Seo

9 Cara Optimasi SEO Channel Video Youtube

Cara Optimasi SEO Untuk Video Youtube memiliki perbedaan terhadap Cara Optimasi SEO pada blog. Teknik optimasi SEO yang ada pada youtube lebih mengandalkan tingkat promosi ketimbang optimasi SEO yang ada pada blog.optimasi SEO youtube mungkin lebih sulit ketimbang SEO blog. Siapa yang tidak mengenal Youtube. Pemilik raksasa situs video terbesar yang dimiliki google ialah Youtube. Bahkan youtube sendiri lebih diminati ketimbang blog. Dijaman yang serba modern ini membuat atau mengupload video ke youtube bukanlah perkara yang rumit. Hanya modal gadget dan internet kita sendiri sudah dapat membuat dan menciptakan atau mengcover sebuah video menjadi original hasil ciptaan sendiri. Yang lebih hebatnya lagi youtube pun sekarang sudah bisa menghasilkan uang bagi para youtuber setia pengguna youtube.

Cara Untuk mengupload sebuah video ke youtube anda diharuskan mempunyai sebuah akun email dan anda juga diharuskan membuat channel video youtube anda. agar nantinya video anda dapat ditemukan oleh pengunjung youtube.seperti pada halnya blog youtube sendiri pun memiliki URL channel khusus untuk menuju saluran anda.Buat para para youtuber senior. mereka sudah sangat memahami sekali cara cara optimasi SEO yang ada pada youtube. tak heran jika channel video atau video video mereka sangat mudah sekali ditemukan didalam pencarian youtube.Bagi teman teman sekalian yang punya usaha atau mengumpulkan uang receh di youtube pasti sangatlah memerlukan teknik optimasi agar video anda pun mudah ditemukan didalam youtube.

Cara Optimasi SEO Channel Video Youtube 

Didalam teknik optimasi SEO pada video youtube. banyak sekali hal yang harus diperhatikan nah bagi anda yang ingin sekali video youtubenya masuk didalam pencarian youtube teratas sebaiknya anda harus mengikuti beberapa point yang akan admin jelaskan dibawah ini. Lalu bagaimanakah cara cara teknik optimasi SEO untuk video youtube. silahkan simak cara caranya berikut ini:

Cara optimasi SEO video di youtube

1. RISET KATAKUNCI

Keyword merupakan sebuah kata kunci bagi sipengunjung dapat menemukan video video yang nantinya ingin mereka cari. namun kebanyakan dari blogger hanya mengupload video dengan sesuka hati mereka tanpa meriset terlebih dahulu keyword apa yang sedang trend saat ini. Riset keyword berguna sekali mempercepat indexing video anda yang tergabung didalam berkas video yang lain. semakin banyak opsi pencarian dengan keyword tersebut maka akan semakin banyak pula video video lain yang terkait akan dikunjungi.

Anda dapat meriset keyword dengan tool google yang bernama googleadword

Atau anda juga bisa meriset kata kunci dengan googletrends

Fitur fitur diatas merupakan tools yang akan memudahkan kegiatan anda dalam meriset kata kunci yang paling banyak diminati atau paling banyak dicari oleh orang lain. jadi sebaiknya jika anda akan mengupload video usahakan dengan meriset keywordnya terlebih dahulu karna kemungkinan video anda akan ditampilkan lebih banyak peluangnya.

2. JUDUL VIDEO (TITLE VIDEO YOUTUBE)

Agar teknik optimasi SEO youtube anda semakin mantap tambahkan judul yang menarik namun jangan menghilangkan kaidah kata kunci yang terkandung didalamnya. Tema tidak boleh hilang didalam judul.Karnanya judul juga merupakan salah satu teknik optimasi SEO didalam youtube. maka kali ini anda harus memikirkan judul anda dengan benar, meletakan kata kunci yang terkandung didalamnya dengan benar.

3. EDIT video agar tampak menarik,mudah dipahami serta enak ditonton

Ada beberapa kasus saya melihat sebuah video yang berniche berita, didalamnya sama sekali tidak ada kaitannya dengan apa yang sedang kita cari.secara tidak langsung channel video yang kita buat akan dengan gampang dikenali oelh pengunjung dengan begitu. pengunjung cukup sekali channel anda dan tidak akan pernah membuka lagi video anda. karana video berbeda dengan blog. video lebih mudah dikenali ketimbang blog.

4. Buat Video dengan kualitas HD dan sound yang jernih.

terkadang kita sering melihat video yang hanya menyediakan paling mentok 240px tahukah anda ukuran video segitu hanya akan membuat pengunjung yang menontonnya sakit mata. dan dalam waktu yang singkat mereka akan meninggalkan video anda.

Perlu diperhatikan youtube juga memiliki bounce rate sama seperti blog. jika bounce rate sebuah video tinggi maka video tersebut sangat sulit untuk menempati urutan pertama halaman pencarian youtube. hal ini banyak sekali tidak diketahui oleh para youtubers.

Karna itu sangat dianjurkan sekali bagi anda untuk mengupload kualitas video dan sound didalamnya dengan sempurna karna ini akan berdampak pada betah atau tidaknya pengunjung yang menonton video anda.

Selain bounce rate youtube juga memiliki video rentetion. video retention ini merupakan presentase dari kunjungan balik kepada video anda. ini juga merupakan salah satu point SEO youtube semakin banyak presentase yang mengunjungi balik maka video anda semakin memungkinkan untuk menempati posisi pertama.

5. Saat upload Beri nama File video dengan kata kunci
ini juga merupakan salah satu teknik optimasi sEO youtube yang harus anda perhatikan. pada saat file video diupload kita cenderung menggunakan nama file default video yang berasal dari HP atau kartu memory sebuah camera. ini merupakan salah satu cara yang salah. Youtube menamilkan berkas berdasarkan nama file. dan mengurutkannya berasarkan point yang berada pada algoritmanya. otomatis hal ini sangat berdampak sekali terhadap perkembangan ranking video anda.

6. Tingkatkan Promosi Video Youtube anda.

Ini merupakan faktor dan peranan Penting terhadap SEO sebuah Youtube. Faktor penentu anda dapat menempati posisi pertama didalam pencarian SERP youtube ialah sebuah promosi viewer youtube murni datang dari sini. untuk itulah jika anda memiliki video yang penting untuk diberitakan maka tingkatkanlah promosi video youtube anda. Tujuan promosi ialah untuk meningkatkan viewer. jika vewer didalam sebuah video meningkat tajam maka video tersebut pun akan langsung menempati urutan pertama, karna hitungan youtube ini sangat berbeda. hitungan SEO pada viewer youtube ditandai dengan visitor yang meningkat setiap harinya. ini memungkinkan youtube mengenali bahwa video tersebut sangat viral. untuk tujuan itulah youtube menaikan posisi SERP video anda.

7. Lengkapi seluruh komponen Youtube anda.
Nah hal ini juga perlu diperhatikan. Seluruh komponen youtube hendaknya harus anda perhatikan. hal sekecil ini memberikan dampak yang luar biasa bagi optimasi SEO video youtube anda.

Optimasi SEO Channel Video Youtub

Lengkapi channel anda sperti about, deskripsi, nama channel, playlist, serta photo profile dan photo cover channel youtube anda.

8. Banyakan Like,subscribe, dan Komentar.

ini merupakan bahan pertimbangan bagi video youtube anda bagus rankingnya. faktor ranking video youtube sangat ditentukan dari jumlah like, subscribe , view, maupun komentar video. Hal ini mengindikasikan. bahwa video anda sangat banyak peminatnya mulai dari merasa terhibur, merasa terbantu bahkan ada yang merasa bahwa video youtube anda layak untuk mendapatkan sebuah penghargaan.

Nah cara inilah youtube mengenali struktur video yang akan ditampilkan dipencarian paling atas, seperti contoh anda sedang menonton youtube yang ada tanda lencana terverifikasi. mereka akan selalu keluar pertama saat diketik pada kolom pencarian. dikarenakan apa ?? dikarenakan URL channel yang mereka miliki ialah terpercaya serta banyak sekali diminati oleh orang banyak, nah karna itulah tak jarang mereka yang terkenal sudah pasti videonya selalu tampil teratas dipencarian.

9. Backlink

Saya kira backlink tidak berlaku pada youtube. karna menanam backlink dengan cara apapun hal ini hanya akan mengindikasikan rujukan URL untuk menimbulkan viewer .karna itu backlink tidaklah terlalu diperhatikan dalam SEO video youtube .

Baiklah sobat itulah merupakan point point penting yang harus anda lakukan untuk optimasi SEO sebuah video di youtube. jika anda memperhatikan setiap inchinya mudah mudahan video anda juga bisa langusng terkenal dan menempati urutan pertama pada halaman pencarian. saya kira itu saja yang dapat saya sampaikan sekian dan sampai jumpa 😀

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment