TipsTrick

3 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli MicroSD

Saat memilih microSD, maka hal yang pertama kali kamu lihat mungkin adalah kapasitas ruang penyimpanannya. Ini adalah hal yang cukup wajar karena fungsi dari microSD memang untuk menyimpan data sehingga jika ingin membeli microSD, maka kita mencari kapasitas yang cukup besar. Selain itu, microSD juga seringkali ditambahkan ke perangkat elektronik untuk mengatasi masalah ruang penyimpanan internal yang kurang besar.

Selain kapasitas ruang penyimpanannya, harga juga menjadi salah satu perhatian utama calon pembeli dalam memilih microSD mana yang akan mereka beli. Ada banyak microSD yang dijual dengan harga yang berbeda-beda, dari yang cukup murah hingga yang terasa mahal untuk sebagian konsumen.

Untuk urusan harga, sebagai calon pembeli, kita tentu mencari yang paling murah. Namun sebenarnya dalam memilih microSD ada hal-hal lain yang juga perlu diperhatikan. Misalnya saja perangkat elektronik yang kamu gunakan.

MicroSD sendiri dapat digunakan untuk sejumlah produk elektronik seperti audio player, kamera dan smartphone. Namun agar tidak salah pilih, sebelum membeli coba cari tahu dulu jenis microSD apa saja yang didukung oleh perangkat elektronikmu. Jika perangkat tersebut tidak mendukung tipe SDXC misalnya, maka jangan beli tipe tersebut.

Hal lainnya bisa kamu ketahui melalui informasi berikut.

Kapasitas MicroSD Yang Dibutuhkan

MicroSD tersedia dengan berbagai kapasitas, seperti 2 GB, 4 GB, 16 GB dan 32 GB. Perlu diketahui bahwa kapasitas microSD tersebut akan mengalami pengurangan jika sudah disimpan dalam perangkat elektronik yang kita gunakan. Tapi ini tidak masalah, karena pengurangannya terbilang cukup kecil.

Memiliki microSD dengan kapasitas yang sangat besar tentu akan membuatmu lebih leluasa dalam menyimpan banyak file. Namun semakin besar kapasitasnya, harganya juga menjadi semakin mahal.

Jika kamu memiliki budget yang cukup besar, hal ini sebenarnya tidak masalah. Tetapi jika kamu memiliki  budget yang terbatas, maka kamu bisa membeli microSD dengan kapasitas yang kamu butuhkan saja.

Jangan Remehkan Speed Class

Speed class yang dimiliki microSD menunjukan seberapa besar data yang bisa diolah microSD tersebut. Contohnya, jika microSD yang kamu beli merupakan microSd Class 4, itu berarti microSD tersebut dapat mengolah data hingga 4 MB per detik.

Jika kamu sering merekam video atau melakukan hal lain yang membutuhkan kemampuan writing data microSD yang cepat, maka speed class dengan level tinggi sangat diperlukan.

Jadi untuk kamu yang suka sekali merekam video dengan format full HD, maka sangat disarankan untuk menggunakan microSD Class 10 dan untuk yang lebih memilih kualitas video 4K, maka bisa mencoba microSD speed class U-3.

Fitur Lain

MicroSD yang saat ini tersedia dipasaran umumnya sudah dilengkapi dengan fitur khusus yang membuatnya mampu bertahan dari hal-hal yang membahayakan memori tersebut dan data yang terdapat di dalamnya, seperti terjatuh, basah atau pecah. Hal ini tentu merupakan hal yang sangat penting mengingat microSD digunakan untuk menyimpan data dan tidak jarang merupakan data yang sangat penting.

Kehilangan data yang sangat penting jelas bukanlah hal yang menyenangkan. Bahkan sering kali membuat kepala pusing. Nah, untuk mencegah terjadinya hal ini, maka perlu diperhatikan mengenai fitur perlindungan dari microSD yang akan kamu beli. Misalnya saja fitur waterproof yang membuat microSD tersebut tahan terhadap air.

About the author

Alvin

Leave a Comment