Article Info Menarik

Apa Itu Jaringan Sinyal 5G? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Berbicara mengenai sinyal atau jaringan pasti anda sendiri akan bertanya tanya. Apakah seiring dengan perkembangan zaman ini akan semakin baik atau kah malah semakin membawa dampak yang buruk ? Seperti yang kita ketahui semakin lahirnya sistem jaringan terbaru maka tentu akan semakin baik. Semua fitur yang tidak ada versi sebelumnya kemungkinan besar akan ada diversi yang terbaru. Inilah yang selalu dimunculkan oleh orang orang demi pengalaman yang lebih baik.

Dahulu mungkin anda sering mendengar jaringan H+ atau H ++ Dulu jikalau dapat saja jaringan ini didaerah kita mungkin akan sangat senang sekali sebab kita mampu berkomunikasi dengan baik melalui jaringan ini. Setelah beberapa waktu sinyal H+ upgrade menjadi 3G. Jaringan 3G banyak membawa dampak positif bagi zaman modern ini. Kemudahan seperti berinternet ria semakin lancar jaya dismartphone kita.

Beberapa waktu kemudian jaringan 3G melahirkan generasi keempatnya yang kemudian kita kenal dengan jaringan 4G. Disini lah kita hampir menemui puncak kelancaran dalam berkomunikasi. Internet merupakan bagian paling penting dalam dunia telekomunikasi, dimana internet sendiri berguna untuk menyalurkan data atau informasi secara online. Di masa kini jaringan internet sudah memasuki generasi ke 5 atau biasa disebut dengan 5G, konon kabarnya jaringan tersebut akan resmi digunakan di tahun 2020 mendatang.

Baca Juga : Apa Itu Internet ? Pengertian Internet dan Fungsinya

Pengertian Jaringan Sinyal 5G

Penjelasan-Lengkap-Jaringan-5G

Jaringan 5G merupakan generasi terbaru setelah 4G, dimana 5G menggunakan gelombang radio sebagai media menyalurkan data. Kabarnya jaringan tersebut mampu menghasilkan kecepatan yang lebih maksimal, sehingga kebutuhan data yang besar bisa diselesaikan hanya hitungan detik saja.

Secara garis besar 5G mengusung banyak sekali perubahan di dunia telekomunikasi, diharapkan teknologi tersebut bisa berguna untuk berbagai kebutuhan di masa yang akan datang. Umumnya jaringan ini sendiri memiliki beberapa kelebihan yang dibawa, mulai dari kecepatan super, jaringan stabil, koneksi yang maksimal, dan kelebihan-kelebihan lainnya.

Baca Juga : Pengertian, jenis dan kegunaan jaringan komputer

4 Kelebihan Sinyal 5G Yang Wajib Anda Ketahui

Tentu saja semakin berkembangnya suatu produk maka akan menghasilkan pula keunggulan keunggulan lainnya yang mungkin tidak ada pada versi yang sebelumnya. Di versi jaringan 3G dan 4G yang tidak dimiliki di jaringan 5G yang super ini diantaranya adalah :

1 Kecepatan Super

Salah satu kelebihan utama dari jaringan 5G ini ialah kecepatan yang menyentuh multi gigabyte, tak heran dengan jaringan tersebut kamu mampu mendownload file lebih cepat 20 kali dari pada menggunakan 4G.

Selain itu dengan kecepatan super ini membuat berbagai keluhan di masa lalu bisa teratasi, mulai dari bermain game, streaming, ataupun kegiatan online lainnya yang membutuhkan jaringan selalu cepat. Disini kamu tidak akan menemui yang namanya lag ataupun buffering sama sekali.

2 Jaringan yang Stabil

Jaringan yang stabil juga ikut menjadi salah satu faktor yang membuat 5G sangat unggul, kamu bisa menggunakan jaringan ini tanpa takut koneksi yang naik turun seperti pada jaringan sebelumnya. Oleh karena itu 5G ini sangat cocok untuk kegiatan multitasking secara online sekalipun.

Bahkan kabarnya jaringan tersebut mampu melakukan steaming video hingga 8K tanpa adanya buffering, dengan kecepatan tersebut memungkinkan bagi kamu untuk bermain game multiplayer dengan grafik tinggi tanpa adanya lag.

3 Koneksi yang Lebih Luas

Apabila kamu sering merasakan jaringan yang kurang luas di lingkungan sekitar. Maka dengan 5G kamu tidak lagi akan merasakan hal tersebut. Hal ini dikarenakan jaringan 5G memberikan jangkauan yang lebih luas dari pada jaringan sebelumnya. Sehingga kamu bisa merasakan kecepatan kapanpun dan di manapun kamu berada.

Dengan hadirnya teknologi tersebut diharapkan di masa yang akan datang, wilayah yang sulit mendapatkan jaringan bisa mendapatkannya dengan 5G tersebut. Adanya teknologi yang mengusung gelombang radio inilah yang membuat jangkauan bisa menjadi lebih luas. Dimana jaringan bisa di jangkau walaupun tertutup oleh objek tertentu yang ada di sekitarnya.

4 Mampu Melakukan Panggilan Holografik

Teknologi 5G juga membawa hal baru di dunia telekomunikasi, disini kamu akan bisa melakukan panggilan holografik di masa depan nanti. Panggilan ini hampir mirip dengan video call di masa kini, namun panggilan holografik bisa menampilkan objek secara 3 dimensi, sehingga terlihat seperti berbicara langsung dengan orang tersebut.

Panggilan ini mulai di cetuskan dan diteliti agar bisa dilakukan di masa depan, mengingat 5G sudah mampu untuk melakukan hal tersebut. Apalagi ada lembaga yang bernama Vodafone telah membuktikan kemampuan 5G dalam menghadirkan panggilan holografik.

Jaringan 5G memang membawa dampak yang sangat besar di dunia telekomunikasi, terutama pada penyampaian data ataupun informasi melalui jaringan internet. Diharapkan di masa depan teknologi tersebut mampu menghadirkan hal baru yang bisa membuat dunia teknologi semakin maju. Demikian sedikit intermisso mengenai jaring Five G ini semoga bermanfaat ๐Ÿ˜€

About the author

Imass Queen

Penulis Blog ~ modelstarz_ ๐Ÿ”ž ads / shout out inquiry for more information

Leave a Comment