TipsTrick

8 Tips Menjadi Driver Gojek Yang Profesional Dan Sukses

Gojek merupakan salah satu hal yang paling modern saat ini. Bagaimana tidak, hadirnya gojek yang bisa dipesan melalui aplikasi baru muncul sejak 5 tahun belakangan ini. Tak seperti dulu untuk mencari ojek kita harus mencari pangkalannya dulu atau tempat tempat khusus. Biasanya mereka menunggu penumpang dipersimpangan jalan atau ditempat tempat ramai seperti sekolahan, tempat kerja , dan kantor. Ini merupakan tempat yang paling strategis untuk berkumpulnya para penambang ojek ini.

Meskipun demikian tak selalu hal yang disebutkan diatas, merupakan titik dimana tukang ojek sering berada. Terkadang untuk mencari ojek dulu sangat sulit .Karena mereka tidak berseragam khusus seperti sekarang. Mengenalinya pun harus bertanya langsung kepada orang yang bersangkutan apa benar ia seorang tukang ojek atau bukan.Lahirnya aplikasi gojek ini semakin mempermudah orang bahkan untuk menemukan driver gojek.

Selain itu gojek dijaman sekarang lebih cepat dan aman. Dengan beberapa persyaratan gojek yang salah satunya mengharuskan mereka untuk melampirkan SKCK yakni catatan bersih atas tindakan kriminal. Membuat penumpang pun merasa aman dan tidak perlu merasa takut. Tidak hanya itu dengan adanya perlindungan hukum yang resmi dibawah naungan perusahaan gojek kali ini siapapun tidak perlu merasa khawatir akan kejahatan.

Baca Artikel : 11 Kelebihan Dan Kekurangan Gojek Online | Angkutan Masa Kini

Mengingat member driver gojek yang bertambah dari tahun ke tahun. Maka pembahasan kali ini akan merujuk kepada tips bagi kalian para driver gojek agar sukses menjadi go-ride yang berakhlak serta meraup banyak keuntungan dari segi materi tentunya. Tanpa memperpanjang waktu yuk mari kita simak apa saja sih tips nya.

Tips Menjadi Driver Gojek Yang Sukses

Tips Menjadi Driver Gojek Yang Sukses Dan Profesional

Gojek Yang Sukses ~ Mungkin jika kalian merupakan member gojek pasti sudah mengetahui perbedaan go-ride go-food,grab, Uber dan lain lain. Itu semua merupakan istilah yang ada pada gojek. Semua fungsi dan jabatannya juga berbeda beda. Jika pekerjaan sampingan atau bahkan menjadikan gojek sebagai pekerjaan utama, pastilah punya sedikit harapan setidaknya penghasilan yang didapatkan. Bisa menopang biaya hidup. Silahkan simak kisah sukses dari seorang member driver gojek yang bisa mempunyai rumah dan lulus kuliah melalui pembiayaan sehari hari menjadi gojek.

Baca Artikel : Di Tengah Kritik, Gojek Bagi Kisah Sukses Driver

1. Tulus Tekun dan bersungguh-sungguh.

Semua pekerjaan akan sukses bila dikerjakan dengan sungguh sungguh.apapun yang kita kerjakan sebisa mungkin lakukanlah dengan hati yang tulus.jika melakukannya dengan terpaksa hasilnya juga tidak akan baik.hidup didunia ini tidak lain hanyalah menjalankannya dengan hati yang ikhlas. Ikhlas akan memancarkan cahaya positif yang berdampak pada kegiatan yang kita buat semuanya akan menghasilkan result yang positif.

Berbeda saat kita melakukan nya dengan terpaksa . Hal hal yang dipaksa menimbulkan aura yang negatif, dan akhirnya semua kegiatan yang sedang kita lakukan banyak menemui hambatan. Karena itu meski apapun masalah yang sedang dihadapi jangan pernah dibawa saat melakukan kegiatan didalam dunia pekerjaan .apalagi sampai melampiaskannya kepada orang lain. Ini yang perlu dihindari.

2. Bersikap lemah lembut kepada penumpang.

Indonesia merupakan negeri yang terkenal dengan sikap sopan santun dan akhlaknya. Setiap perkataan hendaknya terjaga dan terpelihara dari mulut seseorang pada saat berkomunikasi kepada siapapun , baik dengan teman sebaya , orang yang lebih tua dari kita ataupun yang umurnya jauh berada dibawah kita. .

Perhatikan nada dan intonasi saat berbicara. Berbicara lemah lembut itu sulit.meski kelihatannya mudah. Jika sehari hari kita berada pada lingkungan yang aktif dan tidak sesuai dengan passion kita. Maka menyesuaikannya butuh waktu yang sangat lama. jika suara dan logat suku terbiasa lantang, jangan lakukan ini kepada penumpang, karena siapapun orang yang menerima bahasa pandangannya tidak sama.

Jangan hanya karena ingin menjadi diri sendiri dapat merugikan orang banyak.karena menjaga ini bukan untuk diri sendiri , menjaga akhlak ini tujuannya juga berdampak kepada driver driver lainnya.

3. Cobalah untuk berkomunikasi kepada penumpang.

Meski kita bukanlah orang yang terkenal komunikatif, berusahalah untuk belajar. Karena ini sangat penting . Terkadang penumpang juga tidak terlalu suka pada driver yang kaku. Karena jika melihat driver kaku penumpang pun juga ikut merasa kaku. Namun ada beberapa poin penting pada saat kalian berkomunikasi kepada penumpang .

Ditahap pertama pancing dengan beberapa pertanyaan yang tidak sulit untuk dijawab. Kemudian lihat respon jawaban dari penumpang , jika ia menjawab dengan panjang lebar dan tidak terpaksa.maka bisa kita ajak bicara. Namun jika kalian melihat tanda tanda bahwa penumpang menjawab dengan alakadarnya. Maka segera hentikan pertanyaan. Karena penumpang kemungkinan tidak mau privasinya diganggu.

Perhatikan dengan seksama kondisi ini. Karena tidak semua orang juga senang ditanya dan diajak bicara. Dalam keadaan tertentu.

4. Kuasai teknik tepat waktu.

Pada saat orderan diambil. Sebisa mungkin sampai ditempat tujuan dengan tepat waktu. Tanyalah kepada penumpang apakah dia sedang buru buru atau tidak ? Jika iya maka lakukanlah dalam kecepatan yang agak sedikit kencang (namun tetap dalam kondisi hati hati). Agar sesuai dengan permintaan penumpang. Namun jika mereka tidak sedang dalam buru buru. Maka gaslah dalam kecepatan yang sedang agar sampai ditempat tujuan juga tidak terlalu lama.

5. Berpenampilan rapi dan bersih.

untuk menjadi gojek yang sukses Ini yang perlu diwaspadai oleh para gojek online. Penampilan rapi dan bersih menyangkut penumpang akan oke ataupun cancel. Usahakan jaket helm dan lain lain dicuci terus setiap hari. Ini menghindari bau, karena jarak penumpang dengan driver sangat dekat sekali. Jangan membuat mereka muak hanya karena kalian malas ataupun memang dari pembawaan kalian yang apa adanya .ini bukan menyangkut pribadi apa adanya , namun siapapun akan jengkel jika tidak mengutamakan kebersihan. Agar pelanggan tidak kabur begitu saja maka silahkan perhatikan pada poin ini

6. Safety perlengkapan berkendara.

Banyak penumpang nakal yang terkadang tidak mau untuk menggunakan safety didalam berkendara. Seperti halnya memasang helm. Sebenarnya ada beberapa penumpang yang malas menggunakan helm karena bau. Bukan karena mereka tidak mau menggunakannya. Inilah yang kemudian menjadi tugas kita. Sebagai driver mengutamakan safety bagi penumpang adalah hal yang wajib. Karena kita tidak tau kapan musibah akan datang.

7. Siapkan uang receh untuk kembalian 

Didalam metode pembayaran gojek bisa dilakukan dengan go-pay ataupun secara manual. Tidak semua penumpang membayar dengan go-pay jika saldo habis maka mereka membayar manual. Nah ada beberapa kasus yang sering saya lihat dan saya alami sendiri. Ketika menggunakan jasa gojek pada saat mengembalikan uang ternyata harus menukar dulu uang tersebut kewarung terdekat.

Ini tentu akan menjadi urusan yang lama dan bosan karena malah membuat penumpang menunggu , apalagi pada saat time sedang buru buru waah mungkin persepsi penumpang akan lain terhadap jasa ini.yang lebih parahnya lagi saat tidak ada kembalian maka mau tidak mau penumpang harus mengikhlaskan uang yang lebih tersebut.karena ingin cepat. Hindari lah hal sekecil ini meski terlihat tidak penting namun memberikan dampak yang besar.

8. Jangan meminta apapun dari penumpang.

Banyak yang salah persepsi pada saat , penumpang tersebut luwes dan humble. Bukan berarti kalian bisa meminta sebuah hal dari penumpang. Seperti nomer hp, Instagram ataupun cek YouTube jika kalian seorang youtuber. Ataupun meminta rating 5 bintang untuk review aplikasi  kalian.Ini sebenarnya mengganggu kenyamanan penumpang.sebisa mungkin jangan pernah meminta apapun.jika tidak diminta oleh penumpang.

Nah kedelapan poin diatas merupakan hal yang harus kalian lakukan agar bisa menjadi gojek yang sukses dan profesional Dimata orang. Jika image baik ini terbangun secara luas. Maka dampak baiknya income juga akan semakin berdatangan.

Baca Artikel : Cara Sukses Ngeblog Agar Mendapatkan Uang

Demikianlah informasi sederhana tentang gojek yang sukses dapat kami sampaikan ini semoga dapat membantu kalian semua dalam memahami ini dan membentuk pribadi yang berakhlak dan tangguh. Sekian dan terima kasih 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment