Games

5 Platform Streaming Populer untuk Menonton Esports

Streaming telah tumbuh menjadi media siaran langsung alternatif alih-alih dengan bentuk tradisional seperti televisi antena. Secara tidak langsung, perkembangan ini sangat berdampak bagi pelebaran sayap industri esports yang tengah tumbuh sebagai bentuk hiburan baru. Berbagai platform streaming esports pun bermunculan dan menemukan penontonnya masing-masing.

Streaming bukan hanya bisa dilakukan oleh organisasi atau perusahaan saja, melainkan juga individu. Setiap gamer bisa membuat saluran streaming sendiri dan menghasilkan uang dari sana dengan berbagai penawaran yang ada. Jadi tidak heran jika jumlah penonton streaming game dan esports selalu meningkat setiap tahunnya.

Platform Streaming untuk Game dan Esports

Selain sebagai hiburan, tujuan streaming dari segi kreator adalah untuk menumbuhkan komunitas dan mendatangkan sponsor potensial. Sedangkan bagi penonton, platform streaming juga bisa menjadi media pembelajaran dan tempat untuk berinteraksi dengan idola mereka. Berikut ini beberapa rekomendasi platform untuk menonton siaran game dan kompetisi esports favoritmu.

1. Twitch

Bisa dibilang Twitch adalah platform streaming untuk game dan esports paling populer di dunia saat ini. Twitch bermula pada tahun 2011 ketika mereka mengakuisisi Justin.tv dan mulai fokus pada streaming video game. Berkat konten-konten tersebut, popularitas situs web itu cepat meroket dan akhirnya dibeli oleh Amazon dengan biaya $970 juta.

Sekarang Twitch telah melebarkan bisnis mereka ke beberapa hal yang masih berada di seputaran streaming. Misalnya membuat mata uang digital Bits khusus untuk memberikan komisi kepada para streamer. Mereka juga memiliki Twitch Prime, yang mana memungkinkan penonton untuk berlangganan ke streamer favorit mereka.

Banyak siaran langsung kompetisi game profesional yang hak eksklusifnya dipegang oleh Twitch, salah satunya adalah berbagai kompetisi dari DreamHack.

2. YouTube Gaming

Beberapa tahun lalu YouTube mulai memisahkan konten-konten gaming ke dalam YouTube Gaming agar lebih mudah ditemukan oleh penonton. Fungsinya sama seperti Twitch, yaitu sebagai media streaming siaran langsung game atau kompetisi esports.

Salah satu fitur utama dari YouTube Gaming adalah penonton dapat memutar balik siaran langsung ke menit-menit tertentu. Ini sangat cocok bagi penonton yang sudah ketinggalan pertandingan atau tidak ingin menunggu lama sampai VOD dirilis.

Awal tahun 2020 YouTube Gaming baru saja mengamankan kerja sama dengan Activision Blizzard untuk menyiarkan kompetisi esports mereka secara eksklusif.

3. Mixer

Pada tahun 2016, platform streaming Beam dibeli oleh Microsoft lalu berganti nama menjadi Mixer. Para gamer tentu juga sudah akrab dengan platform streaming yang satu ini karena sudah terintegrasi langsung ke perangkat Xbox One dan Windows.

Salah satu keunggulan Mixer adalah latensi rendah yang membuat jarak waktu antara siaran langsung dan video diterima oleh penonton sangat cepat. Hal ini pun memungkinkan penonton lebih bisa berinteraksi secara real-time dengan streamer-nya. Sebagai catatan, kebanyakan layanan streaming memiliki latensi selama 10-20 detik.

4. Facebook Gaming

Dibandingkan dengan tiga platform sebelumnya, Facebook Gaming adalah yang paling muda di pasar streaming game dan esports. Tetapi ternyata dampak platform ini sangat signifikan setelah secara resmi diluncurkan dengan merek FB.gg. Platform ini lebih praktis karena dapat diakses langsung dari Facebook dan disebarluaskan lewat media sosial tersebut.

Bisa dibilang Facebook Gaming adalah peningkatan dari fitur streaming Facebook. Tetapi untuk yang satu ini streamer bisa mendapatkan penghasilan dari penontonnya lewat pemberian item virtual selama streaming.

Meskipun relatif masih baru, tetapi Facebook Gaming mampu mengumpulkan sejumlah hak siar eksklusif untuk kompetisi-kompetisi besar.

5. Nimo TV

Platform streaming papan atas Tiongkok, HUYA, menandatangani kerja sama strategis dengan Tencent Games dan melahirkan satu platform streaming untuk game dan esports bernama Nimo TV. Pada bulan Mei 2018, Nimo V diluncurkan di Indonesia dan diterima dengan baik oleh para pecinta game. Sekarang, platform ini telah mencakup hampir semua game populer serta tersedia di web, Android dan iOS.

Keunggulan Nimo TV adalah mereka memiliki hak eksklusif game populer global yang berada di bawah naungan Tencent seperti PUBG Mobile dan Arena of Valor. Mereka memiliki agen profesional di berbagai negara, mensponsori berbagai tim esports terkemuka, berisikan para streamer potensial, dan memiliki cara interaksi yang unik.

Itulah beberapa platform streaming untuk menonton game dan kompetisi esports favorit kamu. Semua platform di atas dapat diakses melalui situs web atau dengan memasang aplikasinya di ponsel. Selamat menonton!

About the author

Bagas Dharma

Keep calm and love Man United.

Leave a Comment