Info Menarik

Apa Itu Hyperlink? Dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Jika kamu mengklik menu atau rekomendasi artikel di website ini, maka secara otomatis, browsermu akan berpindah ke halaman lain. Ini karena pada menu tersebut terdapat hyperlink.

Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay

Hyperlink sendiri merupakan link di website yang menuju ke sumber lain. Ada jenis perintah khusus untuk menggunakan hiperlink sehingga ketika diklik, maka browser pengunjung web akan berpindah ke halaman lain, atau membuka tab baru.

Saya sendiri akhir-akhir ini sering menggunakan hyperlink untuk memberikan informasi yang lebih detail terkait apa yang saya bahas. Misalnya, coba klik di sini jika ingin membelajari tentang Task Manager.

Nah, bisa dilihat bukan. Kamu dibawa ke halaman lain dari website ini.

Penggunaan Hiperlink Di Website

Sebagian besar halaman website yang kamu kunjungi berisi belasan hingga puluhan hyperlink. Setiap hyperlink yang dipasang dapat mengirimkan pengunjung ke file, gambar ataupun halaman web yang terkait.

Bukan hanya website, mesin pencari seperti Google, Bing, DuckDuckGo dan mesin pencari lainnya juga menggunakan hyperlink. Setiap kali kamu mencari sesuatu di halaman mesin pencari, maka hasilnya adalah hyperlink yang menuju ke halaman-halaman web yang berbeda.

Selain itu, hiperlink juga dapat mengirim pengunjung ke bagian tertentu dari halaman web dengan menggunakan anchor.

Sebagai pengguna browser, kamu akan tahu bagian web mana saja yang memiliki hyperlink saat kursor mousemu berubah menjadi icon tangan dengan jari telunjuk yang mengarah ke atas.

Tampilan hyperlink sendiri berbeda-beda. Terkadang bisa sebagai gambar, kata atau frasa yang telah digaris bawahi, iklan, atau menu drop-down.

Menggunakan Hyperlink

Sebagai pengunjung website, kamu bisa mengklik hyperlink untuk berpindah dari halaman web ke halaman web lain yang telah ditentukan. Misalnya, jika pada salah satu artikel di web ini terdapat hyperlink dalam bentuk kata atau frasa yang digarisbawahi. Maka kamu bisa mengklik kata atau frasa tersebut untuk mendapatkan info tambahan.

JIka kamu suka dengan halaman yang ditargetkan, maka kamu bisa tetap di sana dan membacanya. Tetapi jika kamu tidak suka, maka kamu bisa menekan tombol backspace yang terdapat di kiri atas browser untuk kembali ke halaman semula.

Untuk membuka hyperlink di tab lain, kamu bisa menekan tombol Ctrl. Tahan tombol tersebut lalu klik link yang ingin kamu buka. Dengan begitu, link tersebut akan terbuka di tab lain. Atau kamu juga bisa mengklik link tersebut dengan menggunakan tombol scroll mouse.

Cara Membuat Hyperlink

Hyperlink sendiri bisa dibuat secara manual. Caranya adalah dengan menyesuaikan konten html pada halaman web untuk menyertakan link URL yang dituju.

Meski demikian, saat ini ada cara yang lebih mudah karena ada banyak web editor, aplikasi pengedit teks dan penyedia layanan email yang menyediakan fitur untuk membuat hyperlink.

Misalnya jika kamu ingin menempelkan link di artikel web, kamu copy terlebih dahulu URL halamannya. Setelah itu pilih kata atau frasa yang ingin kamu tempelkan URL tersebut.

Blok kata yang telah dipilih, lalu klik menu tautan.

Setelah itu, paste URL yang telah dicopy dan klik OK atau terapkan. Nantinya, jika teks tersebut di klik, maka halaman web akan berpindah.

Sementara itu untuk kamu yang ingin menempelkan hyperlink di teks email, blok kata yang akan ditempelkan hyperlink. Tekan Ctrl + K dan masukan link yang mengarakan ke tautan yang dituju, bisa gambar, video ataupun halaman web.

About the author

Alvin

Leave a Comment