Tech

Apa Itu Microsoft PowerPoint?

Jika kita ingin membuat slide presentasi, maka tentunya pilihan utama untuk membuat slide tersebut jatuh pada software Microsoft PowerPoint.

Microsoft PowerPoint ini memang cukup populer di kalangan pengguna PC, terutama yang menggunakan OS Windows. Banyak pengguna Windows yang menggunakan software tersebut untuk membuat slide presentasi.

Dengan bantuan slide yang dibuat di Microsoft PowerPoint, mereka pun dapat menghadirkan presentasi yang lebih menarik dan efektif.

Bukan Buatan Microsoft

Tentunya kita mengenal Microsoft PowerPoint sebagai bagian dari Microsoft Office. Tetapi tahukah kamu, bahwa Microsoft PowerPoint sebenarnya bukan buatan Microsoft?

Microsoft PowerPoint pertama kali dikembangkan oleh Dennis Austin dan Robert Gaskins untuk Forethought, Inc. Program yang awalnya bernama Presenter ini diluncurkan untuk Apple Macintosh di tahun 1987.

Tetapi di bulan Juli di tahun yang sama, Microsoft Corporation membeli hak untuk PowerPoint dengan harga 14 juta dolar. Sejak saat itu, Microsoft terus merilis versi baru dengan banyak pembaharuan.

Apakah Kamu Membutuhkan PowerPoint?

Ada banyak software presentasi yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi. Beberapa diantaranya adalah SlideDog dan Apache OpenOffice yang dapat kamu download dan gunakan secara gratis.

Tetapi jika kamu ingin mengintegrasikan slide yang kamu buat dengan program lain dari Microsoft, berkolaborasi dengan orang lain dalam membuat presentasi atau ingin slide presentasimu dilihat oleh banyak orang di dunia, maka kamu akan mendapatkan keuntungan dengan menggunakan Microsoft PowerPoint.

Microsoft PowerPoint sendiri dilengkapi dengan banyak fitur yang sangat diperlukan untuk membuat presentasi yang menarik. Proses pembuatanya pun terbilang mudah. Kamu bisa mulai dengan membuka Microsoft PowerPoint.

Nanti akan ada slide kosong yang bisa kamu isi dan edit sesuai keinginanmu. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan templates, baik yang terdapat di PowerPoint maupun templates lain yang bisa kamu download secara gratis.

Templates sendiri merupakan kumpulan slide yang telah dibuat oleh orang lain. Template hadir dengan berbagai desain dan gaya. Jadi kamu bisa mencari yang sesuai dengan keinginanmu.

Dengan menggunakan template, kamu bisa membuat slide secara lebih mudah. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari template yang sesuai dan mengeditnya.

Ada banyak hal yang dapat dimasukan agar tampilan slide menjadi lebih menarik, seperti bagan, gambar dan video.

Apa Itu Slide Presentasi PowerPoint?

Dari tadi kita membicarakan mengenai slide presentasi. Tapi kalau kalian mau tau apa sih yang dimaksud dengan slide presentasi yang ada pada PowerPoint?

Slide presentasi PowerPoint adalah kumpulan slide yang kamu buat dengan menggunakan PowerPoint. Slide tersebut berisi informasi yang ingin kamu bagikan. Nantinya, slide yang kamu buat bisa digunakan sebagai alat bantu saat kamu melakukan presentasi.

Dengan menggunakan slide presentasi PowerPoint, kamu akan lebih mudah menjelaskan informasi yang ingin kamu sampaikan. Sementara di sisi lain, orang yang mendengarkanmu akan lebih paham apa yang kamu bicarakan karena informasi penting dan menarik juga akan ditampilkan di layar.

Bagaimana Caranya Mendapatkan Microsoft PowerPoint?

Sebelum mencari tahu bagaimana caranya mendapatkan Microsoft PowerPoint, coba cek terlebih dahulu apakah komputermu memiliki Microsoft PowerPoint atau tidak.

Untuk melakukannya, klik di Start menu dan ketik PowerPoint di kolom pencarian. Setelah itu klik Enter.

Jika PowerPoint masih belum terinstall di komputermu, kamu bisa mendapatkannya dengan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan berlangganan Office 365. Layanan tersebut bisa diakses dengan membayar biaya bulanan. Selain itu, kamu juga bisa membeli versi offlinenya di Microsoft Store.

About the author

Alvin

Leave a Comment