Tech

Apa Sih Bedanya Cloud Storage dan Cloud Backup?

Saat ini kamu bisa menyimpan file secara online. Entah itu file dokumen, foto maupun video dengan ukuran yang cukup besar, semuanya bisa disimpan secara online dengan menggunakan cloud storage atau penyimpanan awan.

Menggunakan cloud storage akan membuat data dan file milikmu lebih aman. Kamu tidak perlu khawatir saat hard disk di PC atau laptop rusak karena data dan file yang kamu miliki tersimpan secara aman di internet sehingga nantinya kamu bisa mengakses file tersebut dan mendonwloadnya kembali ke PC, laptop ataupun smartpone.

Selain cloud storage, ada juga yang namanya cloud backup. Keduanya memiliki banyak kemiripan sehingga sulit dibedakan. Meski demikian, keduanya merupakan fitur atau layanan yang berbeda.

Cloud Storage Vs Cloud Backup

Baik cloud storage maupun cloud backup memiliki cara kerja yang mirip. Keduannya pun punya tujuan yang sama, yaitu menyimpan file secara online. Hal ini membuat perbedaan antara cloud storage dan cloud backup terasa cukup membingungkan untuk sebagian orang.

Namun meski memiliki cara kerja yang mirip dengan hasil akhir yang sama, yaitu menyimpan file di internet. Untuk tujuan penggunaan, keduanya punya perbedaan.

Mengetahui hal ini terbilang cukup penting mengingat kamu nantinya akan lebih mudah dalam memilih layanan apa yang sebaiknya kamu gunakan untuk mengamankan file.

Cloud Storage

Pada cloud storage, kamu bisa memilih file mana yang akan kamu simpan secara online. Setelah itu kamu akan mengirimnya ke layanan cloud storage. Tentu saja kamu harus membuat akun terlebih dahulu.

Sebagian besar layanan cloud storage tersedia secara gratis. Namun umumnya layanan tersebut menyediakan ruang penyimpanan yang terbatas. Jika kamu menginginkan ruang penyimpanan yang lebih besar dan fitur yang lebih banyak, maka kamu pun perlu membayar biaya layanan untuk mengakses versi premium.

Saat kamu mengupload filemu ke layanan cloud storage, maka file tersebut akan tersimpan secara aman di cloud storage tersebut sehingga kamu pun bisa menghapus file yang sama yang terdapat di komputermu tanpa perlu merasa khawatir.

Cloud Backup

Pada Cloud backup, kamu umumnya perlu menginstal program ke komputermu. Nantinya program tersebut dapat digunakan untuk melakukan backup secara online pada file yang kamu inginkan.

Jika kamu seperti saya yang harus menyimpan data dan merubah data di excel setiap hari, maka sebaiknya kamu gunakan cloud backup agar data yang kamu perlukan tetap aman dan update.

Ini karena dengan menggunakan cloud backup, maka program tersebut akan mengupload semua perubaan yang kamu lakukan pada file yang telah di backup. Begitu pun jika kamu menghapus file tersebut di komputer, maka file cadangan yang tersimpan secara online juga akan ikut terhapus.

Fitur backup pada cloud backup terbilang sangat penting jika kamu membutuhkan fitur yang dapat mengamankan data-datamu. Ini karena saat komputer tidak berfungsi, baik karena kerusakan hardware maupun serangan virus, maka kamu pun dapat memulihkan kembali semua file yang kamu simpan di internet.

File-file yang dipulihkan pun merupakan versi terbaru sehingga data-data yang kamu simpan di sana bisa selamat.

Saya sendiri beberapa kali harus menginstal ulang komputer karena kerusakan pada hard disk dan serangan virus. Namun dengan menggunakan cloud backup, saya bisa kembali mengakses data-data penting yang telah saya ubah sehari sebelumnya. Ini sangat penting bagi saya karena saya harus menulis laporan keuangan setiap hari.

Sementara untuk cloud storage, kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan file-file yang tidak akan kamu ubah dalam jangka waktu yang lama tetapi ingin kamu share dengan teman-temanmu atau ingin kamu download kembali suatu hari nanti. Layanan tersebut juga sangat berguna untuk kamu yang ingin mengakses file yang kamu simpan secara online dari perangkat lain.

About the author

Alvin

Leave a Comment