Info Menarik

Apa itu Malware? Apa Bedanya Dengan Virus?

Kali ini kita akan membahas mengenai malware. Sesuatu yang bisa dibilang cukup berbahaya jika dibiarkan begitu saja. Malware bisa masuk ke komputermu dan mengacak-ngacak perangkat tersebut dari dalam.

Bagi pengguna komputer, terutama mereka yang menggunakannya sehari-hari dan tidak bisa lepas darinya, baik itu karena pekerjaan atau hobi seperti bermain game, malware adalah hal yang harus diwaspadai.

Terkadang istilah malware sendiri digunakan secara bergantian dengan virus untuk menunjuk hal yang sama. Tidak terlalu mengherankan karena sebagian pengguna komputer menganggap keduanya bukanlah hal yang berbeda.

Tetapi sebenarnya malware dan virus itu berbeda.

Lalu Apa Itu Malware?

Malware merupakan istilah umum yang dapat digunakan untuk hampir semua ancaman yang dapat menyerang komputer atau perangkat seluler, termasuk beberapa hal di bawah ini,

Virus

Virus adalah suatu program yang jika didownload ke suatu system seperti komputer dan smartphone, maka dia akan memperbanyak diri. Proses tersebut dilakukan secara otomatis dengan cara memodifikasi software yang telah terinstal di komputer yang diserang atau file-file lain yang terdapat di komputer tersebut.

Trojan

Trojan seringkali menyamar sebagai program yang berguna sehingga pengguna komputer akan tertarik untuk mendownload dan menginstal program tersebut di komputernya. Namun seperti kuda Troya dalam mitologi Yunani, wujud aslinya baru terlihat setelah kamu menginstalnya. Trojan pun nantinya akan melakukan fungsi yang berbahaya atau merusak komputermu.

Worm

Seperti virus, program ini juga bisa menggandakan dirinya. Namun worm biasanya melakukan hal tersebut melalui jaringan komputer. Setelah di download oleh komputer, maka worm dapat membuat salinan dirinya serta menyebar ke komputer lain yang terhubung dengan komputer yang telah terserang program tersebut.

Worm sendiri bisa merusak file dan mencuri data dari komputer yang telah diserang olehnya.

Adware

Adware merupakan suatu program yang dapat menginstal dirinya sendiri di komputer target. Saat komputer terserang adware, maka di layar akan tampil sejumlah iklan yang cukup mengganggu ketika pengguna menggunakan browser untuk berselancar di internet.

Potentially Unwanted Programs

Potentially Unwanted Programs atau PUP adalah program yang terdownload atau terinstal secara otomatis tanpa diinginkan oleh pengguna komputer. Umumnya, PUP menumpang atau terkadang disisipkan pada software yang kamu download. PUP sering ditemui pada software gratis. Jadi hati-hati saat mendownload software seperti itu.

Potentially Unwanted Programs bisa hadir dalam berbagai bentuk, baik adware, toolbar yang terdapat di browser maupun aplikasi penambang bitcoin. Program-program tersebut akan menggunakan sumberdaya komputer, terutama CPU tanpa sepengetahuanmu.

Backdoor

Istilah backdoor sebenarnya bisa digunakan untuk beberapa hal. Tetapi seringkali istilah backdoor dikaitkan dengan konteks hacking dimana tool tersebut digunakan oleh para hacker untuk mendapatkan akses gelap ke sebuah website atau komputer.

Bisa dibilang, ini semacam portal rahasia untuk mengakses data, system dan file-file penting.

Exploit

Exploit merupakan kode yang ditulis secara spesifik untuk mengekploitasi bug ataupun celah keamanan dari suatu sistem komputer. Exploit ini bisa digunakan secara legal ataupun illegal.

Exploit tidak selalu digunakan secara negatif. Para peneliti keamanan komputer pun terkadang menggunakan exploit untuk menunjukan kerapuhan dari sistem keamanan perangkat tertentu.

Apakah Malware Bisa Dihindari Dengan Menggunakan Antivirus?

Ya. Tapi tidak selalu. Program antivirus memang menyediakan perlindungan untuk komputermu dari semua jenis malware. Program ini melakukannya dengan cara memindai file yang didownload atau website yang kamu kunjungi.

Tetapi antivirus sendiri sama seperti program lainya, memiliki kelemahan di beberapa titik sehingga terkadang malware bisa melewati pemindaian yang dilakukan antivirus dan menyerang komputermu. Oleh sebab itu, kamu harus tetap berhati-hati. Terus update antivirus dan system operasi yang kamu gunakan.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment