Tutorial Blog

5 Hal Yang Harus Dilakukan Blogger Pemula

Setelah lama saya tidak aktif didalam dunia blogging. Rencananya pada hari ini saya akan kembali membagikan sebuah tips mengenai 5 hal yang harus dilakukan blogger pemula. Walau ini saya tulis dengan ringkas dan to the point. Semoga dapat membantu teman teman sekalian yang baru terjun didalam dunia blogging untuk saat ini. Sekalian saya akan mencoba menarik kesimpulan terkait hal wajib yang harus dilakukan dasar oleh seorang blogger pemula.

Saya memulai dunia blogging sudah cukup lama sekali. Dan ingin rasanya saya membagikan tutorial hal wajib dan mendasar yang harus dikuasai oleh seorang blogger. Jika kamu baru terjun ke dunia blogger pastikan kamu sudah mengerti betul tentang kriteria pokok yang harus dikuasai oleh seorang blogger.

Menjadi blogger tidak hanya selalu menulis artikel yang seperti kalian lihat biasanya. Ada begitu banyak hal lain yang kalau kalian tinjau pasti banyak sekali sisi yang belum kita kuasai. Sehingga membutuhkan waktu untuk belajar.

5 Hal Yang Harus Dilakukan Blogger Pemula

Tujuan utama seorang blogger adalah ada di pengunjung blog. Semakin banyak pengunjung blog maka semakin bagus pula popularitas blog tersebut. Mulai dari rangking alexa, bahkan berakhir sama penghasilan blog kita sendiri. Oleh karena itu fokuslah pada pengunjung karena itu adalah hal utama bagi seorang blogger.

Baca Disini : Cara Agar Blog Ramai Pengunjung

Beberapa waktu yang lalu saya sendiri telah membagikan sebuah tautan mengenai lowongan untuk blogger pemula. Supaya bisa belajar sama sama dengan saya dan blogger yang lain juga. Untuk ingin tau kelengkapannya silahkan kalian bergabung bersama admin jagoankode untuk saling sharing mengenai tips tips blogging dan rahasianya.

Baca Ini : Grup WhatsApp Blogger Pemula

Berikut mengenai 5 hal yang harus dilakukan blogger pemula untuk memulai blog dengan sukses dan terarah.

1. Konsisten Menulis Artikel Setiap Hari

Hal utama dan mendasar bagi seorang blogger ialah dengan konsisten menulis artikel setiap hari. Cara ini terbukti ampuh dan saya coba sendiri dalam menggaet banyak pengunjung blog saya. Sebagai contoh saya ingin membagikan sebuah ilustrasi bagi agan. Bagaimana proses banyak pengunjung ini bisa terjadi.

Misal : Kamu menulis artikel 1 – 3 kali dalam sehari.

Mungkin tidak ada jaminan, Keyword tersebut akan dicari orang. Namun jika semua itu dilakukan secara bersamaan dan terus menerus. Pasti persentase pengunjung pasti akan ada dan kamu bisa mempraktekkannya diblog kamu sendiri.

Apabila kamu sudah menulis setiap hari namun tidak ada pengunjung juga. Maka cobalah pelajari teknik di poin kedua ini.

2. Kaidah Menulis Artikel Yang SEO

Menulis artikel tidak semudah yang kita kira sekedar menulis biasa. Ada beberapa teknik seo yang harus sobat pelajari yang biasa dikenal dengan kaidah SEO On Page. Disini saya tegaskan sekali lagi agar sobat mempelajari lebih dalam mengenai SEO On Page. Adapun kriteria yang biasa saya buat dan orang lain gunakan untuk menulis artikel yang SEO (Search Engine Optimization) Seperti :

  1. Keyword Density
  2. Keyword LSI (Latent Semantic Indexing)
  3. Long Tail Keyword
  4. Short Tail Keyword
  5. Grammar
  6. Synonym Keyword
  7. Internal Link
  8. Eksternal Link
Ada yang pernah saya bahas mengenai poin poin diatas.
Untuk kelengkapan lainnya mungkin akan menyusul.

3. Mencari Backlink

Backlink adalah hal utama bagi seorang blogger. Untuk mencari backlink ini tidak sembarangan pula. Melainkan harus diteliti betul mana backlink yang berkualitas. Mana Backlink yang jelek. Setau saya backlink berkualitas sedikit saja itu mampu untuk mendongkrak blog kamu hingga ke halaman satu google.

Sumber backlink ini ada cara untuk mencarinya bisa menggunakan backlink kompetitor atau mencarinya dengan manual. Biasanya ada yang menggunakan jasa backlink sejenis di internet. Dan ada juga yang mencari manual. Saran saya agar anda mencarinya dengan manual. Jadi kamu tau bagaimana membedakan backlink yang berualitas dan mana backlink yang buruk untuk blog kita.

Seperti halnya berkomentar (Blog Walking) di Blog Orang lain. Juga dapat backlink secara gratis namun persentase untuk keuntungan blog hanya sedikit.

Atau bisa juga dengan membuat content placement di blog orang lain. Kebetulan blog ini juga menerima content placement bisa dilihat disini.

4. Rajin Promosi

Promosi lewat sosial media adalah hal terkuat untuk menaikkan popularitas blog kamu. Tujuan promosi sendiri sangat berguna sekali untuk pengunjung blog kedepannya. Selain nama blog kamu juga akan di ingat oleh siapa saja. Trik ini biasa dilakukan untuk blogger pemula dalam mendongkrak pengunjung dengan cepat di blog yang mereka.

Umumnya orang suka menggunakan Facebook dan Whatsapp sebagai media promosi yang tepat untuk digunakan. Karena 2 sosial media ini terbukti ampuh untuk meningkatkan pengujung blog kamu dengan waktu yang cepat dan singkat.

Nah, cara promosinya biasanya adalah menargetkan orang yang tepat. Sebagi contoh kamu masuk ke grup blogger di facebook maupun whatsapp. Disanalah tempat kamu promosi blog kamu.

5. Fokus Pada Pengunjung Blog Bukan Pada Uang

Untuk menjadi blogger yang sukses. Kamu hanya perlu fokus kepada pengunjung (Visitor Blog Kamu). Karena semakin banyak maka hal yang lain akan mengikutinya dengan otomatis. Saran saya kalau kamu ngeblog diawal sebaiknya fokuslah pada pengunjung. Untuk dapat membuat pengunjung betah di blog kamu.

Silahkan ikuti kriteria berikut, agar pengunjung betah di blog kamu.

  • Template Yang Bagus, Ringan, Dan Menarik
  • Artikel Yang Menarik Sekaligus Bermanfaat
  • Interaksi Yang Bagus Oleh Admin Blog
  • Tidak Terlalu Banyak Iklan

Itulah beberapa kriteria untuk pengunjung biar betah di blog kamu. Silahkan kalian praktekkan poin diatas untuk kenyamanan pengunjung blog kamu.

Dari 5 Poin diatas merupakan hal wajib atau pokok yang harus dilakukan seorang blogger pemula. Jika ingin mendapatkan kelengkapan lain untuk tutorial blogging. Silahkan kalian stay pada blog ini dan lihat juga label mengenai tutorial blog yang pernah saya share. Sekianlah terlebih dahulu mengenai artikel ini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa dipraktekkan. Demikian dan Terimakasih Telah Membaca. Happy Blogging 🙂

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment