Tutorial Tutorial Web Server

3 Cara Dan Solusi Memasang “VIRTUAL BOX” UNBK 2020 Kedalam Server Sekolah

3 Cara Dan Solusi Memasang “VIRTUAL BOX” UNBK 2020 Kedalam Server Sekolah

Sebelum sekolah akan melaksanakan UNBK tentunya panitia sekolah yang ditugaskan dalam UNBK akan mempersiapkan beberapa hal salah satunya dengan penyetingan virtual box untuk dapat melaksanakan UNBK berbasis komputer. Karena memasangkan virtual box dapat dikatakan susah-susah mudah tetapi ketika mengalami permasalahan terkadang membuat panitia atau orang yang menyeting virtual box kebingungan meskipun langkah langkah telah di lakukan.

Berawal dari banyaknya permasalahan yang muncul maka penulis merasa termotivasi untuk membuat artikel agar dapat memberi informasi yang berguna ketika ada yang mengalami permasalahan yang sama dalam penyetingan virtual box ini. Untuk lebih jelas penulis akan memberikan beberapa cara dan solusi dalam memasangkan virtual box dengan komputer server sekolah sehingga dapat digunakan untuk UNBK, diantaranya :

Cara Dan Solusi Memasang “VIRTUAL BOX” UNBK 2020 Kedalam Server Sekolah

  1. Instal Virtual Box

Dalam menginstal virtual box tolong kalian perhatikan ketika menginstal jangan menggunakan virtual box yang bukan dari situs resmi agar menghindari ketidak singkronan dalam permasalhan virtual box.

Untuk sekolah baru tentunya harus mengisntall terlebih dahulu tetapi untuk sekolah yang sudah melaksanakan UNBK tahun kemarin dapat meupgred virtual box tanpa harus meng – uninstall yang lama dan menginstal yang baru. Virtual box yang digunakan untuk UNBK sekarang menggunakan versi 6.0.14 yang terbaru dari pihak puspendik.

Catatan dalam mengisntal virtual box terlebih dahulu kalian harus memperhatikan jaringan dan lihat terlebih dahulu spesifikasi server komputernya dan panduan pemasangan dalam web seolahnya yang telah diberikan oleh pihak puspendik agar mengurangi angka kesalahan yang lebih fatal atau berujung server komputer rusak.

  1. Menyeting Virtual Box

Dalam menyeting virtual box ini kalian akan mendapatkan beberapa langkah yang harus kalian isi dengan teliti dan hati-hati pada menu pengaturan virtual box, diantaranya :

  • – Umum

Pada menu ini kalian harus mengisi data Folder dengan benar karena data tersebut yang akan terbaca dalam tampilan exsam broswer admin. Seperti contoh pada nama dibuat “UNBKSIMULASI2020” dan nama UNBKSIMULASI jangan memakai spasi jika ingin menggunakan spasi harus menggunakan garis bawah  seperti contoh ke dua “SIMULASIUNBK_2020” atau kalian bisa membuat folder tersebut disamakan dengan nama yang berada di VHD nya. Tipe untuk isian window menggunakan  “Miscrosoft Window” dan menggunakan Versi “Window 2012 (64-bit).

Catatan dalam penyetingan tersebut komputer dan virtual box harus sama jika komputer menggunakan window 7 (64-bit) maka tinggal mengganti windows nya. Di sarankan jangan menggunakan window yang versi (32-bit) karena tidak akan terbaca dalam virtual box nya. Kemudian langkah terakhir pada menu ini untuk tujuan folder arahnya harus mengikuti VHD dimana telah di simpan di data C atau D pada komputer server kalian.

Awas perhatikan jangan sampai ada dua VHD yang sama karena tidak akan terbaca oleh virtual box nya atau bisa lebih parah jika mengalami permasalahan VHD akan rusak dan tidak bisa terpakai. Jadi dalam pemasangan VHD dengan Virtual Box diusahakan satu kali langkah karena gagal satu kali kalian harus menyeting ulang VHD nya dari awal. Maka dari itu harus lebih teliti dan tenang dalam menyetingan umum virtual box ini.

  • – Sistem

Pada menu sistem terdapat setingan yang harus diatur diantaranya urutan boot ada Floppy, Optik, Hard Disk dan Jaringan. Semua harus tercentang dengan langkah terakhir mengubah memori dasarnya ke ukuran 8 GB. Karena komputer server ram nya 16 maka ambil pertengahan ukurannya. Catatan jangan sesekali kalian menambahkan atau membuat max pengaturan sistemnya karena akan berpengaruh kepada kapasitas didalam servernya.

  • – Tampilan

Pada menu tampilan kalian harus mengatur beberapa tampilan yang akan mendukung kedalam tampilan server komputer dengan mengubah memori video menjadi 4 GB dan faktor skala harus 100 %. Catatan jangan sampai kalian mengubah pengaturan yang lain karena dapat menjadi permasalahan untuk langkah selanjutnya dalam penyingkronan virutal box dengan cbt server pusatnya.

  • – Penyimpanan

Pada menu penyimpanan ini halian hanya melihat apalakah VHD yang kalian simpan telah otomatis terbaca oleh virtual box,  tetapi   jika tampilan VHD memiliki tanda kuning itu berarti VHD tersebut ada dua, maka sebaiknya hapus yang sekirannya tidak penting. Catatan terkadang ketika VHD berada dalam satu ruangan misalanya D maka VHD tidak akan terbaca solusinya hapus terlebih dahulu.

Untuk tips dan trik alangkah baiknya VHD disimpan dalam Hard Disk atau Fd agar ketika mengalami masalah kalian cukup menghapus yang lama dan mengcopi dari data yang ada di HD dan Fd. Kaena VHD yang gagal di singkronkan ketika diganti harus membuat ulang setingan jadi kalian harus lebih teliti dan tenang dalam hal penyetingan ini.

  • – Suara

Dalam tahapan suara kalian cukup mengikuti seting bawaan virtual box nya tanpa harus mengubah apapun data yang sudah tersimpan.

  • – Jaringan

Pada menu jaringan ini, tolong kalian perhatikan settingan dan lebih teliti. Dalam menyeting jaringan ini ada beberapa menu adaptor 1 sampai 4, kalian cukup mengisi adaptor 1 dan 2 dengan setingan seperti contoh  Adaptor satu (Adaptor Ter-bridge) dan nama (Intel(R) Ethernet Connection1217-LM) sedangkan untuk Adaptor dua setingannya cukup mengganti fungsi port serialnya dengan kata (NAT) tanpa mengubah data yang lainnya.

  • – Port Serial, USB, Folder Bersama dan Pengaturan Antarmuka Pengguna

Untuk setingan diatas tidak harus diseting terlebih dahulu karena telah otomatis mengikuti setingan yang telah dibuat oleh virtual box nya. Tetapi jika ada permasalahan dari salah satu menu tersebut kalian harus mengaturnya jika tidak ada lanjutkan diporasikan.

  1. Menjalankan dan Menjalankan Virtual Box dengan Exsam Admin Broswer

Pada tahap terakhir ini adalah tahapan dimana penyetingan apakah akan terbaca dan otomatis berfungsi kita bisa lihat langsung dalam tampilan exsam Admin Broswer apakah nama yang telah kita buat terbaca sebelumnya telah kita buat sistem dengan nama “UNBKSIMULASI2020” maka kalian klik nama tersebut dan langsung jalankan dengan meng klik kembali pada xampp admin kata star.

Jika ada tulisan runing maka sistem berhasil terhubung. Tetapi jika dalam tampilan xampp admin tidak running maka kalian harus mengubah jalur kedalam googe chrome dengan membuka propertis nya tersebih dahulu dan lihat apakah jalur target sama didalam exsam broswer admin jika tidak coba copy dan pindahkan didalam target jalur xampp broswer admin. Kemudian langkan langkah seperti awal start admin.

Mungkin itu salah satu proses penyetingan virtual box yang digunakan dalam tahapan UNBK untuk tahun 2020, jika mengalami kendala yang tidak bisa teratasi langsung berkonsultasi ke sekolah yang sudah berhaasil untuk mengepektifkan waktu agar tidak terbuang itu pun jika mengalami kegagalan tetapi jika berhasil maka kalian tinggal menyingkronkan dalam aplikasi CBT nya. Dan selamat menjalankan UNBK dengan lancar. “salam satu nusa satu bangsa satu data”

About the author

AgusMBA

Leave a Comment