TipsTrick

5 Cara Agar Tenang Dalam Menghadapi Sidang Skripsi

Skripsi merupakan satu perasaan yang kerap menghantui para Mahasiswa. Bahkan ada pepatah terkenal yang selalu kita dengar didunia perkuliahan yakni “Jika manusia akan menghadapi mati” Maka “Mahasiswa pasti menghadapi skripsi“. Begitulah kira kira kata yang dapat menggambarkan suatu peristiwa dimana setiap perkuliahan akan menuju kepada tugas akhir. Bagi sebagian orang dapat melalui dengan mudah. Namun beberapa orang justru mengklaim skripsi seperti sosok yang menakutkan. Biasanya mereka yang dapat melaluinya dengan mudah adalah yang mengetahui rahasianya. sebaliknya yang merasa gugup dan ketakutan adalah orang yang bahkan tidak paham dengan strategi khusus menghadapi skripsi.

Sebelum kita masuk kepada langkah inti ada baiknya admin akan membahas beberapa poin yang harus anda baca terlebih dahulu sebelum lanjut kepada pembahasan selanjutnya. Silahkan terlebih dahulu untuk membaca artikel ini :

Baca Juga : Ini Tips Sederhana Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Didalam artikel diatas terdapat beberapa kesimpulan dan sebenarnya letak rahasia bagaimana anda bisa dengan mudah melalui hari hari didunia perkuliahan. Bila semua pekerjaan dilalui dengan hati dan tidak dengan keterpaksaan maka saya yakin kalian akanbisa melaluinya dengan mudah. Cerita tentang skripsi berdasarkan pengalaman sangat banyak sekali. Kita bisa mencatat , merangkum lalu menarik kesimpulan. Dan setiap pengalaman pastinya berbeda Tujuannya adalah untuk menjadi acuan meminimalisir kesalahan saat memulai penyusunan karya lmiah.

Oke kita anggap cerita penyusunan sudah menuju tahap akhir. Sekarang tinggal cerita menuju ke sidang skripsinya. Seperti yang kita ketahui sidang skripsi itu terbagi 2 yang pertama sidang proposal penelitian. Dan yang kedua sidang skripsi yang sesungguhya. Rasa takut, cemas dan khawatir pasti ada. Apalagi menurut dari beberapa pengalaman dan sumber mengatakan ada yang gagal hanya karena permasalahan sepele. Namun karena tidak adanya toleransi dari dosen penguji. Maka Mahasiswa tersebut pun harus menelan kenyataan pahit yaitu “Mengulang”.

Tenaga Waktu Serta Uang sudah dihabiskan pada pembuatan skripsi yang pertama. Jika tidak lulus dan dinyatakan mengulang. Pasti rasa kesal marah dan kecewa pasti ada. Belum lagi keadaan yang diperparah dengan adanya rombakan dari semua judul “alias mengganti judul”. Kasus ini mengharuskan kita untuk dengan terpaksa membuat skripsi baru dari awal. Kejadian inilah yang kemudian banyak menimbulkan pandangan frustasi bagi Mahasiswa. Pikiran Mereka seakan dijajah dengan ketakutan atas kegagalan.

Tenang Dalam Menghadapi Sidang Skripsi

Namun teman teman sekalian jangan takut. Artikel ini akan memberikan 100 ribu kekuatan suply untuk menghindari ketakutan yang berlebihan saat menghadapi ujian skripsi. Untuk itu saya minta anda berkosentrasi dengan memahami artikel ini dengan baik.

Cara Tenang Dalam Menghadapi Sidang Skripsi

1. Rubah Dan Perbaiki Cara Pandang

Ini sangat penting bagi semua orang, dan merupakan satu satunya cara ampuh menghilangkan semua ketakutan. Rasa takut sebenarnya bukanlah dari pengaruh luar ataupun lingkungan. Rasa takut muncul dari pemikiran diri sendiri. Diri sendiri lah yang menjadi pengaruh besar terhadap seluruh rasa takut. Telaah dan sejenak untuk kita berfikir hakikatnya semua manusia memang dianugrahi rasa takut. Kenapa ? Karena hanya dengan inilah manusia dapat berfikir dan dapat melakukan sesuatu diluar tindak nalar. Rasa takut di beri oleh sang pencipta agar kita selalu melakukan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang menjadi larangan-Nya. Rasa takut diciptakan hanya untuk takut pada hal hal yang dilarang oleh Sang Pencipta. Sedangkan jika hal baik seperti skripsi merupakan hal yang diperbolehkan oleh Sang Pencipta. Lantas Kenapa Kita harus Takut ?

Ubah cara pandang anda mengenai hal ini, ini juga poin pertama dan alasan kenapa terkadang manusia itu takut untuk melakukan bahkan itu merupakan hal yang baik. Soal siapa yang berada didalamnya merupakan pion yang ditunjuk oleh Sang Pencipta hanya untuk menguji anda  So perbaiki pikiran yang buruk itu dari sekarang. Sang Pencipta hanya menginginkan kita berusaha dan terus mengharapkan pertolongannya. Ini adalah proses untuk kita sebagai manusia agar tidak jauh dari sang pencipta.

2. Yakin Dan Percaya Diri

Rasa yakin dan percaya diri perlu anda terapkan didalam kehidupan sehari hari. Percuma rasanya kuliah jika tidak yakin bisa untuk menyelesaikannya. Biasakan untuk bisa memulai namun bisa juga untuk menyelesaikan. Anggaplah skripsi ini menjadi suatu ujian hidup yang harus kita selesaikan. Anggap juga skripsi ini merupakan suatu persembahan untuk orang tua kita. Ingat percaya diri dapat mengalahkan segalanya. Karena percaya diri ini timbul karena yakin, keyakinan timbul karena adanya iman. Ingat ada peribahasa yang mengatakan “jika iman sudah muncul walaupun sekecil biji dzarah gunung pun bisa meletus hanya dengan melihat”. Ini adalah ungkapan betapa dahsyatnya iman atau keyakinan didalam diri seseorang. Percayakan semuanya kepada diri anda. Biar sisanya Tuhan yang menentukan. Lakukan saja yang terbaik.

3. Balikan Keadaan

Jika anda berfikir masih ada rasa takut ataupun ragu untuk naik ke sidang skripsi maka kita harus membalikan situasinya. Jadikan situasi dan keadaan dimana dosen penguji takut untuk menguji anda. Tanamkan persepsi dengan kedatangan anda disidang skripsi tersebut dosen yang malah kualahan untuk menguji anda. Jadikan dosen ketakutan dalam melontarkan pertanyaan pertanyaanya ke anda. Karena dengan mindset positif ini akan menarik seluruh situasi pun menjadi positif. Dengan begitu mudah mudahan sidang skripsi anda bisa berjalan dengan lancar. Dan diri anda menjadi tenang. Tanamkan persepsi bahwa Yang patut anda takuti adalah Tuhan. Bukan Apapun yang ada didepan kalian,

4. Kuasai Bahan Dan Materi Jauh sebelum sidang

Jika ketiga poin diatas dirasa sudah dikuasai. Maka setidaknya hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah menguasai bahan dan materi jauh jauh hari. karena apa ? jika dilakukan pada hari dekat mau sidang skripsi. Yang timbul bukanlah penguasaan materi melainkan blank hilang dan kosong. Semua yang kita pelajari lupa dan seketika hilang begitu saja. Karena Tidak tersimpan di memori alam bawah sadar kita.

5. Jangan Takut GAGAL

Jika sekarang kita masih memiliki pemikiran tentang “TAKUT GAGAL” maka dari sekarang saya katakan berhenti. Gagal adalah proses dimana kesuksesan anda semakin dekat. Semakin banyak kegagalan yang anda alami berarti anda sedang dekat dengan waktu kesuksesan. Karena itu semakin gagal semakin bersyukur karena kalian lebih cepat dipertemukan dengan kesuksesan. Gagal sekali ulangi lagi. Gagal lagi Buat lagi yang baru. Sebisa mungkin tantang semua gagal anda keluar. Bilang kepada kegagalan itu bahwa “Saya tidak akan menyerah” dengan begitu gagal pun akan kalah bila anda tidak menyerah. Dan ini adalah fakta.

Kelima poin diatas sudah cukup membuat anda teanang dalam menghadapi skripsi. semoga artikel ini bermanfaat sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment