnya, tanpa harus mencopy paste satu persatu keyword. Tekan saja tombol unduh disana agar dapat mendownload dalam format excel yaitu .csv

Sampai disini kalian sudah memahami bagaimana penggunaan konten trending di google. Ini bisa kita manfaatkan dalam pembuatan artikel dan sangat bagus sekali kueri yang direkomendasikan oleh google. Demikianlah dahulu untuk tutorial menggunakan google trends. Semoga bisa bermanfaat untuk sobat sobatku sekalian. Sekian dan Terimakasih.

About the author

Mohammad Kahfi

Mohammad Kahfi

Gak Suka Nulis, Sukanya Tidur...

Leave a Comment