TipsTrick

8 Macam macam Bentuk Kesuksesan Yang Wajib Anda Ketahui

Belum Ada Rating.

Macam macam Bentuk Kesuksesan Yang Wajib Anda Ketahui. Sukses bagaimana cara anda dalam mengukur sebuah kesuksesan. Apa yang menjadi faktor utama didalam sebuah kesuksesan ? Apa saja simbol dan ciri-ciri orang bisa dikatakan sukses. Apa saja macam dan bentuk sukses Yang anda ketahui. Semuanya akan kita coba ulas melalui blog ini. Untuk itu silahkan simak.

Pandangan mengenai sukses yang sebenarnya bukanlah dihitung berdasarkan jumlah. Harta tahta atau kekayaan yang super berlimpah. Memiliki tujuan hidup dan bisa berbahagia didalamnya bisa dikategorikan sebagai kesuksesan. Banyak dari mereka yang punya harta berlimpah namun tak jarang kerap menemui masalah didalam hidupnya.

Semakin tinggi suatu pohon maka akan semakin kuat menerima beban angin. Prinsip ini berlaku bagi mereka yang sering mengukur kesuksesan hanya dengan uang semata. Fakta mengenai mereka yang punya kekayaan berlimpah. Tak jarang lebih memiliki cobaan yang berkali kali lipat lebih dahsyat. Dari pada yang mengukur kesuksesan dengan kebahagiaan.

Macam macam Bentuk Kesuksesan

Bersyukur terhadap apapun yang mereka miliki saat ini. Merupakan point penting untuk melihat kesuksesan didalam diri. Segala bentuk kemantapan diri sebenarnya juga termasuk dalam label sukses. Dan dibawah ini akan dibahas bagaimana macam dan bentuk sukses simak ulasannya.

Macam macam Bentuk Kesuksesan.

Seperti yang saya katakan tadi. Kesuksesan banyak sekali kategorinya. Berikut tinjauan sukses yang harus anda ketahui. Bagi anda yang mengejar sukses karena hal hal tertentu sebaiknya pahami dulu mengenai beberapa kategori ini.

A. Kesuksesan keagamaan (spritual)

Bentuk dari sukses ini adalah ditinjau dari taat atau tidaknya dalam menjalankan kepercayaan agama yang dianut. Tidak terlepas dari aturan sebuah keagamaan. Yang terkadang mengharuskan kita untuk berbuat sesuai aturan dan perintah yang telah dibuat dan sama sekali tidak melanggar apapun yang telah diperintahkan.

Misalnya jika anda merupakan orang yang menganut agama Islam. Banyak sekali faktor perintah yang harus dipenuhi selain solat 5 waktu (hal yang wajib dilakukan setiap muslim).

Baca artikel : 5 Cara Ampuh Agar Rajin Sholat 5 Waktu

Ada beberapa hal lagi yang tidak boleh ditinggalkan yaitu . Bersedekah dengan sebagian harta. Membayar zakat untuk fakir miskin. Membantu orang lain dalam keadaan susah. Berbuat baik kepada sesama . Naik haji dan berpuasa. Dan masih banyak lagi.

Ciri ciri sukses menurut keagamaan ini ialah tercermin dari melakukan ibadah. Menjalankan segala macam bentuk ibadah dan tidak pernah meninggalkannya. Menjalani segala macam bentuk perintah dan menjauhi larangannya. Merupakan cerminan diri sukses telah meraih spiritual yang diharapkan.

B. Kesuksesan Lahir dan Batin. 

Kesuksesan ini juga bisa ditinjau melalui sukses lahiriah maupun batiniah. Sukses ini merupakan kolaborasi antara sukses secara fisik maupun non fisik. Banyak orang mengatakan mereka telah meraih kesuksesan berupa fisik. Yaitu uang harta tahta(jabatan) dan kekuasaan. Namun disisi lain miskin akan kebutuhan rohani.

Karena itu model kesuksesan ini merupakan 2 type yang sama sekali tidak bisa dipisahkan. Karena jika salah satu saja ada yang tertinggal . Maka belum bisa dikategorikan untuk bentuk sukses pada poin ini. Hidup didalam sebuah keikhlasan dan keseimbangan merupakan faktor yang paling penting untuk kita meraih sukses di label ini.

Secara garis besar banyak sekali orang yang gagal pada kategori sukses ini. Selalulah melihat kebawah. Ketahui siapa diri kita sebenarnya. Jangan melupakan tempat dimana kita berawal dan berasal. Jangan sampai kehilangan akal hanya karena sukses fisik dapat diraih dengan mudah.

C. Kesuksesan harta (material & finansial).

Kalian pasti sudah mengetahui mengenai type sukses ini. Ya benar sekali sukses ini merupakan kategori sukses fisik atau lahiriah. Sukses ini sudah pasti berkaitan dengan harta kekayaan dan uang. Sukses ini bisa diraih jika bekerja keras dan berdoa. Mungkin dari segi harta sukses ini bisa dilihat dengan cara kita hidup. Bila tergolong semua kebutuhan terpenuhi dan tidak ada yang kurang.

Sukses ini juga merujuk kepada tingkat kepuasan. Harta yang melimpah apa gunanya jika tidak pernah merasa puas dan cukup. Apalagi menambah pendapatan atau pemasukan dengan cara yang haram. Memiliki segalanya dengan hasil dan kerja keras. Membuat nilai tentang kesuksesan ini lebih tinggi dibandingkan cara yang lainnya.

D. Kesuksesan pendidikan

Setiap orang harus memiliki pendidikan. 9 tahun merupakan angka minimal untuk seseorang menuntut ilmu. Jika bisa mengikuti ke jenjang program studi berikutnya maka lebih baik. Pendidikan harus diraih setinggi tingginya. Biarlah kita miskin akan harta namun jangan miskin akan ilmu. Ilmu yang dapat menyelamatkan seseorang dari belenggu kebodohan. Selain itu kebodohan sangat identik sekali dengan kemiskinan.

Jangan pernah takut akan sulitnya mencari harta jika kalian menghabiskan hari hari dengan menuntut ilmu. Harta dengan sendirinya muncul jikalau kita kaya akan ilmu. Diri akan memunculkan nilai yang fantastis jika memiliki skill dan ilmu. Menuntut ilmu harus dilakukan setiap hari. Karena hakikatnya manusia lebih membutuhkan ilmu dari pada nilai uang.

E. Kesuksesan jabatan.

Sebenarnya jabatan bukanlah metrik ukuran sebuah kesuksesan. Jabatan yang dimaksud kan disini ialah memegang satu keahlian. Setiap manusia memiliki satu keahlian utama  dan ini yang akan dijadikan sebagai sumber utama untuk menghasilkan finansial. Jabatan setinggi apapun bukanlah sebuah masalah. Yang menjadi masalah ialah jika anda tidak menentukan keahlian pada diri anda.

Apalagi didalam dunia kerja ataupun bisnis. Minimal kita menguasai dibidangnya meski jenis usaha yang dibangun tidak pernah dipelajari dibanku perkuliahan ataupun sekolah. Setiap orang pasti memiliki suatu keahlian apapun jenis keahlian tidak begitu penting.

F. Kesuksesan Keluarga

Setiap manusia yang hidup asal muasalnya pasti memiliki keluarga. Minimal jika belum berumah tangga mereka pasti memiliki keluarga yaitu ayah dan ibu. Tidak penting siapa ibu dan ayah. Kakak dan adik. Yang terpenting disini bagaimana cara kalian mengayomi keluarga. Disela sela kesibukan masih tetap bisa berkunjung dan berkumpul.

Menjadi bagian saat keluarga susah dan senang. Selalu ada disaat keluarga membutuhkan bantuan. Sama sama membangun keluarga yang harmonis. Menutup semua aib keluarga. Inilah tinjauan sukses saat anda berkeluarga. Terlebih jika kalian memiliki keluarga kecil yaitu anak dan istri. Disini bisa dilihat perjuangan anda dalam memberikan nafkah terhadap keluarga kecil anda.

G. Kesuksesan Sosial

Manusia sebagai makhluk sosial. Tidak terlepas dari bagaimana cara mereka berperilaku terhadap sosial dan lingkungan. Seperti contoh dalam hal bergaul dan berteman. Bertetangga dan menjalin silaturahmi antar sesama. Bertoleransi terhadap perbedaan agama suku dan budaya. Menyadari fakta bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri dan masih membutuhkan bantuan orang lain.

Maka cara satu satunya adalah dengan berbuat baik kepada sesama. Memperbanyak teman dan sahabat. Bergaul tanpa membeda-bedakan. Membantu teman atau tetangga yang sedang mengalami kesulitan. Mengikuti kegiatan sosial bermasyarakat seperti menghadiri acara komunitas. Membantu penjagaan pos ronda dan lain lain.

H. Kesuksesan Pola pikir

Harus kita akui. Segalanya tak bisa kita dapatkan dengan mudah jika masih berlaku pola pikir kekanak kanakan. Dewasa membutuhkan pengalaman hidup. Dari pengalaman lah kita bisa belajar dari kesalahan. Orang bisa dikatakan sukses jika pola pikirnya terarah dan tersusun secara sistematis.

Selain itu orang sukses adalah orang yang bisa berperang dengan dirinya sendiri. Membuang semua pikiran negatif. Dan hanya menginstall pemikiran yang positif saja. Sukses dimulai dengan cara mengubah pandangan pola pikir dan perilaku. Ini merupakan poin yang sangat penting bila anda ingin sukses dengan cepat.

Nilai Kualitas Konten

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment