Info Menarik Youtube

6 Perlengkapan Software Editing Video Untuk Youtuber Pemula

Halo sobat jagoan!, sudah lama sekali saya tidak mengupdate artikel blog ini. Karena akhir akhir ini saya sibuk mengurus channel youtube saya juga. Di sela sela mengurus channel youtube, saya rasa ada sesuatu yang harus di bagi kepada teman teman sekalian. Salah satu contohnya adalah beberapa rekomendasi aplikasi atau software yang ingin saya bagikan disini khusus bagi kamu youtuber pemula. Saya tidak mengatakan bahwa diri saya professional seperti yang lain, tetapi disini tujuan saya adalah berbagi ilmu. Baiklah ingin dengar beberapa cerita dari saya ?, berikut beberapa perlengkapan software / aplikasi edit video untuk youtube.

Saya mulai belajar mengenai seluk beluk dari bagian multimedia ini sejak 3 bulan terakhir. Dan pada dasarnya memang saya tidak ada basic untuk mengedit video, membuat film, efek dan animasi yang membuat seru di video. Video yang biasa saya buat, yah seperti biasa, yang sederhana sederhana saja, hehe. Bukannya saya tidak ingin mendalami, jujur saya meluncurkan channel youtube saya juga sebenarnya untuk memberi penerangan tutorial yang jelas selain di artikel seperti ini. Makanya saya tidak belajar lebih dalam mengenai efek didalamnya karena menurut saya itu kurang penting.

Bisa dibilang, ini berbeda beda. Kalau sekelas niche atau tema tutorial di youtube. Gak harus waw waw banget bukan, sedangkan seperti tema hiburan, nah itu wajib banget menggunakan animasi dengan bantuan software ini. Jadi menyesuaikan suasana aja dengan tema yang akan kamu bawakan di youtube ntar. Setelahnya, kamu akan belajar untuk mengedit edit video sedikit, dan coba untuk membuat video. Perlahan lahan pasti bisa kok, kurang lebih dalam 1 – 4 minggu kamu udah mengenal tuh yang namanya letak letak menu, cara nge – crop frame, menambahkan media, import export video dengan mudah.

Aplikasi / Software Edit Video Untuk Youtuber Pemula

Seperti yang selalu saya katakan adalah menjadi youtuber tidaklah mudah. Konsisten disini untuk terus belajar dan mencoba sangat diperlukan sekali. Karena saya sangat dan sudah melihat banyak mengenai orang di sekitar saya yang sudah membangun channel youtube, lalu cepat nyerah dan pensiun deh. Kalau kamu gak kepengen menjadi orang orang yang seperti itu, kamu wajib tahu pembelajarannya dari mana. Kebetulan saya udah banyak banget nge share ilmu disini, ya kali silahkan aja sering mampir kesini. Baiklah, kita langsung masuk ke materi, yaitu beberapa perlengkapan yang wajib punya untuk software edit video youtuber pemula.

1. Camtasia

Camtasia adalah salah satu software editing, software untuk record screen pc yang sangat mudah dan rekomendasi dari saya. Crop bagian tertentu, dan menyatukan beberapa frame ditambah animasi, saya rasa cukup untuk menjadi software penting dan utama kita didalam mengedit video. Bagi yang masih youtuber pemula, kamu wajib paham mengenai aplikasi camtasia ini. Menurut saya, aplikasi ini sangat mudah dan enak sekali dalam pengeditan suatu video.

Kelebihan lain, software ini dapat dipelajari dengan waktu yang singkat. Saya mempelajari software ini kurang lebih 1 hari dan langsung bisa untuk mengoperasikan semua pada menunya. Bagi kamu yang masih awam dan gak pernah ngedit video, kamu harus coba aplikasi yang keren ini.

2. Adobe Premier Pro

Siapa sih yang gak tau adobe premier. Aplikasi ini adalah mayoritas yang digunakan semua kalangan youtuber professional. Terkenal dengan semua efek yang lengkap dan banyak animasi video yang bisa kamu coba. Memang butuh waktu untuk memahami semua menunya disana, namun kalau kalian selalu menggunakan software ini setiap hari, maka akan dijamin bisa. Karena sistem pembelajaran terbaik untuk software editing adalah dengan sering menggunakannya.

Aplikasi Edit Video
Aplikasi Edit Video

Semakin banyak kamu memainkan dan mencoba coba di aplikasi ini, maka akan semakin banyak kamu mengetahui fungsi dan letak menu di adobe premier pro.

Baca Juga : Cara Export Adobe Premiere Ke mp4 (H.264 Rendering Video).

3. Adobe After Effect

Selain adobe premier, biasa orang membutuhkan software tambahan seperti adobe after effect. Software ini lebih ke animasi video, untuk effect effect tertentu yang tidak bisa kamu temukan di adobe premier. Kurang lebih softwarenya hampir mirip. Tetapi bukan khusus untuk editting lengkap seperti di premier. Melainkan lebih memunculkan animasi yang keren di video kamu nantinya agar terlihat lebih menarik.

Selain itu, after effect juga berguna untuk membuat opening atau intro video sekaligus penutupan video. Kalau untuk membuat seperti intro intro youtube yang kamu lihat, maka jangan diragukan lagi deh kecanggihannya gimana aplikasi ini. Software ini juga salah satu karya dari produk adobe yang akan membantu kamu dalam proses pengeditan video lebih menarik dari sebelumnya.

4. Sony Vegas Pro

Sony vegas ini biasa digunakan untuk pengeditan video. Saya dulu baru tahu, bahwa salah satu siaran televisi di sekitar saya menggunakan software ini untuk mengedit clip video. Sepertinya software ini juga dapat digunakan untuk kita sendiri, dan bisa kalian unduh di website resminya. Kalau udah sampai untuk mengedit clip di siaran televisi, jangan diragukan lagi deh, apalagi kalau cuma untuk sekedar pengeditan video biasa. Pasti akan lebih sempurna lagi video yang akan kita buat.

Mungkin teman teman yang belum tahu, bahwa ini salah satu dari sekian banyaknya software editing yang mempunyai kualitas render paling baik. Kualitas video yang di export akan jauh lebih jernih dari aplikasi lainnya. Meskipun saya belum pernah coba, tapi saya sudah banyak sekali melihat hasilnya dari salah satu rekan saya. Semoga kalian juga bisa ya mempelajari aplikasi sony vegas ini.

5. Windows Movie Maker

Untuk rekomendasi trakhir adalah software bawaan yang ada di windows. Yaitu windows movie maker. Meski ini sudah tidak ada lagi di bawaan windows saya, mungkin kita harus mendownload di situs resminya. Karena sepertinya software ini berbayar, sama seperti software lainnya. Banyak sekali orang yang merekomendasikan aplikasi ini, karena sobat tau sendiri bukan keluaran software dari windows itu bagaimana.

Untuk sekedar pemotongan video sederhana, menambahkan efek musik dan sedikit animasi, Saya rasa aplikasi ini sudah memenuhinya. Kalau memang ingin lebih keren lagi, gunakan adobe premier serta after effect yang saya rekomendasikan diatas tadi. Kamu bisa mendapatkan software ini di internet, silahkan di cari sendiri ya sob!.

6. Video Pad

Di akhir artikel ini, saya ingin merekomendasikan video pad sebagai aplikasi yang harus ada di pc / laptop kamu. Software ini adalah software kedua yang pernah saya gunakan setelah camtasia. Meskipun fiturnya belum selengkap premier, saya rasa perusahaan video pad akan terus mengembangkan ke yang lebih perfect lagi. Jadi, ini kemungkinan saja akan lebih bagus dari software lainnya.

Kalian dapat menemukannya dengan membaca salah satu artikel yang pernah saya tulis sendiri.

Baca Juga : Cara Memotong Video Dengan VideoPad Simple Dan Mudah.

Akhir Kata

Itulah tadi untuk beberapa rekomendasi dari admin jagoankode mengenai aplikasi software edit video termudah untuk dipelajari. Semoga kamu selalu dimudahkan didalam urusannya untuk menjadi youtuber yang sukses. Ingin mendapatkan panduan yang lebih banyak lagi mengenai youtube ?, silahkan cari tahu di blog ini ya sob. Baiklah mungkin sekian dulu untuk informasi yang mungkin berguna bagi anda sendiri. Saya rasa materi diatas sudah mewakili. Sekian dulu dan terimakasih telah membaca.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment