Hosting Review Website

9 Kriteria & Cara Memilih Hosting Terbaik

Layaknya rumah bagi WordPress Anda, hosting memiliki peranan penting dalam perkembangan situs web yang Anda miliki. Seperti yang telah Anda ketahui, hosting merupakan tempat yang digunakan oleh user untuk menyimpan semua data, baik berupa teks, gambar, video, dan lain sebagainya yang berasal dari website itu sendiri.

Jadi, tak ada salahnya jika Anda menginginkan hosting terbaik untuk dipasang pada WordPress Anda. Karena jika Anda salah dalam memilih hosting, maka website Anda pun bisa terancam mengalami gangguan. Terlebih kalau website atau blog anda digunakan sebagai sarana untuk mencari uang dari internet, maka akan sangat disayangkan kalau kegiatan bisnis internet anda terhambat hanya karena masalah hosting bandwith terbatas, server down, atau error yang lainnya.

Untuk mendapatkan hosting yang berkualitas tersebut, Anda perlu hati-hati dalam memilih penyedia layanan hosting. Pasalnya, saat ini sudah banyak sekali provider hosting yang beredar di internet untuk menawarkan jasanya untuk mempermudah Anda dalam mengakses semua data website tanpa kendala.

Namun terkadang, promo yang mereka tawarkan tidak sesuai dengan layanan yang Anda terima usai menyewa hosting tersebut. Maka dari itu, sebelum Anda memutuskan untuk menyewa hosting, Anda harus mengenai kriteria dan cara memilih hosting terbaik, demi kelancaran proses loading web Anda.

1. Tipe Hosting

Tipe Hosting
Tipe Hosting

Secara umum, ada 4 tipe hosting yang meliputi shared hosting, VPS, dedicated hosting serta cloud hosting. Dari keempat tipe hosting ini memiliki karakteristik dan harga yang berbeda-beda. Selain itu, Anda tak perlu bingung memilih yang mana, sebab semuanya bergantung pada kebutuhan website Anda.

Secara garis besar, shared hosting lebih murah dibanding yang lainnya sehingga hanya bisa digunakan untuk website yang tingkat lalu lintasnya tidak terlalu padat.

Virtual Private Server (VPS) ini memiliki harga yang tidak terlalu mahal dan tidak terlalu murah, tepatnya harganya berada di antara jenis hosting lainnya. Keuntungan lainnya dari VPS ini, meski harganya tidak terlalu mahal, namun satu VPS bisa digunakan untuk beberapa server.

Sementara dedicated hosting menawarkan kontrol yang maksimal terhadap serber web yang Anda simpan di dalam website. Server dengan harga cukup mahal ini hanya mampu menyimpan satu situs di dalamnya.
Yang terakhir adalah cloud hosting yang memiliki kemampuan tak terbatas dan cocok digunakan untuk web yang bertraffic tinggi. Tentunya, harganya pun setara dengan kualitas yang ditawarkan oleh jenis hosting ini.

2. Performa Server Berkualitas Tinggi

Apa saja parameter yang membuat performa server berkualitas tinggi? Parameter-parameter tersebut di antaranya adalah:

  • Lokasi server: usahakan lokasinya berdekatan dengan lokasi di mana web Anda sering diakses, namun juga memudahkan Anda untuk mengakses web di negara lain (US, UK, Afrika, dll).
  • Spesifikasi server: kecepatan prosesor tinggi, jenis harddisk menggunakan SSD atau tidak, kapasitas RAM tinggi, dan kecepatan akses tinggi.

3. Kapasitas Bandwidth

Bandwidth
Bandwidth

Bandwidth dikenal sebagai banyaknya data yang diizinkan untuk ditransfer dari sebuah server ke audience / pengunjung. Saat ini, sebagian besar layanan menawarkan kapasitas bandwidth yang tak terbatas dan mereka tidak terbuka dengan batasan bandwidth tersebut. Sebaiknya pilih penyedia hosting yang memberikan layanan bandwidth unlimited agar kasus website tidak bisa diakses tidak terjadi.

Sedikit pengetahuan, sebenarnya jumlah bandwidth yang Anda gunakan tersebut sangat ditentukan oleh jumlah traffic yang diterima dan ukuran konten pada hosting. Situs yang banyak gambar membutuhkan kapasitas bandwidth yang jauh lebih besar daripada situs yang banyak teks.

4. Customer Support Berkualitas Selama 24 Jam

Customer Support
Customer Support

Fungsi dari pelayanan customer support yang berkualitas selama 24 jam ini bisa Anda gunakan untuk menyelesaikan permasalahan Anda dalam menyewa hosting. Misalnya saja, web tiba-tiba down, ingin memperpanjang hosting secara otomatis, dan masalah teknis lainnya.

Jika CS merespon selama 24 jam, artinya mereka selalu siap sedia kapanpun untuk membantu Anda, sehingga pilihlah CS yang ramah dan sopan untuk membuat Anda nyaman bertanya.

Namun ada satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan yaitu bagaimana caranya Anda menghubungi pihak CS. Biasanya provider hosting terbaik yang sudah berpengalaman akan menyediakan banyak cara komunikasi untuk clientnya, mulai dari live chat 24/7, panggilan telepon, email, hingga tiket bantuan.

5. Harga Terbaik dan Unlimited

Ingat ya sekarang Anda mulai ganti mindset Anda dengan membeli produk dengan harga terbaik. Untuk hosting ini, Anda perlu mencari provider dengan layanan hosting berkualitas namun tetap mengedepankan harga yang wajar, tidak murah dan tidak terlalu mahal.

Sebelum memutuskan untuk membayar, cek terlebih dahulu rincian harga apakah sesuai dengan spesifikasi yang Anda butuhkan. Kemudian bandingkan dengan beberapa provider yang lain. Biasanya level harga yang lebih tinggi menawarkan jenis paket hosting dan performa yang lebih baik.

6. Sistem Keamanan

Sistem keamanan yang dimaksud adalah sistem yang mampu mengamankan data-data website dari para hacker jahat. Hacker ini biasanya hanya menargetkan tipe hosting shared dan VPS saja, sedangkan untuk server hosting terbilang aman.

Cara yang tepat untuk mengetahui layanan hosting menyediakan sistem keamanan yang memadai ditandai dengan tools yang digunakan untuk mencegah serangan berbahaya pada server maupun website pelanggan.

7. Bergaransi Uang Kembali

Selain harga terbaik, pelanggan juga ingin layanan hosting yang mereka sewa memiliki garansi yang menjanjikan, seperti garansi uang kembali. Hal ini menandakan bahwa paket hosting yang mereka tawarkan bisa Anda gunakan sebagai trial (uji coba). Sehingga jika Anda kurang puas dengan layanannya, Anda bisa melakukan klaim dan uang Anda dikembalikan.

Namun, meski bergaransi uang kembali, masih ada syarat ketentuan yang harus Anda penuhi. Untuk itu, carilah provider yang menerapkan syarat dan ketentuan yang tidak menyesatkan.

8. Tersedia Fitur Tambahan

BitNinja Smart Security
BitNinja Smart Security

Tak hanya fitur utama hosting saja yang bisa Anda dapatkan, namun juga menyediakan fitur tambahan, seperti:

  • SpamAssassin Protection dan SpamExperts, untuk memproteksi web dari spamming.
  • BitNinja Smart Security, untuk mengamankan server dari serangan malware, hacker, dan botnet.
  • Website Builder, untuk memudahkan Anda membangun website.
  • Softaculous Auto Installer, yang memudahkan Anda dalam menginstal tool dan plugin.

9. Menampilkan Review / Testimonial Pelanggan

Langkah terakhir dalam memilih hosting terbaik adalah dengan meninjau testimonial atau review dari pelanggan provider tersebut. Kamu menyarankan agar Anda membaca ulasan dari blog dan forum yang terpercaya untuk mendapatkan gambaran yang lebih objektif.

Ketahui kelebihan dan kekurangan jenis hosting yang akan Anda sewa, kemudian refleksikan kedua hal tersebut sesuai dengan hosting yang Anda butuhkan. Apabila Anda menemukan beberapa kecocokan, Anda pun bisa dengan yakin berlangganan pada provider yang bersangkutan.

Dari beberapa kriteria dan cara memilih hosting tersebut, semuanya berhubungan dan sangat bergantung pada kebutuhan Anda. Jangan meniru-niru hosting yang digunakan oleh orang lain, tanpa alasan yang jelas. Sebab keamanan data yang ada di dalam website Anda sangat bergantung pada layanan hosting yang Anda gunakan.

Periksalah semua sepesifikasi maupun fitur hosting apakah sudah sesuai dengan kebutuhan web Anda. Jangan sampai rasa penyesalan itu datang di kemudian hari!

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment