Tech

5 Scanner Film Terbaik Untuk Mengubah Foto Lama Menjadi Foto Digital

Di jaman digital sekarang ini, kita dapat dengan mudah mengambil foto kapan saja dan dimana saja kita mau. Menyimpan foto dan membagikannya ke teman-teman pun juga menjadi sangat mudah berkat kemajuan teknologi yang begitu pesat.

Kita tidak perlu lagi menunggu foto untuk di cetak dan tidak perlu lagi memikirkan harus disimpan dimana atau dipajang dimana foto tersebut. Semua foto bisa kita simpan di smartphone dan dibagikan ke social media hanya dalam hitungan detik saja.

Tapi bagaimana dengan setumpuk foto lama yang mungkin ada di rumahmu. Dibuang tentu bukanlah pilihan yang tepat mengingat foto-foto tersebut memiliki kenangan yang sulit dilupakan.

Saat ini sebenarnya kamu tidak perlu khawatir kehilangan foto yang berharga dan penting karena kamu bisa menyimpan kembali foto-foto tersebut dalam format digital dengan 5 scanner film berikut.

Kodak SCANZA Digital Film and Slide Scanner

Dengan menggunakan Kodak SCANZA Digital Film and Slide Scanner, kamu bisa dengan mudah menscan foto-foto lama yang masih berupa film negatif maupun film positif dan mengubahnya ke dalam format digital.

Kodak SCANZA Digital Film and Slide Scanner hadir dengan membawa layar LCD berukuran 3,5 inci.  Layar tersebut memungkinkan kamu melihat seperti apa hasil fotonya nanti.

Gambar yang dihasilkan bisa mencapai 22 megapiksel. Gambar tersebut dapat disimpan di komputer atau di Memori Card. Dengan menggunakan kabel HDMI, gambar pun juga bisa ditampilkan di layar TV.

Epson FastFoto FF-680W

Jika kamu memiliki banyak sekali foto lama untuk di scan, maka Epson FastFoto FF-680W adalah pilihan yang tepat untuk mengatasi masalahmu. Pada resolusi 300 dpi, scanner ini bisa menscan foto sebanyak 1 foto per detik. Selain itu, Epson FastFoto FF-680W juga bisa menangkap catatan yang terdapat di bagian belakang foto dengan satu pemindaian saja.

Epson FastFoto FF-680W sendiri dapat dihubungkan ke komputer melalui WiFi. Jadi scanner ini tidak perlu berada dekat dengan komputer. Selain itu, hasil scan dari Epson FastFoto FF-680W juga dapat langsung dikirim ke Google Drive atau Dropbox.

Doxie Go SE

Doxie Go SE adalah pemindai foto portable yang sangat bagus. Sama seperti Epson FastFoto FF-680W, scanner ini juga dapat terhubung dengan perangkat lain melalui WiFi. Kualitas foto hasil scannya sendiri bisa mencapai lebih dari 600 dpi dan dengan menggunakan Doxie’s software, kamu bisa mengedit foto dan menyimpannya di cloud storage seperti evernote, iCloud dan Dropbox.

Sebelum data tersebut dipindahkan, kamu  juga bisa menyimpan sebanyak 4000 foto dalam memory internal yang dimiliki Doxie Go SE. Untuk menambah kapasitas ruang penyimpanan, kamu juga bisa memasukan kartu SD yang memiliki kapasitas lebih besar.

Epson Perfection V550

Epson Perfection V550 adalah scanner terbaik untuk menscan foto dan mengubahnya ke bentuk digital dengan menggunakan PC. Kualitas foto yang di scan bisa mencapai lebih dari 6,400 dpi. Dengan demikian, foto tersebut dapat dicetak ulang dengan ukuran hingga 17×22-inci.

Epson Perfection V550 juga memiliki fitur canggih yang dapat menghilangkan tampilan goresan dan debu pada foto sehingga foto yang dihasilkan memiliki kualitas yang sangat baik.

Canon CanoScan Lide 400 Slim Scanner

Canon CanoScan Lide 400 Slim Scanner bisa menangkap gambar hingga ukuran 8.5×11-inci dengan resolusi lebih dari 4,800 dpi. Film scanner ini juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mengirim foto secara langsung ke cloud storage seperti Dropbox dan Microsoft OneDrive.

Canon CanoScan Lide 400 Slim Scanner sendiri dilengkapi dengan USB-C. Jadi kamu hanya memerlukan satu kabel untuk pengoprasian dan daya.

About the author

Alvin

Leave a Comment