Tutorial Windows

5 Cara Untuk Mengatasi File Explorer Not Responding Di Windows 10

File Explorer merupakan salah satu tool yang tersedia di Windows 10. Gunanya adalah untuk membantu pengguna menelusuri file yang tersimpan pada hard disk.

File Explorer sendiri sebelumnya hadir dengan nama Windows Explorer dan hingga saat ini pun saat membuka Taks Manager, kita bisa melihat proses bernama ‘Windows Explorer’ jika kamu sedang membuka folder.

Berbicara mengenai File Explorer ini, ada waktu dimana File Explorer macet atau Not Responding. Pada saat-saat seperti itu, pengguna akan merasa terganggu karena kesulitan untuk mengakses file.

Saat File Explorer Not Responding, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan, seperti :

Reboot

Mereboot PC merupakan salah satu cara tercepat untuk memecahkan sejumlah masalah yang biasanya terjadi pada OS Windows, termasuk mengatasi File Explorer yang Not Responding.

Untuk reboot PC, cukup klik ikon Windows yang terdapat di kanan bawah. Setelah itu klik tombol Power dan pilih Restart yang terdapat di bawah Shut Down.

Restart Windows Explorer

Saat File Explorer macet, kamu bisa membuka Task Manager dengan cara menekan  tombol Ctrl+Shift+Esc. Lalu pada Task Manager, cari Windows Explorer yang terdapat di tab Processes.

Silahkan kalian Klik kanan pada Windows Explorer Tersebut kemudian pilih Restart.

Lalu bagaimana jika kamu tidak menemukan Windows Explorer di Task Manager?

Jika demikian, maka kamu bisa membuka menu File yang terdapat di kanan atas. Lalu pilih Run new task.

Nanti, pada jendela Create new task, ketik Explorer dan klik Create this task with administrative privileges. Lanjutkan dengan menekan tombol OK.

Cara yang satu ini cukup efektif dalam mengatasi File Explorer Not Responding. Tidak hanya di Windows 10, kamu pun bisa menggunakan cara yang sama di Windows versi sebelumnya.

Update Windows

Jika cara di atas tidak berhasil, maka kamu mungkin perlu mengupdate Windows 10. Microsoft sendiri telah merilis banyak update yang dapat memperbaiki bug yang terdapat di Windows 10.

Dengan mengupdate Windows 10, kamu pun dapat mengatasi banyak masalah pada OS tersebut. Termasuk menyelesaikan masalah File Explorer Not Responding yang kamu alami.

Untuk mengupdate Windows 10, kamu bisa menekan tombol Windows dan I secara bersamaan. Lalu pilih Update & Security pada jendela Settings yang baru terbuka.

Nanti pada tab Windows Update, kamu akan melihat sejumlah update yang masih pending, menunggu untuk didownload atau diinstall.

Install update Windows tersebut dan restart PC. Setelah itu, coba cari tahu apakah File Explorer sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Bersihkan Hard Disk

File Explorer yang tidak berfungsi bisa juga terjadi karena tidak ada ruang penyimpanan yang tersisa pada hard disk, terutama pada partisi hard disk tempat kamu menginstall OS Windows 10.

Jadi, coba bersihkan hard disk pada PC. Hapus file yang tidak akan kamu gunakan lagi dan copy sebagian file yang ingin kamu simpan ke hard disk eksternal atau ke ruang penyimpanan lain yang masih kosong.

Jalankan Troubleshoot

Windows 10 juga dilengkapi dengan fitur Troubleshot untuk menyelesaikan masalah umum dan sejumlah bug yang terdapat pada sistem.

Untuk menjalankan sistem ini, kamu bisa membuka Control Panel

Di Control Panel, cari kolom search yang terdapat di sebelah kanan atas. Lalu ketik Troubleshooting di sana.  Setelah itu klik Troubleshooting.

Begitu jendela Troubleshooting terbuka, cari System and Security. Lalu klik Run maintenance task yang terdapat di bawahnya.

Setelah jendela System Maintenance terbuka, klik Next untuk melanjutkan proses dan ikuti instruksi yang terdapat di layar.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi  File Explorer Not Responding Di Windows 10. Jika cara-cara di atas tidak berfungsi, kamu juga bisa melakukan scan dengan perintah SFC dan DISM atau menggunakan System Restore.

About the author

Alvin

Leave a Comment