TipsTrick

5 Cara Ampuh Melatih Dan Meningkatkan Percaya Diri

Belum Ada Rating.

percaya diri menurut para ahli dan Wikipedia pengertiannya adalah suatu keyakinan yang timbul dari dalam diri dicerminkan dari suatu sikap tentang penguasaan pengetahuan hingga dapat menarik kesimpulan bahwa yang diyakini sudah merasa benar. Didalam agama Islam banyak sekali ayat yang menerangkan tentang kita harus percaya pada diri sendiri. Istilah percaya diri dalam bahasa Inggris atau English language nya sering dikenal dengan istilah self-confidence. Sedang untuk bahasa Arab dan Jawa sobat bisa langsung melihatnya di internet. Definisi Percaya diri menurut KBBI adalah mengakui dan yakin tentang sesuatu itu nyata dan memang benar adanya.

Modal kita dalam mencapai kunci sebuah kesuksesan adalah “percaya diri”. Percaya diri merupakan salah satu sifat yang harus dimiliki oleh semua orang. Umumnya jika ia seorang manusia pasti harus punya. Banyak orang yang gagal paham bahwa kesuksesan bukan datang hanya pada usaha yang keras. Doa serta keyakinan giat berorientasi pada tugas dan hasil Juga merupakan kunci utama.

Melatih Dan Meningkatkan Percaya Diri

Macam-Macam Percaya Diri Dan Contohnya

Macam-macam Percaya diri ini bisa meliputi banyak aspek diantaranya yang kita kenal umumnya ada 3 :

1. Percaya diri dalam berwirausaha.
2. Percaya diri dalam berpikir.
3. Percaya diri terhadap fisik.

Contohnya : Seorang wirausahawan harus dituntut untuk memiliki percaya diri yang tinggi. Bila tidak dilatih secara terus menerus kita akan cenderung merasa canggung saat berhadapan dengan orang banyak.  Apalagi kalian merupakan seorang pemimpin atau leader. Seorang pemimpin harus dituntut untuk memiliki optimisme yang tinggi. Memimpin diri sendiri untuk yakin saja tidak bisa. Bagaimana dengan karyawan atau bawahan anda yang berjumlah ratusan bahkan ribuan. Karena Jika tidak, karyawan sulit berkembang dan kurang termotivasi untuk sama sama membangun perusahaan yang maju. Bagaimana usaha mau berhasil jika didalamnya tidak ada harapan sama sekali. Terlebih pada saat melakukan presentasi atau rapat (meeting) dengan klien.Bisa bisa semua proyek milyaran yang ada didepan mata raib dengan sekejap mata karena kesalahan kita yang tidak bisa mengatur diri. Begitu juga sebaliknya percaya diri saat interview bagi kalian yang hendak melamar kerja disebuah perusahaan kerap Merasa gugup dan akhirnya memutuskan untuk menunda. Keadaan ini yang membuat kebanyakan orang akan mengalami kemunduran secara tidak sadar.

Contohnya : Percaya diri dalam berpikir ini kita lebih memberatkan kepada titik remaja. Banyak sekali remaja ditahun sekarang ini mengalami krisis percaya diri. Padahal dimasa inilah pembentukan karakter dimulai. Jika salah langkah maka selamanya mereka akan salah jalan.Untuk itu Motivasi dan bimbingan sangat diperlukan baik dari lingkungan rumah yakni orang tua dan lingkungan sekolah yaitu guru dapat memberikan arahan arahan nasehat untuk membentuk karakter yang baik dan bermoral. Dampak bahaya dari yang dirasakan karena kurangnya percaya diri apalagi mengalaminya masih di usia yang sangat belia sekali. Adalah menutup diri dan tidak mau terbuka kepada orang lain. Selain itu mereka akan cenderung memberontak menjadi anak anak nakal. Karena merasa tidak ada arahan tentang hidup. Kondisi ini akan justru membuat pihak dari orang tua si anak merasa rugi. Karena anak anak yang dibesarkan dengan susah payah tidak bisa bersaing dalam hal hal kebaikan.

Contohnya : Untuk percaya diri fisik ini banyak sekali yang menemui permasalahan dan kendala serta banyak juga yang mengalaminya. Rata rata orang merasa cemas dan terganggu dengan self-confidence ini 70% karena fisik. contohnya : tubuh gemuk, kulit hitam, gigi tonggos, bibir jontor, rambut putih, umur tua, tinggi badan melebihi orang normal, belum menikah,muka berjerawat dan masih banyak yang lagi yang kasus yang lainnya. Nah bentuk bentuk permasalahan ini kerap diangkat oleh sebagian orang dalam kutip “fisik yang tidak enak dipandang”. Dan dalam pemikiran seseorang yang suka membully orang lain. Kategori fisik memang menjadi salah satu senjata untuk menjatuhkan mental seseorang. Mungkin dinegara lain bully tentang kategori fisik tidak berlaku. Tapi Di Indonesia sangat banyak sekali masalah bullying 70% berdasarkan fisik.

Nah Jika diamati dengan seksama maka disinilah letak fungsi dan manfaat jika anda membangun percaya diri. Kita akan cenderung bisa menekan angka kerugian dan memperbaiki moral anak dan individu setiap masyarakat. Agar bisa terhindar dari hal hal yang tidak diinginkan. Maka ada baiknya kita bekali dengan rasa keyakinan yang kuat. Namun untuk mewujdkannya tidaklah semudah yang kita bayangkan juga. Semua itu haruslah dilatih. Lalu bagaimanakah cara melatihnya ? sebelum masuk kecaranya mari simak fungsi dan manfaatnya.

Fungsi, manfaat dan kegunaan dari percaya diri

  1. Dapat Menghilangkan rasa takut
  2. Dapat membuat kita menjalani hari hari dengan semangat
  3. Dapat membuat perubahan dalam hidup
  4. Dapat memberikan pengharapan
  5. Menjalani segala sesuatu menjadi mudah.
  6. Bisa mengembangkan potensi diri
  7. Menemukan jati diri
  8. Menjalani hidup lebih bahagia
  9. Menjadi orang bijaksana dan adil
  10. terbebas dari penyakit mental

Nah dari manfaat sekarang mari kita masuk ke inti pembahasannya yakni Melatih Dan Meningkatkan Percaya Diri. Bagaimanakah cara yang benar untuk melatih diri ? mari simak langkah lengkapnya berikut ini :

Cara Melatih Dan Meningkatkan Percaya Diri

1. Jadilah diri sendiri.

Seperti yang dikutip dari beberapa buku karangan Napoleon Hill mengenai teknik sukses melalui percaya diri adalah dengan cara menerapkannya di keseharian anda. Banyak orang populer dunia yang sudah menerapkan teori pengendalian diri ini. Maksud dari menjadi diri sendiri dikehidupan anda paling tidak menimbulkan gambaran mengenai kenyamanan tanpa harus dipaksa untuk mengikuti aturan yang ada pada diri orang lain.

Fakta menunjukan pada saat kita minder atau bisa dibilang sedang berada pada kepercayaan diri yang rendah, maka pikiran dipaksa memiliki persepsi  dan pandangan buruk tentang diri sendiri. Konsep kenyamanan ini bila sudah didapatkan maka seluruh pikiran dan tubuh mulai bisa mengembangkan hal lain dan mencari hal hal baru. Dengan begini kita bisa leluasa menggali potensi diri yang tertidur.

2. Selalu ingat pada sang pencipta.

Hal pertama dan paling utama dari topik yang akan dibahas pada tema kita pada hari ini. Semuanya tidak terlepas dari pengawasan sang pencipta. Satu satu nya hal yang tak dapat terelakkan. Apalagi menyangkut tentang melatih meningkatkan rasa percaya diri. Adalah dengan banyak mengingat Tuhan yang maha esa. Hanya dengan berkomunikasi dengan sang pencipta dapat mengatur dan mengontrol emosi serta meningkatkan kecerdasan spritual.

Melatih percaya diri bisa dimulai dari membangun hubungan antara manusia dengan sang penciptanya terlebih dahulu. Baru jika sudah menjadi kebiasaan diri pun juga mudah menjalani dalam kondisi apapun. Ini penting bagi anda yang ingin melakukan training awal pembentukan diri. Ikhlas dan berserah diri juga merupakan bagian dari pelatihan ini. Metode kedua ini dapat menghilangkan sifat iri hati, tinggi hati dan sombong.

3. Berhentilah untuk membandingkan diri anda dengan diri orang lain.

Salah paham mengenai membandingkan diri anda terhadap diri orang lain adalah salah. Jika kalian berfikir ini merupakan satu satunya cara untuk meningkatkan kepercayaan diri. Dengan memotivasi diri untuk menyamai orang lain maka cara ini tidak berlaku khusus untuk tema kita pada hari ini. Untuk sekedar perbandingan boleh boleh saja. jika dilakukan dengan berlebihan bukan malah membuat anda masih tetap terjaga dari zona aman. Namun keadaan yang timbul justru sebaliknya. Anda akan merasa iri hati terhadap orang lain. Kepercayaan diri malah semakin menurun jika kita membandingkannya secara berlebihan.

Contohnya pada saat anda coba membandingkan harta,jabatan, dan pekerjaan, Bila mendapati hasil yang kurang dari orang yang kalian bandingkan. Takutnya malah menimbulkan hal hal yang tidak diinginkan. Yang terjadi malahan sesuatu yang berbau negatif seperti dendam. Bukan kompetisi atau persaingan positif. Inilah yang kita takutkan jika memilih metode ini sebagai bahan untuk peningkata kepercayaan diri.

4. Lakukan latihan percaya diri.

Harus kita akui percaya diri tidak semerta merta lansung muncul. Percaya diri harus dilakukan dengan latihan. Siapapun yang anda kenal atau lihat teman atau kerabat dekat yang menurut anda memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi. Sebenarnya mereka juga melakukan latihan setiap hari. Untuk latihannya sangat banyak sekali aspek yangharus ditinjau. Selain dari ketiga poin diatas langkah selanjutnya adalah melatih kebugaran tubuh, hidup sehat dan memperbaiki penampilan.  Jika kalian tidak bisa merubahnya secara instan. Rubahlah secara perlahan lahan namun usahakan rutin dilakukan setiap hari.

Atur jadwal sepadat mungkin dan lakukan seperti sebuah riset apa apa saja kekurangan yang terdapat didalam diri anda. sedikit demi sedikit usahakan untuk melengkapinya. sekali sekali berkaca lakukan perenungan diri sejenak agar kita bisa mengenali diri kita. karena tiada yang bisa mengenal diri kita selain diri kita sendiri.

5. Rubah Cara pandang dan Gaya bicara

Cara pandang menentukan bagaimana cara anda menerima setiap masukan kritik dan saran. Menjadikannya sebagai pelajaran berharga. Rubahlah setiap hal yang berbau negatif menjadi positif. Jangan pernah melakukan tindakan pembalasan jika ada orang yang ingin menyakitimu. Orang yang selalu tenggelam dalam hal yang negatif akan sulit sekali percaya diri. Karena mereka tidak pernah memerlukan ini sebagai dasar didalam dirinya. Selain itu jika kita tidak merubah cara pandang maka dengan mudah selalu tersinggung bahkan hanya karena masalah sepele. Masalah yang tidak wajib untuk kalian hiraukan

Selain itu jika mudah tersinggung akan melah menimbulkan dampak buruk terhadap tubuh. Kita akan cenderung punya masalah emosional dan kejiwaan. Tinjauan psikologis untuk hal ini sangat penting diperhatikan. Untuk gaya bicara latihlah dengan kosa kata yang sopan dan ramah. Karena orang bisa mengenali karaker kita hanya dengan melihat gaya bicaranya. Perhatikan intonasi dan nada bicara pada saat berkomunikasi. Gunakanlah bahasa yang sesuai dengan lawan bicara.

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment