Beauty

5 Langkah Praktis Atasi Rambut Rusak

Tips cara praktis mengatasi rambut rusak. Jangan sampai rambut kering dan bercabang membatasi penampilan. Karena hanya perlu 5 langkah mudah untuk mengembalikan keindahan rambut Anda. Setiap wanita pasti mengidamkan rambut sehat dengan kilau indah. Namun dengan kondisi lingkungan kita yang penuh polusi, paparan sinar matahari, serta tuntutan penampilan, kita sering lupa untuk memperlakukan rambut dengan baik.

Rambut menjadi kehilangan nutrisi karena serangan radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan rambut. Kebiasaan-kebiasaan buruk dalam memperlakukan rambut pun bisa menjadi faktor penyebab kerusakan rambut. Misalnya terlalu sering mencuci rambut, pemakaian hair dryer setiap hari, memakai pewarna rambut, dan penggunaan shampo yang salah.

Cara Mengatasi Rambut Rusak

Pemakaian produk penataan rambut saat proses bleaching proses pemutihan rambut sebelum diberi pewarna. Pengeritingan dan pelurusan rambut seperti rebonding juga bisa jadi penyebab kerusakan rambut. Padahal rambut merupakan bagian tubuh yang sangat mudah rapuh dan perlu perhatian khusus.

Tanda-tanda kerusakan rambut dapat dianalisa melalui kutikula kulit permukaan rambut. Jika kutikula rambut telah rusak, patah atau bahkan hilang, rambut akan menjadi kusam, tidak bercahaya dan rapuh. Jika rambut mudah rapuh dan bercabang bisa menimbulkan masalah rambut lainnya seperti rambut rontok. Rambut bercabang juga merupakan wujud rusaknya mahkota para wanita ini.

Rambut bercabang disebabkan oleh minyak yang dihasilkan kelenjar minyak di bawah kulit kepala tidak sampai ke ujung rambut. Sehingga rambut menjadi kering dan bercabang. Segera lakukan tindakan untuk memperbaiki rambut yang telah rusak ini. Memang untuk mengembalikan rambut menjadi sehat tidak cukup dibutuhkan waktu semalam atau Sekejap. Jika anda rutin melakukan kebiasaan berikut seiring waktu rambut pun akan kembali sehat.

Cara Mengatasi Rambut Rusak

1. Bersihkan rambut dari zat kimia

Membersihkan rambut dari segala kotoran dan bahan kimia produk perawatan rambut merupakan langkah awal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki rambut rusak. Gunakan shampo untuk membersihkan kulit kepala secara menyeluruh. Anda bisa menggunakan shampo dengan jenis clarifying shampoo.

Shampo jenis Ini mengandung acid atau asam yang didapat dari apel lemon atau cuka yang berfungsi untuk menghilangkan residu Atau sisa produk perawatan semacam hairspray creambath busa untuk rambut form lilin rambut wax Jelly rambut Jel. Dan produk lainnya yang tertinggal di kulit kepala.

Namun sangat disarankan agar jangan terlalu sering menggunakan shampo jenis ini. Unsur asam yang terkandung di dalam shampo ini dapat mengurangi minyak di kulit kepala yang dapat membuat rambut menjadi kering. Gunakan maksimal dua kali seminggu. Selain shampo perhatikan juga kualitas air yang Anda gunakan. Pastikan air untuk membilas rambut adalah air bersih.

2. Lindungi rambut dari sinar matahari.

Bukan hanya kulit wajah yang bisa rusak akibat paparan sinar matahari. Sinar UV ultraviolet merupakan salah satu penyebab terbesar kerusakan rambut. Rambut yang sering terpapar sinar matahari secara berlebihan. Warnanya bisa memudar menjadi rapuh dan bercabang. Rambut pun akan terlihat kusam.

Bagi Anda yang banyak beraktivitas diluar ruang Sudah saatnya mulai melakukan perawatan rambut dengan menggunakan produk yang bertuliskan hydrating treatment. Jenis produk ini dapat menutrisi kembali rambut dan memberikan perlindungan terhadap rambut dari paparan sinar UV serta segala macam perawatan yang menggunakan alat-alat panas seperti hair dryer atau catok.

Saat ini sudah banyak produk perlindungan rambut dari sinar UV dalam bentuk spray atau gel yang mengandung sun protection formula SPF. Sangat praktis untuk anda bahwa dalam tas dan mudah digunakan saat beraktivitas diluar ruang.

Menggunakan topi atau payung juga bisa membantu mengurangi paparan sinar matahari pada rambut.

Hindari produk perawatan rambut yang bertuliskan Sun activated hair lightening. Serta yang mengandung kadar alkohol, peroksida dan air lemon atau jeruk nipis. Karena produk jenis ini justru akan membuat rambut anda yang rusak menjadi tambah kering dan bisa menghambat proses pemulihan rambut.

3. Gunakan extra pelembab.

Conditioner dengan kelembaban ekstra dapat digunakan jika anda mengalami rambut kering akibat terlalu banyak diaplikasikan zat kimia perawatan rambut. Misalnya sering melakukan pengeritingan pewarnaan serta pengeringan rambut dengan menggunakan hair dryer.

Conditioner dengan kelembaban ekstra atau dikenal dengan Deep conditioning yang mengandung protein dan keratin bisa anda temukan di toko-toko yang menjual produk kecantikan.

Deep conditioning akan memperbaiki kondisi kutikula rambut agar tersusun rapi dan mendatar. Serta menghaluskan dan memberi nutrisi pada rambut yang kering dan Kusut saat Setelah keramas. Cara penggunaannya Yakni dengan mencuci rambut menggunakan shampo.

Setelah rambut dibilas oleskan Deep conditioning sambil memijat kulit kepala selama kurang lebih 5 sampai 7 menit. Lalu bilas sampai bersih. Agar hasilnya lebih maksimal Anda bisa menggunakan serum atau leave in conditioner setiap akan beraktifitas. Terutama di luar ruangan .serum ini bisa diaplikasikan setelah aktivitas anda.

4. Potong Rambut

Jangan sungkan mendatangi salon untuk potong rambut. Jika kerusakan rambut hanya terjadi pada ujung rambut, seperti rambut bercabang, Anda bisa memotong bagian ujung rambut saja sepanjang 2 cm dengan cara trim atau dirapikan. Jika rambut Anda memang sangat kering dan rapuh atau banyak yang bercabang, mau tidak mau rambut harus dipotong agar lebih pendek.

5. Menyisir dengan tepat

Lupakan mitos menyisir 100 kali dalam satu malam. Menggunakan sisir yang tidak tepat terutama pada rambut yang rapuh dan rambut yang mendapatkan perawatan secara kimia, dapat menghilangkan seluruh lapisan kutikula. Sehingga menyebabkan rambut makin Bukhari dan rambut menjadi kusam tidak berkilau. Untuk menghindari hal hal tersebut gunakanlah sisir yang bergigi lebar.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment