Review Aplikasi

5 Aplikasi Pengolah Kata Gratis Terbaik Pengganti Microsoft Word

Kalau ngomongin soal aplikasi pengolah kata, maka Microsoft Word jelas menjadi pilihan nomor satu. Aplikasi ini memiliki banyak fitur yang dapat memudahkan kita saat membuat karya tulis.

Tetapi, jika kamu suka software gratisan, maka kamu bisa menggunakan salah satu dari 5 aplikasi pengolah kata gatis berikut.

TextMaker

Saat pertama kali membuka aplikasi pengolah kata ini, akan tersedia dua pilihan menu yang bisa kamu gunakan, yaitu menu classic dan menu ribbon.

Aplikasi ini dapat menunjukan preview dari dokumen yang akan kamu buka, melacak perubahan pada dokumen tersebut dan menyisipkan komentar. Selain itu, pada dokumen yang kamu buat di TextMaker, kamu pun dapat memasukan slide PowerPoint dan bagan Excel.

TextMaker juga mendukung banyak jenis file seperti PWD, SXW, dan WPD. Jika kamu ingin menyimpan file yang kamu buat di TextMaker , maka kamu dapat menyimpannya dalam format file populer seperti TXT, HTML, DOTX dan DOCX.

Bagaimana, tertarik untuk mendownload aplikasi ini?

Nah, buat kamu yang ingin mendownload TextMaker, perlu diketahui bahwa aplikasi ini merupakan bagian dari SoftMaker FreeOffice. Jadi kamu perlu mendownload kumpulan aplikasi tersebut. Meski demikian, saat proses penginstalan, kamu bisa memilih untuk hanya menginstal TextMaker saja.

Writer

Writer adalah aplikasi pengolah kata yang terdapat di WPS Office. Aplikasi ini memliki desain yang sederhana dengan menu yang tidak berantakan sehingga mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini menyediakan mode full-screen, tampilan halaman ganda dan pilihan untuk menyembunyikan menu. Dengan fitur tersebut, aktivitas menulis pun akan terbebas dari gangguan.

Fitur yang dimiliki Writer juga terbilang cukup lengkap. Kamu bisa membuat daftar isi, menggunakan template bawaan dan fitur lainnya untuk membuat tuilisan menjadi lebih menarik. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan dokumen dalam sejumlah jenis file populer.

OpenOffice Writer

OpenOffice Writer memiliki banyak fitur yang diperlukan oleh para penulis. Ini membuat aplikasi tersebut menjadi salah satu aplikasi pengolah kata terbaik yang bisa diandalkan untuk membuat karya tulis. Selain itu, OpenOffice Writer juga memiliki versi portable yang bisa kamu jalankan di flashdisk.

Saat kamu menggunakan OpenOffice Writer, kamu akan menemukan sejumlah menu dibagian samping yang membuatmu dapat melakukan pengeditan secara cepat.

Namun, sama seperti WPS Office writer, kamu juga perlu mendownload paket OpenOffice untuk menggunakann aplikasi ini. Buat kamu yang ingin menggunakan versi portable, kamu pun perlu mengekstrak seluruh software yang terdapat WPS Office.

WriteMonkey

Buat kamu yang membutukan software dengan tampilan yang sangat sederhana sehingga bisa lebih fokus dalam membuat karya tulis, maka kamu bisa menggunakan WriteMonkey.

Aplikasi pengolah kata ini merupakan aplikasi portable. Dengan begitu, kamu bisa mendownload WriteMonkey dan langsung menggunakan aplikasi tersebut tanpa perlu menginstalnya di komputer atau laptopmu.

Selain itu, WriteMonkey juga memiliki antarmuka yang nyaris tidak menimbulkan gangguan saat mengetik. Ini karena setiap menu di WriteMonkey hanya akan ditampilkan jika kamu mengklik kanan mouse pada dokumen. Jadi tampilannya benar-benar bersih sehingga kamu bisa lebih fokus saat mengerjakan karya tulismu.

FocusWriter

Sama seperti WriteMonkey, FocusWriter juga memiliki tampilan antarmuka yang minimalis. Menu dan tombol-tombol di dalam FocusWriter pun secara otomatis dihilangkan sehingga kamu bisa fokus dalam menulis.

Jika masih belum cukup, kamu juga bisa menjalankan aplikasi ini dalam mode full-screen sehingga kamu tidak akan melihat program lain di layar.

Di FocusWriter ini, kamu bisa mengetik dan melakukan pemformatan dasar seperti mempertebal atau menggarisbawahi teks. Selain itu, kamu juga bisa mengubah latar belakang dengan memilih tema-tema yang tersedia atau tema yang kamu buat sendiri.

About the author

Alvin

Leave a Comment