TipsTrick

Apa Itu Spyware dan Bagaimana Cara Menghindarinya?

Mudahnya, spyware adalah salah satu jenis malware yang bertujuan untuk melacak aktivitas internetmu. Spyware pun bisa mengumpulkan informasi penting dan sensitif seperti website yang kamu kunjungi dan nomor kartu kredit yang kamu masukan saat berbelanja atau membayar layanan tertentu.

Ada banyak alasan kenapa seseorang mengirim spyware. Alasan yang paling umum adalah untuk memata-matai komputer seseorang, mencuri identitas dan mengumpulkan data yang nantinya akan dijual pada pihak ketiga.

Spyware bisa melacak website yang kamu kunjungi, aktivitas di media sosial, hingga melacak email yang kamu kirim. Jadi jika kamu punya data-data penting atau aktivitas yang kamu lakukan di komputer merupakan aktivitas yang sangat penting, maka sangat dianjurkan untuk menginstal antivirus yang mampu menghadang serangan malware tersebut.

Salah satu spyware yang sering digunakan adalah keylogger. Tool tersebut bisa merekam apapun yang kamu ketik di komputer. Selain itu terdapat pula tool yang bisa merekam apa yang ditampilkan di layar komputer.

Program seperti itu tentu sangat berbahaya karena bisa jadi saat kamu membeli sesuatu secara online, data yang kamu masukan, termasuk nomor kartu kredit bisa diketahui oleh orang yang memasang spyware tersebut.

Bagaimana Caranya Spyware Bisa Masuk Ke Komputer?

Spyware menyusup ke komputer dengan berbagai cara dan bekerja di belakang layar sehingga pengguna tidak sadar bahwa komputer yang dia gunakan telah terserang spyware.

Berikut ini beberapa cara yang biasa digunakan spyware untuk masuk ke komputermu.

  • Di install oleh penyerang di perangkat komputermu.
  • Masuk bersama program yang kamu download dari sumber yang telah terinfeksi.
  • Ketika kamu membuka email yang mencurigakan.
  • Melalui koneksi internet yang tidak aman.

Sejarah Spyware

Istilah spyware pertama kali digunakan pada bulan Oktober 1996 di Usenet. Setelah itu beberapa tahun kemudian, istilah spyware menjadi identik dengan peralatan mata-mata seperti kamera tersembunyi yang digunakan pada perangkat tertentu.

Kemudian di tahun 1999, istilah ini mulai menjadi istilah yang umum. 1 tahun kemudian, yaitu di tahun 2000 aplikasi anti spyware pertama pun dirilis ke publik.

Dari tahun 2000 hingga sekarang, para penyerang terus melakukan berbagai upaya untuk mengirimkan spyware demi mendapatkan informasi yang dibutuhkan oleh mereka. Merespon hal ini, sejumlah perusahaan anti virus seperti McAfee dan Norton pun terus memperbaharui perangkat lunak mereka untuk melindungi pengguna dari serangan spyware dan program lain yang membahayakan mereka.

Bagaimana Caranya Melindungi Komputer dari Serangan Spyware

Setiap kali kamu menggunakan komputer yang terhubung dengan internet, maka kamu punya kesempatan untuk terserang spyware. Jadi sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya menghindari serangan spyware, baik ketika sedang berselancar di internet, mendownload software, menggunakan sosial media maupun ketika membuka email.

Untuk menghindari serangan spyware, coba lakukan hal-hal berikut.

Update OS dan Browser

Sangat penting untuk mengupdate sistem operasi dan browser. Dengan melakukan update pada sistem operasi dan browser, sejumlah bug yang membuat perangkat komputermu lebih mudah terserang spyware dapat diperbaiki.

Hati-hati Ketika Mendownload File

Spyware dan malware lain seringkali bersembunyi di file yang dapat didownload di situs file sharing. Jadi berhati-hatilah jika kamu ingin mendownload file, terutama saat mengunjungi website yang mencurigakan.

Abaikan Iklan Pop-up

Saat muncul iklan pop up di browser atau di website yang kamu kunjungi, sebaiknya kamu mengabaikannya. Kalau perlu, pasang pop-up blocker atau adblocker yang memiliki kemampuan untuk memblokir iklan pop up.

Waspada Saat Membuka Email

Saat kamu membuka email, mungkin ada pilihan untuk mendownload dokumen. Berhati-hatilah. Jangan buka dulu, terutama jika email berasal dari alamat yang tidak kamu kenal.

About the author

Alvin

Pemiliki Warnet yang merangkap sebagai Op Warnet dan penulis Freelancer.

Leave a Comment