Info Menarik

Apa Itu Antivirus dan Apa Fungsinya?

Kalau ngomongin soal antivirus, tentu kamu gak asing lagi dengan program yang satu ini. Tapi apa sih yang dimaksud dengan antivirus?

Istilah antivirus merupakan istilah yang cukup familiar di telinga pengguna komputer maupun perangkat mobile. Namun tidak sedikit yang tidak mengetahui program seperti apa antivirus itu.

Lalu, Apa Itu Antivirus?

Secara mudahnya, antivirus merupakan suatu progam yang didesain secara khusus untuk mencari dan menghapus virus yang menyerang komputer atau perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Selain itu, program ini juga memiliki kemampuan untuk mencegah komputer terinfeksi virus baru.

Saat ini antivirus sudah tersedia untuk berbagai perangkat yang menggunakan sistem operasi yang berbeda seperti Windows, Mac, Linux, iPhone dan Android.

Sebenarnya istilah antivirus untuk program seperti itu kurang tepat karena progam tersebut tidak hanya dapat membersihkan virus, tetapi juga jenis malware lain yang dapat menyerang sistem komputermu.

Kenapa PC Perlu Antivirus?

Antivirus diperlukan karena ada banyak sekali ancaman yang dapat masuk dan menyerang komputermu. Kehadiran ancaman berupa virus dan malware lain selalu ada. Para hacker pun selalu melakukan cara-cara baru dan mengembangkan malware untuk berbagai tujuan.

Ada beberapa hal yang dapat dilakukan virus dan malware lain pada komputermu, seperti :

  • Mencuri informasi penting dan personal dari komputermu, termasuk informasi mengenai akun bank dan nomor kartu kreditmu.
  • Melakukan serangan seperti Denial of Service (DDOS) dan spamming email.
  • Mengirimkan ancaman ransomware untuk membuatmu mengirimkan uang pada hacker.
  • Memunculkan iklan pop up secara acak ketika kamu menggunakan komputer.

Terkadang ancaman yang kamu rasakan tidak terlalu mengganggu. Tetapi terkadang terasa cukup menyebalkan dan membuatmu tidak bisa menggunakan komputer atau tidak bisa mengakses file.

Virus biasanya akan mengkonsumsi memori, CPU dan sumber daya lain dari komputer sehingga membuat komputer melambat. Hal ini juga membahayakan dirimu karena malware bisa mengirim info penting mengenai dirimu.

Apa Yang Bisa Dilakukan Antivirus Untuk Mencegah dan Membasmi Virus?

Penggunaan antivirus terbilang cukup penting, terutama jika kamu menggunakan OS Windows. Antivirus memiliki fungsi yang sangat berguna dalam menghadapi serangan virus. Beberapa diantaranya adalah :

Scan Virus Secara Teratur

Melakukan scan atau pemindaian pada pada program komputer dan file untuk menemukan virus adalah hal yang cukup penting. Dengan melakukan hal ini, maka kamu bisa menemukan virus yang bersembunyi di komputermu sehingga infeksi bisa dicegah dan dihentikan sebelum bertambah parah.

Antivirus bisa melakukan ini secara teratur. Bahkan program tersebut pun bisa melakukan pemindaian setiap hari secara otomatis.

Melindungimu Saat Menggunakan Internet

Sejumlah antivirus dapat menawarkanmu untuk menggunakan ekstensi browser yang nantinya bisa melindungi kamu dari serangan virus ketika menjelajahi internet. Ekstensi tersebut akan memperingatkanmu saat kamu mengunjungi website yang dapat membahayakan komputermu.

Memantau Lalu Lintas Jaringan Komputer

Saat ini banyak antivirus yang sudah dilengkapi dengan kemampuan untuk memantau semua lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar dari komputermu. Antivirus tersebut akan mengenali ancamanan saat ada software baru yang mencurigakan berkomunikasi dengan komputermu.

Hal Lain Yang Perlu Dilakukan Selain Memasang Antivirus

Semua fitur yang dimiliki antivirus akan bekerja sama untuk melindungi perangkat komputer dan perangkat mobile dari serangan virus dan malware lain. Meski demikian, masih ada hal yang perlu dilakukan selain memasang antivirus. Salah satunya adalah menghindari hal-hal berikut.

  • Mengklik link phising dari email.
  • Mendownload software dari sumber yang berbahaya.
  • Menghindari penggunaan software peer-to-peer file sharing seperti torrent.
  • Link yang berbahaya di sosial media.

About the author

Alvin

Leave a Comment