Info Menarik

Apa yang Dimaksud dengan Browser, Pengertian Dan Contoh

Halo sob!. Hari ini admin jagoankode ingin berbagi sesuatu info yang sangat menarik untuk dibaca. Sambil menambah pengetahuan sobat mengenai apa itu browser, dan contoh contoh browser yang saat ini sudah dikenal luas oleh masyarakat indonesia, kini kita akan membahasnya pada artikel ini.

Hampir semua orang di dunia saat ini menggunakan internet untuk kegiatan sehari-hari mereka. Salah satu kegiatan yang banyak dilakukan adalah berselancar dunia internet dengan menggunakan browser. Software ini memungkinkan pengguna internet bisa menemukan dan menuju ke sebuah laman website dengan mudah dan cepat.

Sebenarnya fungsi browser ini hanyalah sebagai perantara kita untuk membuka sebuah jutaan website melalui alamat domain. Hebatnya, browser dapat membuka semua informasi hanya dengan aplikasi yang file size nya cukup terbilang kecil sekali. Mungkin banyak dari teman teman sekalian bertanya, Kok Bisa Sih ?. Nah, coba dibaca dengan lengkap ulasan berikut ini.

Apa yang Dimaksud dengan Browser
Apa yang Dimaksud dengan Browser

Pengertian Browser

Browser atau web browser adalah sebuah perangkat lunak yang memiliki fungsi untuk mengakses, menerima, dan menyajikan informasi yang ada di internet. Web merupakan singkatan dari website atau situs web, sedangkan browser merupakan media penjelajah. Sehingga web browser juga bisa diartikan sebagai alat penjelajah situs web yang ada di jaringan internet.

Ada beberapa fungsi sebuah browser antara lain sebagai berikut:

1. Membuka Website

Fungsi yang paling utama dari browser adalah untuk membuka sebuah halaman website di internet. Saat menggunakan browser, pengguna bisa diarahkan langsung menuju ke alamat website yang ingin diaksesnya.

2. Mendukung Permintaan Data dari User

Browser berfungsi untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh penggunanya. Melalui browser, banyak halaman website yang bisa diakses dan konten di dalamnya bisa langsung disimpan dalam komputer pengguna.

3. Memastikan Keamanan Website

Mayoritas browser melakukan proses verifikasi atau autentifikasi pada laman website yang akan diakses oleh penggunanya, apakah laman tersebut aman atau berbahaya. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan pengguna dari website yang terjangkit malware atau sengaja ditanam malware yang bisa digunakan untuk mencuri data pribadi penggunanya.

4. Mengumpulkan Data dan Memaksimalkan Tampilan Website

Web browser juga punya kemampuan untuk mengumpulkan semua data yang ada pada sebuah website, sehingga tampilan website tersebut bisa jauh lebih baik. Misalnya saja Anda bisa melihat konten website berupa teks, foto, gambar, audio, hingga video melalui browser.

5. Mendukung Sistem Kerja Search Engine

Pada semua browser apapun pasti terdapat search engine atau mesin pencari. Bahkan keduanya tak dapat dipisahkan lagi. Search engine merupakan bagian dari browser yang bisa memudahkan pengguna untuk mencari data dan informasi dari dunia internet.

Macam-Macam Browser

Ada beberapa jenis browser yang cukup terkenal di dunia dan banyak digunakan oleh masyarakat. Kita pastinya mengenal beberapa browser andalan seperti berikut ini:

1. Mozilla Firefox

Browser ini sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat dunia. Mozilla Firefox sendiri diciptakan dan dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan juga ratusan ahli IT sukarelawan. Nama Mozilla sendiri ternyata terinspirasi dari legenda monster Godzilla. Browser ini menjadi penjelajah website terpopuler nomor dua di dunia.

2. Google Chrome

Dulunya Goole hanya menciptakan search engine yang menandingi Yahoo dan banyak digunakan pada hampir semua browser. Namun kemudian perusahaan ini memutuskan untuk menciptakan browser mereka sendiri yang dinamakan Google Chrome. Kini Chrome telah menjelma menjadi browser terpopuler di dunia dengan hampir 60% pengguna internet yang memakai browser ini.

3. Opera

Opera adalah browser peramban website dan perangkat lunak internet antar platform yang dirancang untuk bisa menjelajah internet dengan lebih cepat dan aman. Mesin peramban website ini sekarang banyak digunakan oleh pengguna smartphone karena bisa membuka halaman website dengan lebih cepat. Kini juga tersedia versi aplikasi yang ringan yaitu Opera Mini.

4. Safari

Safari adalah web browser yang diciptakan oleh perusahaan Apple Inc. yang sebelumnya khusus hanya bisa digunakan untuk perangkat Apple dengan sistem operasi Mac OS. Safari diciptakan pada tahun 2003 untuk perangkat komputer dan laptopnya. Kemudian pada tahun 2007 dibuatlah browser Safari yang bisa digunakan pada perangkat mobile.

Web browser sangat penting perannya dalam dunia internet. Tanpa web browser, maka pengguna internet bisa kesulitan untuk mengakses berbagai informasi yang dibutuhkan guna mendukung kehidupan atau tugas sehari-hari mereka.

Kesimpulan

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Apa yang Dimaksud dengan Browser, Pengertian Dan Contoh – Contoh dari Browser. Semoga bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang mencari referensi ini ya sob. Jikalau ada kalimat yang salah dari kata diatas, mohon dimaklumi. Sekarang, tentu pengetahuan kamu mengenai browser sudah cukup bagus bukan. Saatnya kamu bagikan ke teman teman lain yang membutuhkan juga. Saya pamit, sekian dan terimakasih.

About the author

Mohammad Kahfi

Pengetahuan adalah kebebasan, dan ketidaktahuan adalah perbudakan.

Leave a Comment