Info Menarik

5 Fitur Google Ini Jarang Sekali Diketahui Pengguna

Google adalah mesin pencari yang paling powerful. Mesin pencari ini juga menjadi mesin pencari yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna internet. Google sendiri memiliki banyak sekali fitur yang akan memudahkan para penggunanya dalam mencari informasi yang dibutuhkan.

Berbicara mengenai fitur, Google pun secara konsisten terus menambah fitur-fiturnya. Beberapa fitur tampak sangat berguna untuk kebanyakan pengguna, beberapa lagi bisa berguna untuk sedikit orang. Namun ada juga yang sepertinya tidak terlalu berguna.

Selain itu, banyak pula yang tidak sadar bahwa Google memiliki fitur-fitur tersebut.

Lantas, fitur Google apa saja yang tidak banyak diketahui orang?

Lempar Dadu

Jika kamu mengetik “Roll a Dice” di Google, maka kamu akan menemukan pemutar dadu yang cukup canggih. Tidak hanya satu dadu yang dapat di putar, melainkan sebanyak yang kamu suka.

Selain itu, bentuknya pun tidak hanya satu. Ada dadu bersisi 4, 6, 8, 10, 12 hingga 20. Saya sendiri tidak tahu tujuan dari fitur ini untuk apa. Tetapi yang jelas, cukup menyenangkan saat memutar-mutar dadu tersebut.

Latihan Pernafasan

Nah kalau yang ini sangat berguna untuk kamu yang sedang stress dalam menghadapi pekerjaan. Kamu bisa mengetik kata “breathing exercise” di Google.  Nantinya Google akan menampilkan instruksi untuk latihan pernafasan selama 1 menit.

Klik tombol play yang ada di layar. Maka Google akan memberi tahu kamu kapan harus menarik nafas dan kapan harus mengeluarkannya. Bisa dibilang fitur ini memang tidak selengkap fitur yang umumnya terdapat di aplikasi untuk meditasi. Meski demikian, dengan fitur ini kamu dapat membantu menenangkan dirimu dengan cara melakukan latihan pernafasan.

Bermain Games

Biasanya kalau internet sedang terputus, Google akan menampilkan permainan sederhana yang memungkinkan kamu untuk mengendalikan dinosaurus dan membantu dinosaurus tersebut melewati sejumlah rintangan. Tidak ada akhir dari permainan ini dan permainan hanya akan berakhir jika kamu melakukan kesalahan atau perangkat yang kamu gunakan terhubung kembali dengan internet.

Selain permainan dinosaurus tersebut, mungkin tidak banyak yang tahu bahwa Google juga memiliki permainan lain. Cara mudah untuk mengaksesnya adalah dengan mengetik kata “play snake” di Google.

Selain itu, kamu juga bisa mengklik panah yang terdapat di bawah tombol play untuk memainkan game lain seperti PAC-Man, Minesweeper, Tic Tac Toe dan Solitaire.

Game yang ditawarkan memang nyaris tidak berguna mengingat ada banyak game lain yang lebih modern yang bisa dicari dengan menggunakan mesin pencari Google. Meski demikian, buat kamu yang ingin bernostalgia dengan permainan-permainan tersebut, maka fitur ini juga boleh dicoba.

Prakiraan Cuaca

Hanya dengan mengetik kata “cuaca” di Google, maka kamu akan mengetahui prakiraan cuaca selama 8 hari ke depan berdasarkan lokasimu sekarang. Kamu juga bisa melihat informasi lain seperti informasi tentang suhu udara dan informasi tentang kecepatan dan arah angin.

Untuk kamu yang akan berpergian, maka kamu juga bisa mencari tahu prakiraan cuaca untuk wilayah yang kamu tuju dengan cara mengetik kata “cuaca” dan tambahkan nama kotanya. Misalnya “cuaca bandung”.

Konversi Satuan

Jika kamu ingin tahu 1 Meter itu berapa Cm? atau 1 Kg berapa Gram, maka coba ketik “konversi satuan” di Google.

Untuk mengetahui 1 Meter berapa Cm, cukup masukan angka 1 di kolom kiri. Dibawahnya pilih Meter. Sementara di kolom bagian kanan, pilih Sentimeter. Nantinya jawaban akan muncul secara otomatis di kolom kanan. Di bagian bawah juga terdapat rumus untuk mendapatkan angka tersebut.

Tidak hanya ukuran panjang, kamu juga bisa menghitung berat, data, kecepatan, volume hingga bahan bakar. Cukup lengkap bukan?

About the author

Alvin

Leave a Comment