Bisnis

8 IDE Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Anak Kuliah

Jagoankode.com8 IDE Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Anak Kuliah. Siapa bilang anak kuliah hanya bisa pulang-pergi kampus saja tanpa ada kegiatan lain? Kini sudah saatnya anak kuliah bisa lebih produktif dengan mengembangkan bisnis sendiri, sehingga nantinya ketika lulus tak perlu lagi susah payah mencari pekerjaan. Tapi bagaimana cara memulainya? Simak saja beberapa ide peluang bisnis yang mungkin bisa menginspirasi Anda ini.

Saya adalah salah satu contoh anak yang sudah memulai bisnis di usia muda. Namun, pernahkah anda berfikir, apakah bisa usia muda membuka suatu bisnis. Jawabannya tentu bisa dong, kamu dapat memulai bisnis di usia berapapun. Karena didalam dunia bisnis, tidaklah mengenal usia, melainkan tekad, niat serta kerja keras untuk mencapai sesuatu yang kamu impikan.

Sebuah bisnis, dikatakan sukses apabila dijalankan dan dicoba terus menerus. Didalam berbisnis, kegagalan adalah wajar dan seluruh orang sukses pasti mengalami hal tersebut. Jadi, jangan takut gagal dalam berjualan atau membuka peluang kerja sendiri bagi masyarakat indonesia ini ya.

Dibawah ini, saya menyediakan beberapa ide yang mungkin cocok untuk ide bisnis anak kuliahan. Hari gini masih minta duit orang tua ?, malu dong. Cobalah untuk berifkir dewasa dan mandiri. Setidaknya, kita dapat meringankan beban keuangan orang tua kita yang sulit sekali untuk mencari uang di jaman sekarang ini.

Ide Bisnis untuk Anak Kuliah

Ada banyak sekali ide bisnis yang bisa dijalani oleh para mahasiswa disela-sela kesibukan mereka kuliah. Terlebih skrg kemajuan teknologi semakin memudahkan bisnis berkembang dan dikenal luas di masyarakat. Jika ingin memulai bisnis, 8 ide ini mungkin bisa menginspirasi Anda.

IDE Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Anak Kuliah
IDE Peluang Bisnis Yang Menjanjikan Untuk Anak Kuliah

1. Berjualan Online

Ide bisnis yang paling banyak dilakukan saat ini adalah membuka toko online. Anak kuliahan pun bisa melakukan bisnis sampingan ini dengan menjual berbagai jenis barang via online atau marketplace terkenal. Menjadi pedagang online sangat menguntungkan karena jam kerjanya sangat fleksibel dan tak akan mengganggu jadwal kuliah Anda.

Karena untuk jaman sekarang ini, potensi besar untuk anak kuliah adalah di dunia online. Sekarang, kamu juga tidak perlu kerja kerja susah payah diluar ruangan demi mendapatkan uang. Di Online, kita juga bisa memulai menghasilkan income yang besar ketimbang offline. Dan memang sudah terbukti beberapa perusahaan startup yang sukses dan bisa membantu orang banyak dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

2. Jadi Reseller atau Dropshipper

Opsi ide pertama tadi artinya Anda harus punya sendiri barang yang akan dijual, otomatis pasti butuh biaya/modal untuk membeli stok barang yang akan dijual online. Tapi jika mahasiswa tak punya cukup banyak modal, masih ada opsi lain untuk bisa berjualan online yaitu dengan jadi dropshipper atau reseller. Apa perbedaan keduanya?

Dropshipper adalah pedagang online yang bertugas menjualkan barang milik orang lain, namun barang tersebut tidak berada di tangan si pedagang. Jika ada barang yang dipesan pembeli, maka dropshipper akan mengabarkan kepada penyedia barang untuk langsung mengirimkan ke alamat tujuan.

Sedangkan reseller ini juga butuh modal karena Anda akan menjualkan barang orang lain, tapi Anda harus membeli stoknya terlebih dulu. Kemudian barang tersebut bisa dijual lagi dengan mengambil keuntungan.

3. Berjualan Snack

Manfaatkan teman kuliah sebagai target konsumen bisnis makanan kecil Anda. Sambil kuliah, mahasiswa bisa juga membawa makanan kecil yang dijual kepada teman-temannya sendiri. Ada juga ide menjual snack-snack unik dengan sistem pesanan. Buka open order ke teman-teman kuliah dan carikan snack unik yang mereka inginkan.

4. Berjualan Pulsa

Bisnis ini sudah lama ada dan ditekuni oleh banyak orang, termasuk mahasiswa. Anda bisa berjualan pulsa dengan target penjualan teman kampus, teman kosan, dan juga kenalan. Tapi ingat, bisnis ini juga butuh ketegaan pelakunya untuk menagih hutang pulsa dari teman-temannya sendiri.

Baca Triknya Disini : 6 Tempat Isi Pulsa, Tagihan, Kuota Internet Online Super Murah.

5. Menawarkan Jasa/Keahlian

Bagi mahasiswa yang punya keahlian di bidang tertentu, misalnya melukis, desain grafis, dan lain sebagainya bisa menawarkan jasanya via internet. Ada banyak orang yang membutuhkan jasa keahlian seperti ini. Manfaatkan internet untuk bisa mendapatkan klien/konsumen jasa Anda.

Biasanya, keahlian ini akan dicari oleh orang lain. Kamu hanya cukup ahli di satu bidang saja, maka selanjutnya kamu harus mempromosikan keahlian kamu kepada orang lain.

6. Menjadi Blogger

Punya keahlian menulis persuasi? Mengapa tak dimanfaatkan saja menjadi tulisan yang menghasilkan uang via blogger. Anda bisa menulis berbagai tema mulai dari kuliner, gaya hidup, travelling, kecantikan, dan sebagainya.

Menjadi seorang blogger, tidaklah se instant yang kita kira. Pengalaman pribadi saya menjadi seorang blogger adalah 3 tahun yang konsisten baru bisa memulai menghasilkan uang. Proses belajar sangatlah penting bagi seorang blogger jika ingin sukses seperti blogger blogger indonesia yang lain.

7. Menjadi Vlogger

Suka dan punya kemampuan membuat/mengedit video? Atau Anda punya kemampuan menghibur dan memberikan informasi melalui video? Salurkan saja kemampuan ini menjadi seorang vlogger yang bisa mendatangkan uang.

Apalagi sekarang sudah ada yang namanya platform youtube. Pasti sangat cocok untuk menghasilkan uang secara mudah. Di youtube, kini semakin banyak orang yang sudah membuat channel mereka sendiri untuk mulai membangun brand, produk, atau nama populer yang dapat kalian salurkan lewat youtube ini.

8. Jadi Tour Guide

Menetap lama di kota tertentu membuat Anda tentunya hafal dengan destinasi wisata disana. Mengapa tak memanfaatkan pengetahuan ini untuk menjadi tour guide bagi wisatawan dengan tarif yang terjangkau? Apalagi jika Anda kuliah di kota wisata seperti Jogjakarta, Bandung, atau Malang.

Berbisnis sambil kuliah memang bukan hal yang dilarang. Tapi ada baiknya Anda memilih jenis bisnis yang punya waktu fleksibel dan minim modal agar kuliah Anda tak terganggu. Semakin baik manajemen waktu yang dimiliki, maka antara bisnis dan kuliah bisa berjalan beriringan.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment