Info Menarik Windows

3 Aplikasi Penting Pembersih File Sampah Agar Laptop / PC Kamu Tidak Lemot

Halo sobat jagoankode, disini saya akan merekomendasikan aplikasi pembersih file file sampah yang ada di laptop atau PC kamu. Yang membuat laptop / PC kamu terkadang Nge Lag Atau Lemot luar biasa. Aplikasi atau software ini, wajib kamu install karena bisa dibilang rekomendasi software ini seperti asisten pembersih sampah gratis yang harus kamu coba. Saat kita memainkan PC / Laptop, kamu pasti akan menemukan yang namanya ngelag, lambat, lemot di sela sela waktu. Dan sebenarnya, masalah ini terjadi ketika file file sampah yang ada di laptop kamu itu penuh alias menumpuk. Ini perlu dibersihkan agar kita tetap dapat memainkan laptop sama seperti baru. Berikut inilah rangkuman beberapa aplikasi penting pembersih file sampah agar laptop, pc kamu tidak lemot.

Karena tidak semua orang yang mempunyai uang lebih untuk membeli laptop mahal. Kita sebagai orang yang sederhana, wajib pandai pandai dalam mengelola komputer kita sendiri. Dan kadang, laptop mahal pun juga cepat atau lambat mengalami hal yang sama. Di samping itu, ternyata laptop dengan harga yang gak seberapa, dapat kita maksimalkan dengan aplikasi penting ini. Software / aplikasi inilah yang akan membantu kita merawat pc atau laptop yang kita miliki.

Ada begitu banyak sekali software di internet yang akan membuat kamu bingung akan kepercayaannya. Oleh karena itu, untuk meyakinkan sobat sekalian, disini akan saya review dan juga ranking berdasarkan apa yang paling bagus dan cocok untuk kamu gunakan.

Walau ini hanya review, namun artikel ini adalah diambil dari 12 tahun lebih pengalaman dari saya yang telah menggunakan komputer atau laptop. Mungkin selama 12 tahun, saya menyadari bahwa masih saja ada kekurangan. Namun saya rasa, pengalaman saya sudah cukup untuk permasalahan file file sampah atau file corupt di dalam komputer yang wajib kamu hapus. Kalau kamu mau tau sedikit mengenai apa itu file sampah, dan mengapa harus dihapus adalah alasan dibawah ini.

3 Aplikasi Terbaik Pembersih File Sampah Untuk PC / Laptop

File sampah berasal dari cache atau file yang sudah tidak digunakan lagi. Dalam artian file yang tidak bersih dihapus dalam aktifitas kamu didalam pc atau laptop. Disini, semuanya biasanya akan terpisah pisah, dan jika kamu mencarinya sendirian, dijamin akan sulit. Makanya, ketika kita menggunakan aplikasi canggih ini, kita tidak perlu lagi untuk mencari file file yang tidak berguna lagi. Pada software atau aplikasi dibawah, bisa menjalankan dan menjawab keluhan anda dalam sekali klik dan otomatis scanning. Baiklah, langsung saja saya bahas apa yang saya maksud software software tersebut.

Terutama yang menggunakan windows, silahkan kalian baca dibawah ini.

1. CCleaner

Aplikasi ccleaner adalah sejauh ini yang paling terbaik. Untuk pembersih file file sampah di pc atau laptop, aplikasi ini mah jagonya. Jujur saya telah lama menggunakan aplikasi ini dan saat ini masih terinstall di PC saya sendiri. CCleaner ini mempunyai 2 versi, yaitu free dan pro. Yaps, pasti kamu juga sering dengar mengenai aplikasi ini. Dan memang sudah teruji oleh saya sendiri dalam fungsinya yang dapat membersihkan file bahkan sampai ke file registry tanpa memakan file file penting.

Aplikasi Penting Pembersih File Sampah
Aplikasi Penting Pembersih File Sampah

Software pintar ini mampu mengenali mana file yang penting dan mana yang file sampah. Selama ini, saya tidak pernah kehilangan file pribadi saya. Makanya saya sangat merekomendasikan aplikasi ini untuk anda pakai di komputer kalian. CCleaner ini dari Piriform, jadi sudah berada ditangan perusahaan dan terus dikembangkan sampai sempurna. Untuk dapat mendownloadnya, kalian langsung saja ke situs aslinya. Ikuti tautan berikut jika ingin download.

Download CCleaner

2. IObit Advanced SystemCare

Selanjutnya adalah Advanced SystemCare. Software ini adalah sejenis pemelihara sistem anda di pc. Ia berfungsi seperti memelihara file agar tidak corupt dan memperbaiki file file yang terinfeksi virus. Di sisi lain, Advanced SystemCare juga memiliki fitur pembersih ram atau hardisk. Sehingga komputer anda akan menjadi powerfull sama seperti membeli baru. Mungkin temen temen sekalian belum tau banyak mengenai kecanggihan dari software ini. Menurut saya ini sudah satu paket untuk memenuhi kebutuhan yang ada di komputer anda. Dan semuanya sudah disatukan disini. Jadi kalian wajib menginstall aplikasi keren ini.

IObit Advanced SystemCare ini memiliki versi free dan pro. Silahkan membeli lisensi pro untuk mendapatkan hasil yang maksimal pula. Saya kenal aplikasi ini sudah sejak tahun 2013. Hehe, sudah lama juga ya, dan kepercayaan saya masih ada sampai sekarang. Sebenarnya aplikasi ini harus dilengkapi dengan iobit malware fighter agar pertahanan di laptop anda maksimal. Tetapi kalau untuk sekedar menjaga sistem, ram dan hardisk. Saya merekomendasikan banget IObit Advanced SystemCare ini. Untuk kalian yang ingin menginstallnya di pc kalian. Silahkan klik tautan dibawah.

Download Advanced SystemCare

3. Disk Cleanup

Kalau yang belum mengetahui disk cleanup itu aplikasi apa. Disk cleanup adalah aplikasi bawaan yang sudah ada sejak awal di windows. Jadi, kamu tidak perlu lagi menginstall aplikasi tambahan seperti yang diatas. Bukan berarti tidak menginstall, namun kalau kamu lebih percaya dengan windows. Maka gunakanlah aplikasi ini.

Bagaimana Cara Menggunakan Disk Cleanup Kak ?.

  • Tekan Tombol Start -> All Program -> Accessories -> System Tools -> Disk CleanUp.
  • Biarkan loading selesai, dan kemudian akan muncul jendela pilihan disk yang akan kamu bersihkan.
  • Umumnya orang membersihkan file C: Jadi, pilihlah disk C: untuk dibersihkan.
  • Tunggu Hingga loading sampai selesai, Dan kamu akan diberi opsi file yang sudah tidak terpakai. Silahkan centang untuk konfirmasi penghapusan file sampah dengan menekan tombol OK.
  • Kemudian akan muncul notice “Are you sure you want to permanently delete these files ?”.
  • Maka kamu harus tekan tombol “delete files“.
  • Selesai.

Dengan begitu, komputer anda akan bebas dari yang namanya file file sampah yang sudah tidak terpakai. Lalu, terserah pada anda ingin menggunakan yang mana dari 3 rekomendasi diatas. Fungsinya sama saja, yaitu sama sama menghapus file sampah dan membuat komputer anda tidak terbebani oleh file sampah tersebut.

Kesimpulan

Dari 3 rekomendasi diatas, kamu juga sudah tau ingin menggunakan yang mana. Sekarang tinggallah kamu ingin memilih yang mana berdasarkan apa yang sudah saya jelaskan diatas tadi. Sebagai bahan referensi, kamu dapat membagikan artikel ini kepada teman teman yang lain lewat sosial media. Kini keluhan kamu akan teratasi dengan mudah dalam mengakses dan juga menjalankan komputer. Usahakan selalu bersihkan file file yang tidak terpakai seminggu atau dua minggu sekali. Agar laptop atau pc kamu dapat berjalan lancar seperti beli baru.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment